Connect with us

Teknologi

Apa yang memicu ledakan teknologi pangan?

Avatar

Published

on

Pixabay

Sementara banyak orang berduyun-duyun ke Israel untuk mencari falafel dan shakshuka yang kurang terkenal dengan teknologi makanannya.

Namun Israel — yang memiliki lebih dari 350 perusahaan teknologi pertanian dan pangan — mendapat pukulan di atas bobotnya. Pada 2018, investasi tahunan di sektor teknologi pangan Israel naik menjadi $100 juta, menurut laporan baru-baru ini oleh Start-Up Nation Central.

“Begitu banyak yang terjadi di tempat yang begitu kecil,” Kata Tamar Weiss, manajer pengembangan untuk sektor teknologi pertanian pangan dari Start-up Nation Central.

Ini menjadikannya pemain yang kuat dalam pasar yang sedang booming: BIS Research memperkirakan pasar teknologi pangan global bernilai lebih dari $ 250 miliar pada tahun 2022.

Weiss percaya ini adalah ambisi Israel untuk mengatasi tantangan lingkungan dan etika seputar pertanian. “Orang-orang menyadarinya dalam kehidupan pribadi mereka sendiri, ini benar-benar mendorong sektor ini maju,” tambahnya.

Makanan berkelanjutan

Pada tahun 2017, Didier Toubia mendirikan Aleph Farms, sebuah perusahaan makanan Israel yang merekayasa daging sapi yang ditanam di laboratorium dari sel-sel sapi.

Perusahaan ini telah mengumpulkan $14 juta hingga saat ini dan menjadi berita utama di seluruh dunia tahun lalu untuk mengembangkan steak daging sapi bebas-pembantaian pertama.

“Tujuannya adalah untuk mengembalikan keseimbangan ke alam dan untuk menggunakan sumber daya alam di bumi dengan cara yang lebih bijaksana,” Katanya kepada CNN Business.

Pada bulan Oktober, ia berhasil menanam daging di luar angkasa untuk pertama kalinya.

Eksperimen ini membuktikan bahwa daging yang dibudayakan dapat menajdi cara untuk menghasilkan protein berkualitas tinggi dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, kata Toubia.

Meskipun belum tersedia secara komersial, pasar daging yang dibudayakan juga berkembang, dengan jumlah startup di lapangan meningkat dari empat pada akhir 2016 menjadi lebih dari dua lusin tahun lalu, menurut The Good Food Institute.

Barclays memperkirakan sektor daging alternatif bisa mencapai sekitar $ 140 miliar dalam penjualan selama dekade berikutnya, dengan perusahaan-perusahaan seperti Impossible Burger dan Beyond Mear yang memimpin.

Pemandangan yang berkembang pesar di Israel sebagian berkat kewenangan inovasi pemerintahnya, yang menyediakan hibah perusahaan dan telah membiayai inkubator teknologi pangan senilai $ 28 juta.

Tapi ini juga tentang budaya, “Di Israel, ada banyak kesadaran akan kesejahteraan hewan.. Saya pikir itu disandikan ke dalam tradisi Yahudi,” kata Toubia.

Weiss menambahkan pada pernyataan ini bahwa budaya halal “membawa banyak kesadaran tentang makanan: bersih, atau dibuat dengan cara tertentu, atau menghubungkan nilai-nilai dengan makanan.”

Kesejahteraan Hewan

Yehuda Elram, CEO perusahaan telur yang berbasis di Yerusalem, eggXYt setuju bahwa agama Yahudi menghargai kasih sayang terhadap hewan. “Ini adalah konsumen yang teliti yang menuntut agar perusahaan mematuhi aturan tertentu, di antaranya adalah mengahiri kekejaman terhadap hewan,” katanya.

Setiap tahun, sekitar tujuh milair anak ayam jantan terbunuh setelah penetas, menruut perkiraan industri.

EggXYt telah mengembangkan teknologi yang dapat mendeteksi jenis kelamin anak ayam sebelum menetas, untuk mencegah praktik pemusnahan ayam jantan di peternakan unggas di mana anak ayam betina diperlukan untuk produksi telur.

Menyortir jantan dari betina sebelum anak ayam menetas akan menghindari hal ini, sementara juga membantu secara finansial: pabrik tidak akan lagi menyia-nyiakan ruang dan energi menginkubasi telur jantan, dan telur itu dapat digunakan kembali untuk industri makanan atau kosmetik.

eggXYt adalah salah satu dari sejumlah startup yang menangani masalah ini, tetapi unik dalam metode pra-inkubasinya yang non invasif. Menggunakan CRISPR, alat pengeditan gen, mereka memasukkan biomarker yang dapat dideteksi ke dalam DNA ayam petelur yang menandai jenis kelamin telur tanpa efek samping. Telur yang diletakkan kemudian dikirim melalui pemindai yang mengidentifikasi telur jantan karena cahayanya yang berpendar.

Pendaran cahaya telur. eggXYt

“Tingkat akurasinya sangat tinggi dan tidak berpengaruh pada daya tetas telur betina. Dan itu membuat industri dengan tujuh miliar telur jantan tidak diinkubasi sebagai produk daripada limbah,” kata Elram.

Sementara eggXYt tidak mau mengungkapkan nilainya, perusahaan itu diberikan $ 4 juta dalam bentuk hibah dari Otoritas Inovasi Israel, EU Horizon 2020 dan penghargaan lainnya, kata Elram.

Teknologinya saat ini sedang menjalani persetujuan regulasi.

Kesehatan Pribadi

Tren utama lain yang mendominasi arena teknologi pangan Israel adalah kesehatan, dengan perusahaan-perusahaan seperti Amai Proteins dan DouxMatok mengembangkan alternatif gula. atau MyFavorEats, startup yang berbasis di Tel Aviv, yang telah mengembangkan algoritma yang mengubahseuaikan resep online, menyantankan alternatif ketika bahan tidak tersedia atau menyesuaikannya dengan kebutuhan diet pengguna.

“Misalnya, seorang penderita diabetes yang perlu menyimpan sejumlah karbo per hidangan, atau seorang olahragawan profesional, yang menghitung protein,” kata Orly Rapaport, CEO perusahaan.

Algoritmanya, dilatih pada 1 juta resep, telah mempelajari untuk mengenali peran setiap bahan dan parameter rasa dan teksturnya. Meskipun belum ada di pasaran, teknologinya akan tersedia melalui aplikasi kesehatan atau penerbit resep.

Ini tidak hanya memenuhi tren pertumbuhan beganisme dan begetarianisme, tetapi juga pada meningkatnya prevalensi alergi makanan. Organisasi Alergi Dunia memperkirakan bahwa antara 240 dan 550 juta orang menderita alergi makanan di seluruh dunia.

 

SUMBER: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknologi

Bill Gates undur diri dari jajaran Dewan Direksi perusahaannya

Avatar

Published

on

wikipedia
William Henry Gates III, atau akrab dikenal dengan nama Bill Gates, adalah filantropi, tokoh bisnis, investor dari Amerika Serikat.
Ia adalah mantan CEO Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama dengan Paul Allen.
Pada Jumat (13/3), Microsoft melaporkan bahwa salah satu pendirinya, Bill Gates, undur diri dari dewan direksi.
Pilihan langkah tersebut Gates lakukan karena ia memilih untuk fokus dalam kegiatan filantropinya. Sejumlah usaha filantropinya ia lakukan dengan menyumbang dana besar ke berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah. Kegiatan filantropinya ia lakukan melalui Bill & Melinda Gates Foundation yang ia dirikan di tahun 2000.
Dalam sejarah karier ia menjabat di Microsoft, diketahui ia tidak lagi terlibat sejak satu dekade lalu. Sejak awal 2014, ia sebenarnya sudah tidak menjabat sebagai ketua dewan direksi perusahaan tersebut. Hingga kini ia sepenuhnya meninggalkan jabatan di Microsoft.
“Merupakan kehormatan dan kebanggan yang luar biasa bisa bekerja dan belajar dari Gates selama bertahun-tahun,” ucap Satya Nadella, Kepala Eksekutif dan Veteran Microsoft, dalam keterangan tertulisnya.
“Bill Gates mendirikan Microsoft dengan keyakinan pada kekuatan demokratisasi software dan keinginannya untuk memecahkan tantangan yang ada di masyarakat; Microsoft bisa melakukannya bersama dengan dunia,” lanjutnya.
Bill Gates melepas jabatannya sebagai CEO pada tahun 2000, kemudian ia menyerahkan pimpinan pada Steve Ballmer. Pada tahun 2014, jabatan diserahkan ke Nadella, menjadikannya sebagai CEO ketiga.
SUMBER: CNN

Continue Reading

Teknologi

Panduan handphone menjadi mouse PC

Avatar

Published

on

Pixabay
Teknologi saat ini yang semakin pesat dan canggih ada di genggaman Anda. Ponsel pintarmu bisa berubah fungsi menjadi mouse untuk laptop atau komputer personalmu di rumah.
Cara ini menjadi solusi apabila Anda tidak memiliki mouse atau memerlukan mouse sesegera mungkin.
Dengan mengunduh Remote Mouse App di Play Store atau App Store dan install software Unified Remote di PC Anda di https://www.unifiedremote.com/download.
Saat ini versi pro Remote Mouse masih digratiskan oleh developer aplikasi tersebut.
Meski versi gratis dan pro yang bisa Anda unggah saat ini, keduanya memiliki perbedaan pada tampilannya. Versi pro memiliki fitur keyboard yang bisa dipakai dengan mode lanskap dan touchpad.
Aplikasi ini memerlukan jaringan Wi-Fi pada kedua gawaimu, ponsel dan komputer agar saling terhubung.
Dilansir dari How To Geek, selain Remote Mouse, ada juga aplikasi bernama Monect yang bisa menjadi mouse, joystick, keyboard, hingga mengontrol media.
Monect bisa diunduh di web resminya dengan menekan tombol Unduh Reguler.
SUMBER:CNN

Continue Reading

Teknologi

Desa Malata, NTT kini menjadi desa digital

Avatar

Published

on

Antara Aceh
Desa Malata kini resmi memiliki julukan sebagai desa digital setelah Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat meresmikannya pada Jumat (28/2).
Desa Malata menjadi desa pertama yang mendapatkan fasilitas gratis internet yang diberikan oleh pemerintah pusat lewat Kemkominfo.
“Kami berterima kasih pada Kemenkominfo yang sudah membantu masyarakat Malata dengan membentuk Desanya menjadi Desa Digital. Ini memudahkan penduduknya memiliki akses internet,” ucap Viktor saat acara peresmian Desa Digital Malata dan meresmikan fasilitas videotron yang berasal dari bantuan LKBN Antara untuk Kab. Sumba Barat, pada Jumat (28/2).
Menurut Viktor, akses internet ini membuka peluang besar bagi penduduknya yang memiliki usaha agar bisa dipromosikan melalui media sosial, sehingga dalam membangun ekonomi desa bisa cepat berkembang.
Tentu dengan adanya fasilitas internet ini bisa menghasilkan dampak positif untuk perkembangan ekonomi di masyarakat.
“Pemerintah membangun fasilitas internet hingga mencapai desa seperti ini adalah untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat, maka itu harus dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi media pemasaran usaha masyarakat,” tuturnya.
SUMBER: Antara

Continue Reading

Trending