Connect with us

Berita

Biden: Amerika Serikat Akan Kembali Mendukung Rencana Global Perangi COVID-19

Daksa Tumanggor

Published

on

Joe Biden di Hari Pelantikkannya
Joe Biden di hari pelantikkannya. Patrick Semansky, Pool/AP Photo

Amerika Serikat (AS) akan kembali mendanai World Health Organization (WHO) dan mendukung rencana global untuk memerangi COVID-19. Biden juga menjelaskan bahwa AS akan memberikan vaksin ke negara-negara miskin sebagai bagian dari strategi nasional.

Amerika Serikat akan kembali mendanai Organisasi Kesehatan Duniaatau WHO dan bergabung dengan rencana yang bertujuan untuk membagikan vaksin virus corona secara adil di seluruh dunia, kata penasihat utama Presiden Joe Biden mengenai pandemi pada hari Kamis (21/01/2021).

Salah satu tindakan Biden untuk mendukung rencana ini adalah dengan membatalkan rencana mantan Presiden AS sebelumnya, Donald Trump, untuk menarik AS keluar dari WHO.

Komitmen cepat yang dilakukan oleh Kepala Penasihat Medis AS, dr. Anthony Fauci, pada WHO menandai perubahan yang dramatis dan vokal pada penanganan pandemi di AS.

“Saya merasa terhormat untuk mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan tetap menjadi anggota Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Fauci pada pertemuan virtual WHO dari Amerika Serikat, yang berlangsung pada pukul 4:10 pagi di Washington.

Pernyataan Fauci ini adalah pernyataan publik pertama oleh seorang anggota pemerintahan Biden kepada audiens internasional. Ini juga merupakan tanda prioritas yang dibuat presiden baru AS tersebut untuk memerangi COVID-19, baik di AS maupun di dunia. 

Hanya berselang beberapa jam setelah pelantikan Biden pada hari Rabu, ia menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Gutteres yang mengatakan bahwa AS telah membatalkan rencana keluar atau menarik diri dari WHO yang diperkirakan akan berlaku pada bulan Juli.

Penarikan diri AS dari WHO dipenuhi dengan simbolisme. Hal tersebut merupakan salah satu contoh dari strategi “lakukan sendiri” AS di bawah Trump. Tetapi, penarikan diri ini juga juga memiliki konsekuensi praktis: AS menghentikan pendanaan untuk badan kesehatan PBB, mencabut uang tunai dari negara yang telah lama menjadi donor terbesarnya tepat ketika badan tersebut sedang berjuang melawan krisis kesehatan yang telah menewaskan lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia.

AS juga telah menarik kembali staf dari organisasi tersebut. Fauci mengatakan pemerintahan Biden akan melanjutkan “keterlibatan reguler” dengan WHO dan akan “memenuhi kewajiban keuangannya kepada organisasi.”

Kepala WHO dan berbagai pihak lain menyambut pengumuman ini dengan sangat baik.

“Hari ini hari yang baik untuk WHO dan hari yang baik untuk kesehatan global,” kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus. “Peran Amerika Serikat, perannya, peran global yang sangat, sangat penting.”

Kedua pria itu mengisyaratkan hubungan yang hangat di antara mereka, dengan Fauci menyebut Tedros sebagai “teman tersayang” dan Tedros menyebut Fauci sebagai “saudaraku Tony.”

Gedung Putih mengatakan Kamis (21/01/2021) malam bahwa Wakil Presiden Kamala Harris telah membahas banyak tema yang sama seperti yang diangkat Fauci dalam panggilan telepon dengan Tedros.

Namun, dia menekankan perlunya meningkatkan respons global terhadap COVID-19, “mengurangi dampak sekundernya, termasuk pada wanita dan anak perempuan,” dan bekerja untuk “mencegah wabah berikutnya menjadi epidemi atau pandemi,” katanya.

“Selain itu, wakil presiden menekankan pentingnya membuat AS lebih aman melalui kerja sama global,” tambahnya, menyoroti nada baru dari Washington.

John Nkengasong, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, menyebut komitmen yang diperbarui itu “berita besar” dalam email. “Dunia selalu menjadi tempat yang lebih baik ketika AS memainkan peran kepemimpinan dalam memecahkan masalah kesehatan global termasuk memerangi HIV / AIDS, malaria, polio, dan penyakit lainnya,” katanya.

Menteri Kesehatan Denmark Magnus Heunicke menulis di Facebook: “Ini akan berdampak besar pada kemampuan dunia untuk melawan pandemi. Keterlibatan AS sebagai kekuatan pendorong dan bukan negara yang mencari jalan keluar ketika bencana global melanda sangatlah penting. ”

Fauci juga mengatakan Biden akan mengeluarkan arahan pada hari Kamis yang menunjukkan niat Amerika Serikat untuk bergabung dengan Fasilitas COVAX, sebuah proyek untuk menyebarkan vaksin COVID-19 kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia, baik di negara kaya ataupun miskin.

