Pendidikan

Orang tua siswa SDN Pondok Cina 1 Depok resmi ajukan banding terkait keputusan administrasi.

Seorang orang tua siswa dari SD Negeri Pondok Cina 1 di kota Depok, Jawa Barat, telah mengajukan banding terhadap putusan PTUN Bandung yang menolak gugatan para orang tua kepada Wali Kota Depok. Para orang tua ini merasa bahwa keputusan PTUN Bandung tersebut tidak adil dan telah mendaftarkan pengajuan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta.

Perwakilan dari wali murid SDN Pondok Cina 1, Hendro Isnanto, mengatakan bahwa para orang tua telah mendaftarkan pengajuan banding ke Pengadilan Tinggi Jakarta setelah berkomunikasi dengan tim kuasa hukum. Prosedur pengajuan banding ini membutuhkan waktu sekitar tiga sampai enam bulan, dan mereka akan menunggu hasil dari sidang di Pengadilan Tinggi Jakarta.

Para orang tua merasa keberatan terhadap keputusan PTUN Bandung yang menolak gugatan mereka. Mereka merasa bahwa alasan gugatan mereka yang dianggap prematur oleh hakim bisa dicegah dan tidak perlu dilanjutkan persidangannya.

Hendro menjelaskan bahwa jika hakim menyadari bahwa gugatan tersebut prematur, seharusnya hal tersebut sudah dapat dihindari dan persidangan tidak perlu dilanjutkan. Ia menekankan bahwa masalah ini seharusnya bisa diatasi dengan musyawarah dan dialog antara para orang tua dan wali kota.

Hendro mengungkapkan kekecewaannya karena masalah ini hanya dilihat dari segi administrasi saja, sedangkan mereka menghadapi berbagai masalah lengkap dengan upaya penggusuran sekolah dan ketiadaan guru untuk anak-anak. Gugatan yang mereka layangkan merupakan upaya mereka membela diri karena sebelumnya pemerintah kota berencana untuk menggusur sekolah pada akhir tahun 2022.

Hendro berharap agar masalah ini dapat diselesaikan dan SDN Pondok Cina 1 dapat beroperasi seperti biasa. Terlebih lagi, proyek pembangunan Masjid Agung Kota Depok yang merupakan penyebab dari masalah ini belum jelas nasibnya karena dana untuk proyek tersebut telah dicabut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ia berharap wali kota dapat mengembalikan kondisi sekolah seperti semula agar masalah ini dapat diselesaikan dengan baik dan tanpa ada gugatan lebih lanjut. Ia berpendapat bahwa ini adalah solusi yang adil bagi semua pihak dan akan menyambutnya dengan senang hati.

Situasi ini menunjukkan betapa pentingnya komunikasi yang baik antara pihak sekolah, orang tua, dan pemerintah dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul di dunia pendidikan. Diharapkan agar masalah ini dapat segera diselesaikan dengan baik dan tidak berdampak negatif pada proses belajar mengajar bagi para siswa.

Jamie Cartwright

Jamie is a keen traveler, writer, and (English) teacher. A few years after finishing school in the East Mids, UK, he went traveling around South America and Asia. Several teaching and writing jobs, he found himself at The Thaiger where he mostly covers international news and events.