Berita

Adik Lukas Enembe hendak terobos area steril sidang, minta vonis tetap dibacakan

Adik Lukas Enembe, Elius Enembe, tiba-tiba mencoba untuk masuk ke area steril ruang sidang Prof Muhammad Hatta Ali di Pengadilan Tipikor PN Jakarta Pusat. Hal ini terjadi ketika ketua majelis hakim, Rianto Adam Pontoh, membacakan penetapan pembantaran terhadap Lukas Enembe karena tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Namun, hakim Pontoh melarang Elius masuk ke area steril yang boleh diakses hanya oleh jaksa penuntut umum, tim penasihat hukum, terdakwa, saksi, dan ahli. Elius kemudian ditampik oleh hakim tersebut.

Setelah itu, kuasa hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona, mendekati Elius dan tampak mereka berbicang-bincang. Petrus kemudian menyampaikan permintaan dari keluarga Lukas Enembe agar pembacaan vonis tetap dilakukan pada hari itu juga.

Namun, tim hukum Lukas Enembe menyadari bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan karena Lukas Enembe tidak hadir di persidangan sesuai dengan aturan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Pasal 196 KUHAP menyatakan bahwa pembacaan putusan harus dihadiri oleh terdakwa.

Hakim ketua Pontoh juga menyatakan pemahamannya terhadap keinginan keluarga Lukas Enembe, namun kondisi kesehatan terdakwa membuat pembacaan putusan tidak dapat dilakukan saat itu.

Hakim mengingatkan bahwa pembacaan putusan terhadap mantan Gubernur Papua tersebut sudah siap dilakukan oleh majelis hakim. Namun, karena Lukas Enembe sedang sakit, pembacaan tersebut harus ditunda.

Dalam kasus ini, Lukas Enembe dinyatakan terbukti menerima suap dengan total Rp 45,8 miliar dan gratifikasi senilai Rp 1 miliar. Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menuntut majelis hakim PN Tipikor Jakarta untuk menjatuhkan pidana kepada Lukas Enembe selama 10 tahun dan enam bulan penjara.

Lukas Enembe dinilai melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.


Note: There is not enough information or context on the article to rewrite a 500 word text.

Rizka Wulandari

Rizka Wulandari sudah terjun di dunia media selama tiga tahun terakhir. Sejak lulus kuliah, ia sudah bekerja untuk beberapa publikasi independen di Jakarta dan menulis berbagai artikel dengan tema yang beragam.