Pendidikan

BPSDM ESDM dan Selandia Baru Tingkatkan Kemampuan Ilmu Panas Bumi ASN Melalui Beasiswa STTS

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan pemerintah Selandia Baru untuk meningkatkan kemampuan ilmu panas bumi aparatur sipil negara (ASN) melalui beasiswa Short Term Training Scholarship (STTS). Kerja sama ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan teknis dan manajemen proyek SDM di sektor energi dan sumber daya mineral.

Sebanyak 30 ASN telah mengikuti STTS ini sebelumnya, dengan tujuan untuk menyinkronkan kebutuhan industri. Program beasiswa ini diberikan kepada 25 peserta pada tahun 2023, termasuk ASN Kementerian ESDM dan peserta dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Geo Dipa Energy, Star Energy Geothermal, Supreme Energy, PT Pertamina Geothermal Energy, PT Sarana Multi Infrastruktur, PT Energy Development Corporation (EDC) Indonesia, Sarulla Operations Ltd, dan Medco Cahaya Geothermal.

Development Counsellor Kedutaan Besar Selandia Baru di Jakarta, Kirk Yates, menyatakan bahwa STTS telah dijalankan sejak 2017 dengan total peserta mencapai 96 orang. Selandia Baru telah mendukung pengembangan panas bumi di Indonesia melalui pelatihan dan peningkatan kemampuan SDM serta kerja sama komersial.

Program beasiswa ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk field trip dan workshop dengan materi dasar panas bumi. Peserta juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang pengembangan dan manajemen bisnis panas bumi yang disampaikan oleh pemateri dari Geothermal Institute of The University of Auckland.

Setelah menyelesaikan program ini, peserta akan menjadi anggota keluarga alumni Manaaki. Kirk berharap program ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Selandia Baru.

Panas bumi akan memegang peran sentral sebagai produsen listrik terbesar di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menetapkan target pemasangan pembangkit listrik panas bumi sebesar 8.000 MW pada tahun 2030 serta target penggunaan energi baru terbarukan sebesar 23% pada 2025.

Kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru di bidang panas bumi telah terjalin sejak 1970. Pada 2012, kedua negara menandatangani perjanjian kerja sama di bidang energi panas bumi. Pada 2017, BPSDM ESDM dan Kementerian Luar Negeri Selandia Baru menandatangani perjanjian kerja sama untuk pelatihan dalam sektor panas bumi di Indonesia.

Kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Selandia Baru ini merupakan bentuk komitmen dalam mengembangkan panas bumi di Indonesia melalui peningkatan kemampuan dan pengalaman SDM. Diharapkan dengan adanya program beasiswa STTS ini, sinergi antara pemerintah dan industri dalam pengembangan panas bumi akan semakin kuat.

Jamie Cartwright

Jamie is a keen traveler, writer, and (English) teacher. A few years after finishing school in the East Mids, UK, he went traveling around South America and Asia. Several teaching and writing jobs, he found himself at The Thaiger where he mostly covers international news and events.