Di bawah Trump, AS telah menjadi pihak dengan profil tertinggi dan kaya dari Fasilitas COVAX, yang telah berjuang untuk memenuhi tujuannya dalam mendistribusikan jutaan vaksin baik karena kesulitan keuangan dan logistik.

WHO dan para pemimpin di banyak negara berkembang telah berulang kali menyatakan keprihatinan bahwa wilayah lain yang lebih miskin bisa menjadi yang terakhir mendapatkan vaksin COVID-19, sambil mencatat bahwa membiarkan sebagian besar populasi global tidak divaksinasi membuat semua orang berisiko terinfeksi penyakit tersebut.

Sambil memberikan janji tentang dukungan AS, Fauci juga menunjukkan beberapa tantangan utama yang dihadapi WHO. Dia mengatakan AS berkomitmen untuk “transparansi, termasuk peristiwa yang terjadi di awal pandemi.”

Salah satu kritik terbesar pemerintahan Trump adalah bahwa WHO bereaksi terlalu lambat terhadap wabah di Wuhan, China, dan terlalu menerima dan terlalu berlebihan tentang tanggapan pemerintah China terhadapnya.

Merujuk pada penyelidikan yang dipimpin WHO untuk mencari asal-usul virus korona oleh tim yang saat ini sedang berada di China, Fauci mengatakan:

“Penyelidikan internasional harus kuat dan jelas, dan kami berharap dapat mengevaluasinya.”

Dia mengatakan AS akan bekerja dengan WHO dan negara-negara mitra untuk “memperkuat dan mereformasi” badan tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Di Gedung Putih pada hari yang sama, Fauci menyindir Jeff Zients, yang mengarahkan tanggapan nasional terhadap virus corona, “Anda bisa membayangkan komentar yang kami dapatkan dari orang-orang di WHO.”

“Mereka mengantre untuk berterima kasih …”

 

Baca Juga:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Liga Inggris

Siaran Langsung Newcastle vs Southampton (Link)

Daksa Tumanggor

Published

on

Newcastle vs Southampton

Newcastle vs Southampton

Liga Primer Inggris

Tonton Newcastle vs Southampton (Link): Newcastle United akan bertemu dengan Southampton pada pekan ke-23 Liga Primer Inggris 2020/2021, hari Sabtu, 6 Januari 2021, pukul 22.00 WIB. Kedua tim terakhir kali bertemu pada putaran pertama Liga Primer Inggris, 7 November 2020 lalu. Pada pertandingan tersebut, Southampton menang dengan skor 2-0 atas Newcastle.

Meski memiliki catatan bagus pada putaran awal, Southampton saat ini tidak dalam kondisi bagus. The Saints kini duduk di peringkat ke-12 klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan total poin 29. Pada pekan 22 lalu, Southampton kebobolan 9 gol tanpa perlawanan saat bertandang ke markas Manchester United. Sementara itu, Newcastle saat ini berada di peringkat ke-16 dan mengantongi 22 poin. Kondisi the Magpies juga sebenarnya tidak lebih baik dari Southampton. Mereka menelan 6 kekalahan dalam 7 laga terakhir mereka.

Newcastle vs Southampton

Liga Primer Inggris

Siaran Langsung Newcastle vs Southampton: Klik di Sini

Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 22.00 WIB dini hari

Stadion: St. James Park

Kesiapan Kedua Tim

Newcastle United:

  • Joseph Willock terlambat bergabung untuk bermain melawan Crystal Palace pada pertandingan lalu. Namun, ia akan mulai bermain malam nanti.
  • Steve Bruce telah mengonfirmasi bahwa Allan Saint-Maximin sudah siap untuk kembali bermain.

Southampton:

  • Southampton mengalami krisis pada pertandingan terakhirnya setelah kalah 9-0 atas Manchester United.
  • Alexandre Jankewitz dikeluarkan pada debut liga penuhnya dalam dua menit. Ia sekarang dilarang bermain dalam tiga pertandingan.
  • Kecuali Danny Ings atau Che Adams dikeluarkan, Hasenhuttl mungkin akan mengganti formasi agar Minamino dapat bermain di samping.
  • Cedera yang dialami oleh Kyle Walker-Peters tidak separah yang ditakutkan. Ia mungkin akan kembali bertanding pada laga malam nanti. Kayne Ramsey juga bersiap untuk melanjutkan.
  • Stuart Armstrong akan absen karena sedang mengalami cedera otot ringan.
  • Oriol Romeu sudah berlatih pada hari Kamis (04/02/2021) dan akan kembali bermain pada pertandingan malam nanti.
Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Newcastle dan Southampton

Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Newcastle dan Southampton

Fakta Menarik

  • Southampton telah mengalami kekalahan baik dalam paruh maupun penuh waktu di 4 laga terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Sothampton gagal mencetak gol pada 6 dalam 8 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Newcastle kalah di 6 dari 7 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Newcastle telah mendapatkan lebih dari 2.5 gol dalam 5 pertandingan kandang mereka melawan Southampton di semua kompetisi.
  • Newcastle menang dalam 3 pertandingan kandang terakhir mereka melawan Southampton di semua kompetisi.
  • Southampton kalah dalam 4 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Newcastle telah mencetak setidaknya 2 gol dalam pertandingan kandang terakhir mereka melawan Southampton di semua kompetisi.
  • Newcastle telah mendapatkan lebih dari 2.5 gol di 3 pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Newcastle telah kebobolan setidaknya 2 gol di 3 pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Primer Inggris.

Perkiraan Susunan Pemain

Perkiraan Susunan Pemain Newcastle vs Southampton (dari whoscored.com)

Perkiraan Susunan Pemain Newcastle vs Southampton (dari whoscored.com)

Southampton mungkin akan mencoba bangkit dari kekalahan di laga melawan Newcastle malam nanti. The Saints sudah dua kali mengalami kekalahan 9-0 di Liga Primer Inggris. Hasil ini tentunya akan memacu mereka untuk tampil lebih baik. Meski begitu, Newcastle juga akan berusaha keras untuk meraih kemenangan. The Magpies telah memenangkan setidaknya tiga pertandingan kandang mereka melawan Southampton. Prediksi kami, Newcastle akan menang tipis atas Southampton pada pertandingan malam nanti.

Newcastle 2 – 1 Southampton

Continue Reading

Liga Inggris

Siaran Langsung Burnley vs Brighton (Link)

Daksa Tumanggor

Published

on

Burnley vs Brighton

Burnley vs Brighton & Hove Albion

Liga Primer Inggris

Tonton Burnley vs Brighton & Hove Albion (Link): Pertandingan Burnley melawan Brighton akan digelar pada hari Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 22.00 WIB di Stadion Turf Moor. Saat ini, tim tuan rumah, Burnley, berada di peringkat ke-17 dengan 22 poin di klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sementara itu, Brighton duduk di peringkat ke-15 dan memiliki 24 poin. Kedua tim harus beradu strategi demi mengamankan tiga angka dan menaikkan posisi mereka dalam klasemen.

Burnley vs Brighton & Hove Albion

Liga Primer Inggris

Siaran Langsung Burnley vs Brighton & Hove Albion: Klik di Sini

Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 22.00 WIB dini hari

Stadion: Turf Moor

Kesiapan Kedua Tim

Burnley:

  • Robbie Brady, Chris Wood, Ashley Barnes, Josh Brownhill, dan Charlie Taylor masih diragukan untuk bermain. Namun, ada kemungkinan Barnes, Brownhill, dan Taylor akan kembali bermain.
  • Taylor dan Barnes diprediksi akan kembali bertanding sepecatnya. Namun, pemain lain mungkin akan absen untuk waktu yang lebih lama.
  • Jika Burnley membutuhkan pemain baru di lini tengah, Dale Stephens dan Josh Benson adalah pilihannya.

Brighton & Holve Albion:

  • Alexi Mac Allister akan kembali bermain pada pertandingan malam nanti setelah absen dalam pertandingan melawan Liverpool.
  • Bek kanan pilihan pertama Brighton, Joel Veltman dan Tariq Lamptey absen pada pertandingan melawan Liverpool, Rabu lalu. Lamptey mungkin masih akan absen pada pertandingan ini. Solly March bermain di sisi kanan, tapi ia mengalami cedera. Maka dari itu, Brighton kekurangan pemain di sisi kanan.
  • Solly March mengalami cedera di lututnya saat bermain dalam pertandingan melawan Liverpool kemarin. Ia mungkin tidak akan bermain sepanjang sisa musim.
Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Burnley dan Brighton

Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Burnley dan Brighton

Fakta Menarik

  • Brighton telah bermain tanpa kebobolan dalam 4 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Baru ada 2.5 gol yang didapatkan oleh Brighton dalam 5 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Burnley tidak terkalahkan dalam 9 dari 10 pertandingan terakhir mereka melawan Brighton di semua kompetisi.
  • Baru ada 2.5 gol yang didapatkan oleh Burnley di 7 dari 9 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Burnley telah kebobolan setidaknya 2 gol di 3 pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris.

