Olahraga

Arteta puji tekad besar Gabriel Martinelli untuk bela Arsenal lawan City

Pahlawan kemenangan Arsenal Gabriel Martinelli mengabaikan saran tim medis the Gunners untuk membuat dirinya tersedia di pertandingan melawan Manchester City. Gol Martinelli pada pengujung laga membuat Arsenal menang 1-0 di Stadion Emirates.

Striker asal Brasil itu telah absen sejak kemenangan atas Everton tiga pekan lalu, karena mengalami cedera. Namun Martinelli telah kembali mengambil tempat di bangku cadangan saat kunjungan juara bertahan City ke London Utara.

Awalnya Martinelli diminta untuk tetap berada di bangku cadangan oleh pihak fisioterapis Arsenal. Namun, Mikel Arteta menjelaskan tekad untuk bermain Martinelli sangat besar.

“Martinelli telah mengatakan selama beberapa pekan bahwa dia akan bermain lawan City. Tentu saja, kami mengatakan kepada Gabi bahwa itu akan terlalu dini bagi dia. Kemarin dia berkata,’Bos, saya sudah bilang, saya akan siap’,” kata Arteta menjelaskan dilansir Mirror, Senin (9/10/2023).

Pemain 22 tahun langsung siap ketika Arteta berencana menarik keluar Leandro Trossard, yang sepertinya mengalami masalah pada hamstringnya di babak kedua.

Jadilah Martinelli masuk pada awal interval kedua. Ia bermain begitu agresif di posisi sebelah kiri lini gedor Meriam London. Hal yang mendapat pujian tinggi dari sang pelatih.

“Mentalitasnya luar biasa, dan sungguh menyenangkan memilikinya karena hari ini dia bisa mengubah permainan dan dia sangat membantu kami untuk menang. Pemain cadangan kembali tampil luar biasa,” sambung Arteta.

Kemenangan Arsenal atas the Citizens jadi akhir dari penantian panjang setelah terakhir kali terjadi pada April 2017 silam. Sekaligus, yang pertama untuk Arteta mengalahkan skuad besutan Pep Guardiola.

“Perasaan yang luar biasa, sudah bertahun-tahun tidak mengalahkan mereka dan hari ini, menurut pendapat saya, tanpa diragukan lagi kami telah mengalahkan tim terbaik di dunia, dan kami melakukannya dengan cara yang hebat.”

Berkat hasil ini Arsenal naik ke posisi dua klasemen bersaing dengan Tottenham Hotspur yang mengantongi perolehan angka 20. Adapun City merosot ke peringkat ketiga mengumpulkan nilai 18, diikuti Liverpool di kursi keempat dengan nilai 17.

Pada pertandingan melawan Manchester City, Gabriel Martinelli, pahlawan kemenangan Arsenal, memilih untuk mengabaikan saran dari tim medis klub untuk membuat dirinya tersedia. Gol yang dicetak Martinelli pada penghujung pertandingan membuat Arsenal menang dengan skor 1-0 di Stadion Emirates.

Sebelumnya, Martinelli telah absen selama tiga pekan karena mengalami cedera setelah kemenangan Arsenal atas Everton. Namun, Martinelli kembali mendapatkan tempat di bangku cadangan dalam pertandingan melawan Manchester City, juara bertahan Premier League.

Awalnya, tim medis Arsenal meminta Martinelli untuk tetap di bangku cadangan. Namun, pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengungkapkan bahwa Martinelli sangat bersemangat untuk bermain dan sudah menyatakan bahwa dia siap bermain melawan Manchester City.

“Martinelli telah mengatakan selama beberapa pekan bahwa dia akan bermain melawan City. Tentu saja, kami mengatakan kepadanya bahwa dia masih terlalu dini untuk kembali bermain. Kemarin, dia berkata, ‘Bos, saya sudah bilang, saya akan siap’,” kata Arteta.

Pada pertandingan tersebut, Martinelli akhirnya bermain ketika Arteta berencana untuk menggantikan Leandro Trossard, yang tampaknya mengalami masalah pada hamstringnya di babak kedua. Martinelli masuk ke lapangan pada awal interval kedua dan bermain dengan agresif di posisi sayap kiri.

Arteta sangat mengapresiasi mentalitas Martinelli dan mengatakan bahwa dia telah membantu tim dalam meraih kemenangan.

“Mentalitasnya luar biasa, dan saya sangat senang memilikinya karena dia dapat mengubah permainan dan sangat membantu kami dalam meraih kemenangan. Pemain pengganti kami tampil luar biasa,” tambah Arteta.

Kemenangan Arsenal atas Manchester City adalah kali pertama mereka mengalahkan City sejak April 2017. Ini juga merupakan kemenangan pertama Arteta melawan tim asuhan Pep Guardiola.

“Perasaan ini luar biasa, sudah bertahun-tahun kami tidak berhasil mengalahkan mereka dan hari ini, menurut saya, kami telah mengalahkan tim terbaik di dunia, dan kami melakukannya dengan cara yang hebat.”

Dengan kemenangan ini, Arsenal naik ke posisi dua dalam klasemen sementara Liga Premier, bersaing dengan Tottenham Hotspur yang memiliki 20 poin. Sementara itu, Manchester City turun ke peringkat ketiga dengan 18 poin, diikuti oleh Liverpool di posisi empat dengan 17 poin.

Jamie Cartwright

Jamie is a keen traveler, writer, and (English) teacher. A few years after finishing school in the East Mids, UK, he went traveling around South America and Asia. Several teaching and writing jobs, he found himself at The Thaiger where he mostly covers international news and events.