Berita

Safari pesantren Yogyakarta: Relawan borong produk UMKM lokal dan bagikan ke warga

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mendapatkan keuntungan dari kegiatan safari pesantren yang diadakan oleh kelompok relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Daerah Istimewa Yogyakarta. Relawan Ganjar Pranowo memborong produk UMKM lokal dan membagikannya kepada warga dan santri yang mengikuti kegiatan di daerah tersebut.

Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Yogyakarta, Ijtihadul Umam, menyatakan bahwa mereka memborong produk UMKM seperti bakso dari penjual lokal di daerah Kredenan, sekitar pondok pesantren. Aksi borong produk UMKM ini dilakukan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo yang menjadi Presiden 2024-2029.

Selain memborong produk UMKM, para sukarelawan SDG juga memberikan bantuan tandon air dan kebutuhan pokok lainnya untuk mendukung aktivitas santri dan pengelolaan pondok pesantren. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap para pelaku UMKM dan sebagai inspirasi dari sosok Ganjar yang telah dikenal sebagai “Bapak UMKM”.

Umam mengatakan bahwa mereka berharap dengan membeli produk UMKM lokal, mereka dapat memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan juga memotivasi mereka untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu, mereka juga membagikan produk UMKM kepada masyarakat sekitar, mengikuti contoh Ganjar yang memiliki kepedulian terhadap UMKM.

Inisiatif ini mendapatkan apresiasi dari Omon Sudarmono, seorang pedagang bakso yang produknya diborong oleh sukarelawan Ganjar. Omon menyatakan bahwa ini sangat membantu penghasilannya dan menjual habis dalam beberapa jam saja setelah diborong oleh sukarelawan Ganjar.

“Dengan adanya bantuan dari sukarelawan Ganjar, saya tidak perlu berjualan sepanjang hari seperti biasanya karena dagangan saya sudah habis dalam beberapa jam saja,” ujar Omon.

Omon yang berjualan bakso sejak 2019 mengatakan bahwa keuntungan dari usahanya tidak menentu karena pesaingnya semakin banyak. Namun, dengan adanya dukungan dari sukarelawan Ganjar, ia merasa senang karena bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Omon berharap Ganjar Pranowo, jika terpilih sebagai presiden, akan terus memperhatikan UMKM dan rakyat kecil seperti dirinya. Ia berharap Ganjar dapat mengambil langkah-langkah yang mendukung perkembangan UMKM dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil.

Kegiatan safari pesantren yang dilakukan oleh relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) telah membantu pelaku UMKM di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan memborong produk UMKM lokal, para sukarelawan SDG telah memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan memberikan motivasi untuk terus mengembangkan usaha mereka. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi yang lain untuk mendukung UMKM dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha kecil di Indonesia.

Rizka Wulandari

Rizka Wulandari sudah terjun di dunia media selama tiga tahun terakhir. Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja untuk beberapa publikasi independen di Jakarta dan menulis berbagai artikel dengan tema yang beragam.