Perkiraan Susunan Pemain

Perkiraan Susunan Pemain Burnley vs Brighton (dari whoscored.com)

Perkiraan Susunan Pemain Burnley vs Brighton (dari whoscored.com)

Burnley telah kalah berturut-turut tanpa mencetak satupun gol, pada pertandingan melawan Chelsea dan Manchester City. Sementara itu, Brighton secara luar biasa telah mengalahkan Liverpool dan Tottenham dalam dua pertandingan terakhir mereka. Brighton juga belum kebobolan di dua pertandingan tersebut. Namun, mencetak gol masih menjadi salah satu masalah bagi Brighton. Oleh karena itu, kemungkinan permainan akan berlangsung sangat ketat dengan skor imbang.

Burnley 1 – 1 Brighton

 

Continue Reading

Arsenal

Siaran Langsung Aston Villa vs Arsenal (Link)

Daksa Tumanggor

Published

on

Aston villa vs Arsenal
Aston Villa dan Arsenal

Aston Villa vs Arsenal

Liga Primer Inggris

Tonton Aston Villa vs Arsenal (Link): Aston Villa akan bertemu dengan Arsenal dalam pekan ke-23 Liga Inggris pada Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 19.30 WIB di kandang Aston Villa, Stadion Villa Park. Tuan rumah kini menempati peringkat ke-9 di klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 32 poin. Sementara itu, Arsenal duduk di posisi ke-8 dengan 31 poin. Pemenang dari pertandingan ini memiliki kesempatan untuk naik ke peringkat ke-8 klasemen, menyalip Tottenham yang saat ini baru memiliki 33 poin.

Aston Villa vs Arsenal

Liga Primer Inggris

Siaran Langsung Aston Villa vs Arsenal: Klik di Sini

Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 19.30 WIB

Stadion: Villa Park

Kesiapan Kedua Tim

Aston Villa:

  • Aston Villa dikalahkan oleh West Ham pada laga hari Rabu (03/02/2021) lalu. Karena kekalahan ini, Dean Smith harus segera merotasi formasi pemain daripada mengambil risiko merusak catatan baik Aston Villa pada musim ini.
  • Trezeguet, Morgan Sanson, Bertrand Traore, dan bahkan Marvelous Nakamba akan menjadi starter dalam pertandingan malam nanti. Jack Grealish mungkin akan dipindahkan ke tengah agar Trezeguet dapat bermain di samping kiri.

Arsenal:

  • Mat Ryan tidak berlatih pada Kamis lalu. Ia kehabisan waktu untuk membuktikan bahwa ia sudah bugar sebelum hari Sabtu.
  • Penjaga gawang pilihan ketiga, Runar Alex Runarsson, bersiap untuk menggantikan Bernd Leno yang sedang terkena sanksi.
  • Cedric Soares tampaknya akan bermain di bek kiri karena Kieran Tierney masih mengalami cedera di bagian betis.
  • Perre-Emerick Aubameyang akan kembali menjadi bagian tim inti.
Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Aston Villa dan Arsenal

Statistik 6 Pertandingan Terakhir Antara Aston Villa dan Arsenal

Fakta Menarik

  • Sudah ada lebih dari 2.5 gol yang didapatkan Arsenal dalam 3 permainan tandang terakhir mereka di Liga Primer Inggris.
  • Aston Villa telah mendapatkan lebih dari 2.5 gol dalam 14 dari 17 pertandingan terakhir mereka melawan Arsenal di semua kompetisi.
Perkiraan Susunan Pemain Aston Villa vs Arsenal(dari whoscored.com)

Perkiraan Susunan Pemain Aston Villa vs Arsenal (dari whoscored.com).

Pada laga terakhirnya, Aston Villa kalah 3-1 dari West Ham. Dean Smith selama ini telah bergantung pada 13 pemain. Namun, ia harus mempercayakan pemain lain untuk bertanding agar tidak mengalami kekecewaan. Arsenal juga mengalami kekalahan pada pertandingan terakhirnya melawan Wolves, meskipun mereka sempat bermain sangat baik di awal permainan.

Mempertimbangkan segala aspek, pertandingan Aston Villa vs Arsenal malam nanti akan menjadi laga yang sulit, tetapi tetap akan menghibur. Arsenal setidaknya sempat bermain dengan baik di awal pertandingan terakhir mereka, dan jika mereka dapat meneruskan performa tersebut, mungkin mereka akan lebih kuat dari Aston Villa. Prediksi kami, permainan akan berakhir dengan skor seri.

Aston Villa 2 – 2 Arsenal

Continue Reading

Trending