Kriminal

KPK Menetapkan Tersangka Baru Terkait Kasus Suap Eks Bupati Buru Selatan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan eks Bupati Buru Selatan, Maluku, Tagop Sudarsono Soulissa. Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, kasus ini merupakan pengembangan dari fakta persidangan yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Ambon. Ali menambahkan, suap yang diberikan terkait berbagai proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan.

Tim Penyidik telah mengembangkan proses penyidikannya dan menetapkan adanya pihak lain sebagai pemberi suap. Namun, Ali belum dapat memberikan identitas para tersangka. Nama mereka akan diungkapkan ke publik bersamaan dengan kronologi perbuatan pidana saat penyidikan dinilai cukup. Masyarakat juga diminta untuk turut membantu proses penyidikan ini.

KPK juga akan terus melaporkan perkembangan penyidikan kepada publik sebagai bentuk transparansi. Proses pengumpulan alat bukti masih berlangsung hingga nantinya KPK anggap telah cukup pemenuhan alat buktinya. Tagop merupakan Bupati Buru Selatan periode 2011-2016 dan 2016-2021. Ia ditetapkan sebagai tersangka suap, gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Pengadilan Tipikor Ambon menjatuhkan vonis enam tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Tagop. Ia dinilai terbukti terlibat dalam kasus gratifikasi dan TPPU terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Buru Selatan tahun 2011-2016.

KPK berkomitmen untuk terus menyampaikan kepada publik informasi terbaru tentang penyidikan kasus ini. Hal ini merupakan bentuk transparansi yang diharapkan dapat membantu proses penyidikan. Masyarakat juga diminta untuk membantu penyidik dalam proses ini. Dengan demikian, diharapkan dapat menangkap pelaku korupsi yang selama ini telah merugikan masyarakat.

Baca juga: KPK Tanggapi Gaya Hidup Mewah Anak Andhi Pramono serta Temuan 15 Pucuk Senpi di Rumah Dito Mahendra.

Jamie Cartwright

Jamie is a keen traveler, writer, and (English) teacher. A few years after finishing school in the East Mids, UK, he went traveling around South America and Asia. Several teaching and writing jobs, he found himself at The Thaiger where he mostly covers international news and events.