Temuan KPK saat sidak PN Jakarta Barat • Malang Post News
Connect with us

Berita

Temuan KPK saat sidak PN Jakarta Barat

Avatar

Published

on

Tim dari Pengaduan masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi mendapatkan temuan dari inspeksi mendadak di Pengadilan Negeri Jakarta Barat berupa uang sebesar 15 juta rupiah yang diduga adalah hasil dari gratifikasi.
Inspeksi mendadak ini adalah tindak lanjut dari laporan pengawas MA tentang dugaan gratifikasi pada oknum pegawai pengadilan.
“Dalam operasi tersebut, ditemukan barbuk uang Rp15 juta. Meski jumlah ini terbilang kecil, tapi hal ini perlu dilakukan,” ujar Ali Fikri, jubir Penindakan KPK, “Ini dilakukan sekaligus untuk memperkuat Aparat Pengawasan Intern pemerintah (APIP),” lanjutnya, Jakarta, pada Rabu (12/2).
Ali menjelaskan bahwa tindakan ini adalah sebuah bentuk trigger mechanism dari KPK agar hal tersebut tidak diulang lagi.
Dengan latar belakangnya sebagai jaksa, Ali memberikan penjelasan tindak lanjut sidak sepenuhnya jadi wewenang Badan pengawas MA. Namun, KPK akan siap membantu jika dibutuhkan.
“Tindak lanjut operasi tersebut sepenuhnya menjadi wewenang Bawas MA, baik melakukan pemeriksaan pihak-pihak terkait yang diduga sebagai penerima maupun sebagai pemberi uang,” ujarnya.
Pihak Ali memberikan ultimatum pada aparatur yang bertugas di lingkungan kekuasaan kehakiman untuk menghindar dari suap, pemerasan, gratifikasi atau penerimaan dengan bentuk apa pun.
“Kerja sama KPK-Bawas MA ini diharapakan jadi aspek jera agar pegawai lain baik panitera, Hakim, dan para pegawai lingkungan MA untuk tidak melakukan hal yang serupa,” tegasnya.
SUMBER: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Persebaya Juara! Usai Tundukkan Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020

Avatar

Published

on

Persebaya Juara! Usai Tundukkan Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020

Hasil Final: Persebaya Juara Usai Tundukkan Persija dengan skor 4-1 di Final Piala Gubernur Jatim 2020 – 20 Februari 2020 – Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Live Streaming Siaran Langsung Final Piala Gubernur Jatim. Tonton Langsung Piala Gubernur Jatim 2020. Link Live Streaming Persebaya . Link Free Live Streaming Persija

Sidoarjo – Persebaya Surabaya akhirnya ditasbihkan menjadi Juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 pada pertandingan yang dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020).

Di awal pertandingan, kedua tim berhasil melancarkan serangan. Namun, Persebaya yang ternyata harus unggul lebih dahulu melalui gol yang dilesakkan oleh Oktafianus Fernando tiga menit setelah Kick Off dimulai.

Nasib buntung dialami oleh Persija saat wasit harus mengeluarkan Ryuji Utomo di menit ke 31′ karena dianggap melanggar pergerakan David Da Silva sebagai orang terakhir. Sehingga Persija harus bermain dengan 10 pemain.

Pada menit ke 41′, Da Silva memberikan tembakan kejutan yang sangat keras ke arah gawang Persija. Namun, tembakan kerasnya masih membentur pojok kiri atas Shahar Ginanjar.

Membalas serangan Persebaya, Persija berhasil memanfaatkan tendangan pojok yang dilakukan oleh Riko Simanjuntak. Umpan Riko berhasil di maksimalkan oleh Marko Simic yang berdiri bebas melalui tandukan kepalanya dan merubah kedudukan menjadi 1-1.

