Berita

Indonesia Gagal Capai Target Setelah Penutupan Asian Games 2022 Hari Ini

Asian Games 2022 Hangzhou akan ditutup hari ini setelah berlangsung selama dua minggu sejak 23 September lalu. China berhasil keluar sebagai juara umum dengan secara dominan meraih medali di hampir semua cabang olahraga. Hingga malam ini, China berhasil mengumpulkan 382 medali dengan rincian 200 emas, 111 perak, dan 71 perunggu.

Jepang menjadi pesaing terdekat China dengan total 186 medali, terdiri dari 51 emas, 66 perak, dan 69 perunggu. Di posisi ketiga ada Korea Selatan yang berhasil mengumpulkan 190 medali, dengan rincian 42 emas, 59 perak, dan 89 perunggu.

Sementara itu, Indonesia harus mengakui kegagalan dalam mencapai target medali emas. Beberapa cabang olahraga, termasuk bulu tangkis yang menargetkan tiga medali emas, pulang tanpa sekeping medali. Meski demikian, Indonesia berhasil meraih tujuh medali emas dan total 36 medali dalam Asian Games kali ini.

Dalam hal peringkat, Indonesia tidak berhasil mencapai target yang ditetapkan. Indonesia menargetkan masuk dalam 12 besar, meski Presiden Jokowi berharap peringkat 10 besar. Namun, hingga saat ini, Indonesia masih berada di posisi ke-13 tanpa peluang untuk meningkatkan peringkat.

Sementara itu, Thailand menjadi negara Asia Tenggara terbaik dengan posisi ke-8 dan meraih total 58 medali. Malaysia berada satu tingkat di bawah Indonesia dengan total 32 medali. Filipina, yang berada di posisi 17, meraih medali emas pertamanya dalam cabang basket putra setelah 61 tahun. Total medali yang diraih Filipina adalah 18.

Singapura menempati posisi ke-20 dengan 16 medali, Vietnam di posisi ke-21 dengan 27 medali, Myanmar berada di peringkat 27 dengan dua medali, Brunei Darussalam di peringkat 32 dengan dua medali, Kamboja di posisi 38 dengan satu medali. Sementara itu, Laos dan Timor Leste belum berhasil meraih medali dalam Asian Games kali ini.

Meskipun terdapat kegagalan dalam mencapai target medali, Indonesia tetap bangga dengan pencapaian atlet-atletnya dalam Asian Games 2022. Banyak atlet yang berhasil meraih medali, bahkan mencetak sejarah baru dalam cabang olahraga tertentu. Selain itu, Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2032 setelah ditunjuk melalui voting oleh Komite Olimpiade Asia.

Asian Games 2022 Hangzhou telah memberikan pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan bagi atlet-atlet seluruh Asia. China berhasil menjaga dominasinya dalam ajang ini, sementara negara-negara lain juga menunjukkan kemampuan dan semangat juang yang luar biasa dalam setiap pertandingan. Meskipun berbagai target tidak tercapai, semangat dan semangat olahraga tetap hidup dan menjadi inspirasi bagi negara-negara Asia dalam mencapai prestasi lebih tinggi di masa depan.

Rizka Wulandari

Rizka Wulandari sudah terjun di dunia media selama tiga tahun terakhir. Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja untuk beberapa publikasi independen di Jakarta dan menulis berbagai artikel dengan tema yang beragam.