Ekonomi

Ganjar: umkm kita harus serbu pasar dunia, jangan jadi pemain lokal terus

Calon presiden potensial dari PDI Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya UMKM Indonesia untuk dapat menembus pasar dunia. Ganjar menyatakan bahwa tidak cukup bagi UMKM hanya beroperasi di pasar lokal, tetapi juga harus mampu bersaing dalam pasar global. Dia percaya bahwa peran pemerintah sangat penting dalam upaya ini dan mengusulkan agar UMKM diberikan fasilitas dan perlindungan yang cukup untuk dapat bersaing dengan produk impor yang dijual secara online.

Ganjar juga menyampaikan pentingnya melindungi hak kekayaan intelektual (HAKI) produk UMKM agar dapat memberikan kepercayaan kepada pasar dunia. Dengan demikian, produk-produk UMKM Indonesia akan lebih terjamin dan lebih diminati di pasar internasional. Dia menekankan bahwa jika produk UMKM sudah mendapatkan pengakuan global, maka UMKM harus aktif masuk ke pasar dunia dan tidak hanya menjadi pemain lokal. Dalam hal ini, Ganjar mengajak UMKM Indonesia untuk menyerbu pasar dunia dan tidak ragu untuk bersaing secara global.

Selain itu, Ganjar juga mendorong UMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas adalah dengan menghasilkan produk-produk yang menarik dan berbeda. Ganjar memberikan contoh tentang seni lukis dari kain-kain bekas yang ditempel ulang untuk menciptakan gambar yang menakjubkan. Dia mengungkapkan kekagumannya terhadap produk-produk UMKM yang kreatif dan inspiratif, dan mengatakan bahwa hal inilah yang mendorongnya untuk mendorong UMKM agar dapat tumbuh dan naik kelas.

Ganjar berharap agar UMKM Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tren pasar yang ada. Ia percaya bahwa dengan melibatkan UMKM dalam dunia digital, mereka dapat mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mereka. Oleh karena itu, Ganjar menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam memfasilitasi UMKM agar dapat online dan memasuki pasar internasional.

Sejalan dengan itu, Ganjar juga meminta pemerintah untuk memberikan perlindungan dan dukungan yang cukup kepada UMKM. Dukungan ini dapat berupa pembebasan pajak, keringanan biaya produksi, pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha serta fasilitas akses ke pasar global. Ganjar berpendapat bahwa dengan menyediakan pengarahan dan bantuan yang memadai, UMKM Indonesia akan memiliki peluang yang lebih baik untuk sukses dalam persaingan global.

Pernyataan Ganjar ini mencerminkan kesadaran akan potensi UMKM Indonesia dan pentingnya mengembangkan sektor ini. Ganjar meyakini bahwa dengan strategi yang tepat dan dukungan yang kokoh dari pemerintah, UMKM Indonesia dapat bersaing dengan produk impor dan memenangkan pasar dunia. Ia juga berharap agar UMKM Indonesia dapat terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat mendapatkan pengakuan dan kepercayaan yang lebih luas di pasar internasional. Dengan upaya yang bersungguh-sungguh dan kolaborasi yang baik antara pemerintah, UMKM, dan pelaku usaha lainnya, UMKM Indonesia dapat menjadi kekuatan yang berpengaruh dalam perekonomian global.

Rizka Wulandari

Rizka Wulandari sudah terjun di dunia media selama tiga tahun terakhir. Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja untuk beberapa publikasi independen di Jakarta dan menulis berbagai artikel dengan tema yang beragam.