 

Babak Kedua

Di babak kedua, Makan Konate yang berperan sebagai pioner di lini tengah Peresbaya tidak bisa diantisipasi dengan baik pergerakannya oleh para pemain Persija. Akibatnya, tandukan pemain asal Mali berhasil bersarang di sisi kanan gawang Shahar dan membuat Persebaya unggul 2-1.

Tidak lama berselang, kombinasi serangan yang dibangun oleh Irfan Jaya dan Ricky Kambuaya berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Kambuaya berhasil melesakkan bola hasil umpan Irfan dengan tenang ke pojok kanan atas gawang.

Semakin memasuki akhir pertandingan, tensi permainan semakin memanas. Benturan antar pemain pun tidak bisa terhindarkan sehingga wasit harus ekstra keras melerai para pemain.

Sikutan yang dilayangkan Marco Motta ke hidung Mahmoud Eid pada saat tendangan pojok yang dilakukan Persija membuahkan kartu kuning untuk pemain asal Italia ini.

Emosi kedua pemain pun semakin memanas, terutama bagi Mahmoud Eid. Bahkan, ketika Mahmoud berhasil memperbesar keunggulan persebaya di menit 80′ menjadi 4-1, ia melakukan provokasi melalui selebrasi yang dilakukannya didepan Bench pemain Persija. Kontan saja para pemain dan staf Persija meresponnya.

Tambahan waktu 3 menit tidak merubah skor pertandingan 4-1 untuk kemenangan Persebaya Surabaya dan berhak mengangkat trofi Juara Piala Gubernur Jatim 2020.

 

Continue Reading

Berita

LL yang depresi menjadi alasan yang klasik menurut polisi

Avatar

Published

on

geotimes.co.id

Polisi dari Polda Metro Jaya Jakarta Barat yang telah menangkap selebritas Lucinta Luna atas penggunaan narkoba pada Rabu (12/2) kini membeberkan alasannya mengapa ia mengonsumsi narkoba.

Kombes Audie S Latuheru, Kapolres Metro Jakarta Barat bekata bahwa Lucinta Luna mengonsumsi narkoba karena dirinya depresi.

Alasan ini dianggap Audie sebagai alasan yang klasik lantaran selama ini ia menangkap pengguna narkoba, depresi menjadi alasan yang sering dipakai.

“Di dalam pengalaman kami menangani kasus narkoba, memang banyak sekali atau itu alasan klasik bilang sedang stres. Logikanya banyak orang stres juga tapi gak juga harus pakai narkoba,” tuturnya, saat ditemui di Polda Metro Jaya, pada Rabu (19/2).

Lucinta Luna yang mengaku bahwa ia depresi perlu dikaji lebih jauh. Audie berkata bahwa pengakuan ini adalah pernyataan dari Lucinta sendiri.

“Kami juga bukan psikolog yang bisa menilai itu,” ucapnya.

Audie kemudian menjelaskan alasan atas hasil tes urin Lucinta Luna yang menunjukkan adanya kandungan benzo, sedangkan saat tes rambutnya, menunjukkan adanya kandungan amphetamine.

Menurut pendapat Audie, hal ini terjadi karena Lucinta Luna mengonsumsi riklona terlalu banyak.

“Sehingga kandungan benzo-nya lebih dominan daripada kandungan lainnya,” jelas Audie.

Selain itu, Audie membocorkan bahwa Lucinta sudah mengonsumsi ekstasi satu bulan lamanya.

Saat ini, Lucinta Luna ditahan di ruang khusus yang ada di sel wanita Rutan Polda Metro Jaya dalam 20 hari ke depan. Keputusan ini keluar setelah keluarnya berkas dari PN Jaksel perihal pergantian jenis kelamin LL pada Desember 2019.

 

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

Wisata ganja Amsterdam dipersempit

Avatar

Published

on

wikipedia

Mungkin bukan sebuah rahasia lagi apabila ganja adalah hal yang legal di Amsterdam, Belanda. Ganja sudah menjadi daya tarik wisata Amsterdam tersendiri.

