Politik

Jokowi dan Megawati Membahas Pilpres dan Tahapannya dalam Pertemuan PDI-P

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengadakan pertemuan empat mata di Istana Merdeka pada Sabtu (18/3/2023). Pertemuan ini membahas tentang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan tahapan-tahapannya. Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa masih ada waktu bagi partai untuk menentukan figur yang akan diusung.

Hasto juga memastikan bahwa Megawati akan mengambil keputusan yang tepat terkait sosok calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) itu. Pertemuan Jokowi dan Megawati juga dapat dimaknai bahwa Pemilu 2024 pasti akan dilaksanakan.

Hasto menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut, Jokowi menjamu Megawati dengan menu sayur lodeh sebagai hidangan istimewa. Sayur lodeh ini mengingatkan menu yang disajikan kepresidenan di era Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Menurut Hasto, sayur lodeh memiliki arti dan filosofi tertentu bagi Indonesia yang kaya dengan citarasa.

Suasana yang terdapat pada pertemuan itu diungkapkan sangat akrab dan menurut Hasto, pertemuan antara Jokowi dan Megawati memang dilakukan secara rutin periodik. Pertemuan ini membahas hal-hal strategis, tak hanya terhadap problematika bangsa saat ini, dinamika politik saat ini, tapi juga arah bagi masa depan. Kedua tokoh tersebut juga membicarakan agenda strategis terkait kebijakan luar negeri dan tantangan geopolitik, serta bagaimana agar penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi bisa ditingkatkan serta mewujudkan kedaulatan pangan.

Kedua tokoh yang telah lama bersahabat ini tampaknya akan terus menjaga hubungan baiknya demi kemajuan Indonesia. Dengan adanya pertemuan empat mata ini, diharapkan bahwa Pilpres 2024 akan berjalan lancar dan sesuai dengan tahapan yang telah diatur oleh KPU.

Baca berita lainnya tentang Pilpres: Wacana Duet Prabowo-Ganjar di Pilpres, Apakah Puan Maharani Tersingkir?

Arya Pratama

Arya Pratama adalah seorang jurnalis senior yang fokus pada berita politik. Ia telah bekerja untuk beberapa media terkemuka di Indonesia. Selama kariernya, Arya telah meliput berbagai peristiwa penting di dunia politik Indonesia, termasuk pemilihan umum, sidang parlemen, serta peristiwa-peristiwa penting di tingkat nasional dan internasional.