Politik

Survei Riset dan Pengembangan Kompas: Tingkat Kepuasan Generasi Z terhadap Pemerintah Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Responden Umum

Hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas pada tanggal 25 Januari hingga 4 Februari 2023 menunjukkan bahwa tingkat kepuasan generasi Z terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat umum. Persentase kepuasan generasi Z, yaitu responden yang berusia di bawah 24 tahun, mencapai 72,5 persen. Angka ini lebih tinggi 3,2 persen jika dibandingkan dengan kepuasan masyarakat umum.

Menariknya, dukungan positif dari generasi Z ini baru kali ini terkam pada periode survei tersebut. Sebelumnya, apresiasi dari generasi Z terhadap pemerintah cenderung sama dengan apresiasi publik umum. Pada bulan Januari 2022 dan Oktober 2022, angka kepuasan generasi Z dan responden umum terhadap pemerintah sama-sama berada di angka 73,9 persen dan 62,1 persen. Bahkan, pada bulan Juni 2022, apresiasi generasi Z lebih rendah dibandingkan dengan kelompok umum, yaitu 65,8 persen berbanding 67,1 persen.

Dari hasil survei ini, dapat dilihat bahwa generasi muda kian memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk menunjukkan kerja mereka demi perubahan yang diinginkan. Dalam survei yang sama, sebanyak 27,8 persen generasi Z merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi karena kinerja pemerintah yang ditunjukkan baik. Alasan lain yang membuat generasi Z puas terhadap pemerintahan Jokowi antara lain sering mendapatkan bantuan sosial (22,2 persen), kepemimpinan yang merakyat (11,3 persen), pembangunan yang masif (10,1 persen), dan pembangunan yang merata (8,9 persen).

Sementara itu, alasan masyarakat umum menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah umumnya sama dengan alasan generasi Z, tetapi alasan utama mereka adalah sering mendapatkan bantuan sosial. Survei menunjukkan bahwa 28,4 persen responden umum puas terhadap kinerja pemerintah karena sering menerima bantuan sosial.

Namun, alasan ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah di antara responden umum dan generasi Z cenderung sama, seperti bantuan sosial yang tidak merata, kenaikan harga bahan bakar minyak, tingginya harga kebutuhan pokok, serta ekonomi yang belum stabil. Hal ini menunjukkan bahwa baik generasi Z maupun masyarakat umum memiliki pandangan yang serupa terkait aspek yang perlu diperbaiki oleh pemerintah.

Survei ini melibatkan 1.202 responden yang diwawancarai secara tatap muka pada periode 25 Januari-4 Februari 2023. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Dari metode ini, tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen, dengan margin of error -/+ 2,83 persen.

Dari hasil survei ini, pemerintah dapat menilai dan memahami ekspektasi dari generasi Z maupun masyarakat umum terkait kinerja mereka. Pemerintah juga dapat menyesuaikan dan meningkatkan kinerja mereka sesuai dengan ekspektasi generasi Z dan masyarakat umum agar dapat menciptakan perubahan yang diharapkan oleh masyarakat.

Agar pemerintah dapat terus menjaga kepercayaan generasi Z dan masyarakat umum, pemerintah harus terus bekerja keras dan menjalankan program-program yang relevan. Selain itu, pemerintah perlu memastikan bahwa hasil-hasil pembangunan dapat dirasakan secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dengan semakin tingginya tingkat kepuasan generasi Z terhadap pemerintah, diharapkan pemerintah dapat lebih responsif terhadap kebutuhan generasi muda, yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Dukungan positif dari generasi Z tentu sangat penting untuk meneruskan pembangunan yang baik dan berkelanjutan di masa depan.

Baca berita terbaru lainnya di sini.

Arya Pratama

Arya Pratama adalah seorang jurnalis senior yang fokus pada berita politik. Ia telah bekerja untuk beberapa media terkemuka di Indonesia. Selama kariernya, Arya telah meliput berbagai peristiwa penting di dunia politik Indonesia, termasuk pemilihan umum, sidang parlemen, serta peristiwa-peristiwa penting di tingkat nasional dan internasional.