Ekonomi

Kpk Lelang 2,5 Kilogram Emas Sitaan dari Mantan Rektor Unila Karomani

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang seberat 2,514.5 gram atau 2.5 kilogram emas yang dirampas dari mantan Rektor Universitas Lampung (Unila), Karomani. Karomani ditangkap dalam operasi tangkap tangan tahun 2022 dan didakwa menerima suap terkait penerimaan mahasiswa baru di Unila. Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri, mengumumkan bahwa emas seberat 2,5 kg tersebut akan dilelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III dengan harga limit Rp 2,184,778,800 dan uang jaminan Rp 1,000,000,000.

Emas yang akan dilelang tersebut terdiri dari berbagai jenis, antara lain satu keping emas Antam dengan bobot 2 gram, satu keping emas seberat ,5 gram bersertifikat Galeri 24, 10 keping emas Antam dengan berat masing-masing 100 gram, satu keping emas Antam dengan berat 25 gram, 14 keping emas Antam dengan berat masing-masing 100 gram, 8 keping emas Antam dengan berat 10 gram, satu keping emas Antam dengan bobot 5 gram, dan satu keping emas Antam dengan berat 2 gram.

Selain emas, KPK juga akan melelang satu buah tas merk Braun Buffel berwarna coklat kulit dan satu tas ransel merek Eiger. Lelang akan dilaksanakan di Kantor KPKNL Jakarta III pada Rabu, 11 Oktober 2023. Calon peserta dapat melihat objek lelang pada Senin, 9 Oktober 2023, di Rupbasan Komisi Pemberantasan Jalan Dewi Sartika Nomor 68 Cawang Jakarta Timur.

Sebelumnya, Karomani telah divonis 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjung Karang, Lampung pada tanggal 25 Mei 2023. Karomani dinyatakan bersalah melanggar Pasal 12 huruf b Jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Selain hukuman penjara, Karomani juga dihukum membayar denda sebesar Rp 400 juta atau subsider 4 bulan kurungan. Hakim juga menjatuhkan hukuman pidana tambahan berupa uang pengganti sebesar Rp 8,075 miliar dengan ketentuan jika tidak mampu membayar maka harta benda yang dimilikinya akan disita.

Dengan lelang ini, KPK berharap dapat mendapatkan dana yang akan digunakan untuk memerangi tindak korupsi lebih lanjut. Lelang ini juga menjadi upaya untuk mengembalikan kerugian negara yang disebabkan oleh tindakan korupsi yang dilakukan oleh Karomani. KPK terus bekerja keras dalam memberantas korupsi di Indonesia dan menindak segala bentuk pelaku korupsi dengan tegas. Semoga dengan lelang ini, nilai emas yang dilelang dapat membantu mendukung langkah-langkah pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK.

Rizka Wulandari

Rizka Wulandari sudah terjun di dunia media selama tiga tahun terakhir. Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja untuk beberapa publikasi independen di Jakarta dan menulis berbagai artikel dengan tema yang beragam.