Daerah yang disebut Red Light District, aroma ganja yang tajam tercium di mana-mana. Saking tajam, mudah sekali untuk mengenali wanginya.

Ganja yang dilegalkan sejak 1970-an ini, kini aturannya semakin dipersempit atau diperketat. Dari banyaknya konsumsi hingga tempat untuk konsumsinya.

Kota tersebut mempertimbangkan larangan turis yang kongko di ‘Coffee Shop’ dengan menjual ganja untuk perekonomian penduduk lokal.

Survei terhadap turis yang mengunjungi Red Light District, dengan sampel sebanyak 1.100 turis dan umur antara 18 hingga 35 tahun menjadi jawaban atas pertimbangan Amsterdam terhadap peraturan-peraturan ganja di sana.

Sebanyak 57% responden mengungkapkan bahwa mereka mengunjungi Amsterdam karena kedai kopi ganjanya di sana. Lalu, sebanyak 34% dari mereka memilih untuk memikirkan kembali untuk datang ke kedai kopi ganja.

Sementara, 11% berkata mereka memilih untuk tidak datang kembali ke sana. Survei tersebut dilakukan pada Agustus tahun 2019.

Pemerintah Amsterdam sedang mengatur turis yang datang membludak beberapa tahun kebelakang. Ini adalah langkah untuk menghindari adanya turis yang berperilaku buruk.

Sebelum diadakannya survei, Walikota Gemke Halsema mengirim surat pada anggota dewan tentang saran yang berisikan untuk kedai kopi ganja agar bisa memiliki nilai ‘kualitas hidup di pusat kota berada dalam bawah tekanan’.

Tata tertib kedai

Mulai pada 1 April 2020, aturan tur kelompok yang diadakan di Red Light District diberlakukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelompok wisata melewati toko-toko seks, tidak melakukan tur diatas pukul 22.00 malam, dan memakan waktu lama di tempat-tempat jembatan sempit atau jalan baru.

Jika ada pemandu wisata yang melanggar aturan, akan dikenakan denda sebesar 190 Euro, atau setara dengan Rp2,8 juta.

Dalam survei yang sudah dilakukan, di dalamnya meminta pendapat para turis terhadap kemungkinan untuk membayar tiket masuk ke Red Light District.

Hasilnya, 32% berkata untuk tidak akan datang, dan 44%-nya berkata mereka akan jarang mengunjunginya.

Dibanding Red Light District, wisata ke kedai kopi menjadi yang lebih kuat dalam hasil survei pada turis tersebut.

1% memilih datang kesana karena prostitusinya.

72% mengunjungi kedai kopi ganja pada saat kunjungan bisnisnya di Amsterdam.

Dampak buruk yang terlihat langsung oleh Jurnalis Isabelle Gerretsen dari overtourism di kotanya.

“Dapat dimengerti bahwa penduduk Amsterdam ingin melestarikan pusat bersejarahnya yang indah dan menjalani kehidupan hariannya tanpa terus dihadang oleh turis yang meribut,” ucapnya, dikutip dari CNN Travel, Rabu (19/2).

Ia juga berujar bahwa pembatasan terhadap wisata ganja ini adalah hal yang baru dari sejumlah tindakan yang dilakukan untuk mempertahankan kota berstatus pusat budaya dibandingkan taman hiburan.

Namun, ia juga berpendapat bahwa hal ini yang paling berisiko dibanding tindakan-tindakan lainnya.

“Karena Amsterdam dikenal di seluru dunia karena kebijakan tolerannya terhadap obat terlarang. Ini dapat menyebabkan penurunan jumlah turis,” ucapnya.

Bingungnya, membeli ganja di kedai kopi ganja menjadi hal yang sah, tetapi untuk memproduksi ganja menjadi kegiatan yang ilegal.

Dalam survei wisata ke Amsterdam, alasan umum turis untuk mengunjungi kota tersebut adalah bersepeda atau berjalan kaki mengitari kota.

 

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending