Biaya nikah adalah tanggung jawab kedua pihak • Malang Post News
Connect with us

Gaya Hidup

Biaya nikah adalah tanggung jawab kedua pihak

Avatar

Published

on

Pixabay

Pada dasarnya, suatu acara selalu membutuhkan biaya. Dari acara kumpul keluarga, arisan, hingga pernikahan.

Pilihan pernikahan dengan melibatkan banyak hal seperti undangan banyak, tempat resepsi besar, dekorasi mewah, menentukan pengiring lagu selama resepsi berjalan perlu biaya yang besar.

Namun, pilihan pernikahan yang dilakukan sederhana seperti di KUA dan mengadakan acara yang dihadiri keluarga kedua pihak dan kerabat dekat yang  pun diperlukan biaya.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah siapa yang menyiapkan biaya-biaya tersebut?

Jika dilihat dari sisi budaya, biaya pernikahan ditanggung pihak tertentu. Ada budaya yang biaya pernikahannya ditanggung oleh pihak laki-laki, seperti contohnya adalah mahar pernikahan. Di mana mahar tersebut biasa berbentuk sejumlah uang yang nantinya uang tersebut digunakan untuk biaya pernikahan.

Ada juga budaya di mana pihak calon mempelai pria yang menyediakan modal pernikahan dan pihak calon mempelai wanita yang menentukan bentuk dan modal acara.

Persoalan biaya nikah dan mahar kadang bisa menjadi polemik sebelum maupun sesudah pernikahan. Dengan jumlah yang tidak sesuai harapan, misalnya. Hasilnya malah bukan menjadi win-win solution.

Dengan begitu, kedua pihak beserta keluarganya masing-masing memiliki beban dan rasa keberatan yang berbeda. Tidak jarang pula, dari polemik ini pernikahan yang diimpikan, malah tidak berjalan sesuai rencana.

Memang betul yang menikah adalah dua orang, tetapi yang menjadi poin penting dari pernikahan adalah menyatukan kedua keluarga yang berbeda. Ini diperlukan peran kerjasama yang kuat untuk kedua calon mempelai.

Tidak hanya perihal pendapat, tetapi juga perihal anggaran biaya pernikahan. Masalah-masalah tersebut, bisa jadi terhindar jika anggaran biaya ditanggung bersama-sama.

Dengan sepakat untuk membagi tanggung jawab yang tidak membebani satu sama lain, hasilnya akan menjadi win-win solution. Dengan begitu, setiap pihak yang terkait akan tersadar atas kontribusi yang sudah diberikan untuk acara pernikahan.

Anggaran biaya yang ditanggung bersama adalah solusi dalam bertanggung jawab jika resepsi mengalami kekurangan ataupun kelebihan.

Jika kedua pihak membagi rata tugas, tanggung jawab dan kerja sama mereka, konsekuensi yang terjadi masih bisa dihadapi bersama-sama.

Menyatukan dua insan dan dua keluarga dengan membagi anggaran yang merata bisa menjadi bukti pada orang lain bahwa dengan menyatukan semua pihak, dan hasil kerja sama yang baik adalah hal yang tidak selalu buruk.

SUMBER:

Kompasiana

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

3 Parasit jantung yang harus diwaspadai

Avatar

Published

on

Pixabay

Parasit adalah serangga kecil yang dibawa oleh serangga, yang bisa menyebabkan miokarditis dan penyakit lain.

Miokarditis adalah penyakit yang ditandai dengan radang pada otot jantung, lebih tepatnya pada lapisan otot dinding jantung. Otot ini berfungsi untuk memompa darah keluar dan masuk dari jantung yang kemudian tersebar ke seluruh tubuh. Apabila otot tersebut meradang, darah tidak terpompa dengan baik.

Jantung yang tidak memompa darah dengan baik, akan terjadi gangguan pernapasan menjadi sulit, detak yang tidak teratur, dan lebih parah lagi pembekuan darah, stroke, kerusakan jantung atau serangan jantung.

Parasit juga bisa menyebabkan perikarditis, kardiomiopati, dan radang selaput yang berada di sekitar jantung.

Dilansir dari Live Science, ini adalah beberapa jenis parasit yang bisa memengaruhi jantung

  • Toxoplasma gondii

Parasit ini bertanggung jawab pada penyakit tokso. Ini bisa tertular dari kontak dengan kotoran yang dikeluarkan oleh kucing.

Menurut CDC, parasit ini bisa menyerang 2 miliar orang di dunia dan sebagiannya tidak menunjukkan sedikitpun gejala.

T. Gondii bisa bertahan lama di otot jantung, ia akan membentuk menjadi kista.

  • Entamoeba histolytica

Singkatan parasit ini adalah E. histolytica. Parasit ini yang menyebabkan disentri amuba atau amoebiasis. Terjadi saat usus terinfeksi dengan tanda diare, nyeri perut.

Dalam kasus yang jarang terjadi, menurut ilmuwan dari Journal of Clinical Medicine Research, infeksi parasit ini bisa menyebabkan komplikasi pada jantung yang serius, komplikasi ini biasa disebut amebic pericarditis. Ia berbentuk seperti selaput kantung yang mengelilingi jantung.

  •  Trichinella spiralis

Parasit cacing gelang ini bisa menginfeksi orang yang memakan daging kurang matang dari hewan yang terkena infeksi. Cacing akan masuk ke inang manusia dan menjadi kista yang berisi larva. Parasit ini bisa menyebabkan trichinosis.

Ketika inang menelan kista, asam lambung yang mengenai kantung akan terlarut hingga larva keluar dan menyerang tubuh. Biasanya mereka bersirkulasi ke darah dan menggali jaringan otak dan otot.

SUMBER: Suara

Continue Reading

Kesehatan

Update virus corona: lebih dari 1.500 orang meninggal

Avatar

Published

on

ayobandung.com

Jumlah korban meninggal dunia karena virus corona sudah mencapai 1.523 jiwa, di China sendiri per Sabtu (15/2). Di hari ini, data bertambah sebanyak 143 korban jiwa.

Komisi Kesehatan Nasional China memberikan laporan bahwa kasus baru virus corona ini bertambah sebanyak 2.641 kasus, dan ini terjadi sebagian besar di Provinsi Hubei.

Sebanyak 66 ribu lebih penduduk China terinfeksi oleh Covid-19. 4 dari 143 kematian terjadi di Provinsi Hubei.

Pihak berwenang di China telah menempatkan sebanyak 56 juta orang di provinsi tersebut untuk di karantina dan hampir menyegel provinsi Hubei dari negara bagian lain guna pengendalian virus tersebut.

Beberapa kota yang jauh dari pusat pun telah melarang keras untuk orang-orang yang bepergian keluar rumah. Selama ini untuk sekolah-sekolah telah ditutup dan perusahaan memberikan pekerjaan rumah untuk karyawan-karyawannya.

Hitungan ini berdasarkan dari kriteria Hubei untuk perhitungan kasus, dengan hasil ada tambahan ribuan pasien yang masuk ke perhitungan mereka.

Kasus seperti “didiagnosis secara klinis” lewat paru-paru kini sedang dalam perhitungan sebagai penambahan pada mereka yang positif setelah di uji laboratorium.

Sementara pada hari Jumat, sebanyak 4.800 kasus dilaporkan di Provinsi Hubei, dan 2.420 kasus di hari Sabtu.

Setiap harinya kini, hitungan jumlah kasus semakin menurun di luar Hubei, sebanyak 221 infeksi pada Sabtu.

Sebanyak 1.716 pekerja medis ikut terinfeksi Covid-19, enam diantaranya meninggal dunia karena virus tersebut.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Kesehatan

Cara paling benar dalam memilih hand sanitizer

Avatar

Published

on

Hand sanitizer adalah pembersih tangan berupa cairan. Barang ini menjadi target utama konsumen setelah tersebarnya wabah virus corona yang mematikan. Hand sanitizer juga memiliki fungsi untuk mencegah tersebarnya virus.
Hand sanitazer menjadi pilihan lain jika tidak ada air bersih untuk mencuci tangan. Tangan adalah anggota tubuh yang sangat sering menjadi media perantara penularan infeksi.
Bakteri dan Kuman ada di mana-mana. Dengan wujudnya yang tidak kasat mata, kontak tangan dengan sumber-sumber penyakit sering terjadi melalui gagang pintu, perkakas rumah tangga, handphone, atau angkutan umum.
Maka, penting untuk kita memastikan hand sanitizer akan ampuh membunuh bakteri dan kuman. Dikutip dari Medical Daily, hand sanitizer harus mengandung bahan alkohol.
Heather Monday, ahli imunologi mengungkapkan bahwa cairan yang paling bagus adalah cairan pemberish tangan yang memiliki etil alkohol.
“Lebih bagus lagi kalau berasal dari sumber organik atau non transgenik. Hand sanitizer yang memiliki 60% atau lebih kandungan alkohol sudah terbukti bisa membunuh kebanyakan bakteri yang ada ditangan,” jelasnya.
Sedangkan Hand Sanitizer yang mengandung alkohol sebanyak 70% adalah yang sangat efektif.
Lalu, bagaimana jika tangan memiliki senstiftas tinggi terhadap alkohol?
Untuk mencegah kulit menjadi kering karena penggunaan hand sanitizer, kamu bisa cari yang memiliki kandungan pelembab di dalamnya.
Meski begitu, kita perlu teliti dalam melihat kandungan-kandungan kimia yang ada di hand sanitizer.
Memeriksa kandungan hand sanitizer sebelum membeli terlebih dahulu perlu dilakukan. Terkadang tersembunyi hingga konsumen tertipu.
Salah satu kandungan yang biasa digunakan dalam hand sanitizer adalah phthalates. Ia adalah kandungan yang menganggu endokrin dan dapat mengakibatkan penurunan dalam jumlah sperma jika digunakan dalam jangka waktu lama.
Juga ada triclosan yang di mana ini masih dalam penyelidikan FDA sebab bahan ini bisa mengganggu hormon dan berhubungan dengan resistensi antibiotik.
Maka itu, dalam penggunaan hand sanitizer dapat dicegah dengan melihat komposisi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.
Sementara, pada CDC Amerika Serikat (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) berkata bahwa mencuci tangan dengan air yang bersih beserta sabun adalah cara yang sangat efektif untuk membunuh kuman. Namun dengan terbatasnya akses air dalam perjalanan atau di luar rumah, hand sanitizer akan berguna dengan syarat mengandung 60% alkohol.
Perlu diingat bahwa hand sanitizer tidak sepenuhnya membunuh kuman. Hand sanitizer hanya bisa mencegah dari pertumbuhan kuman-kuman.
SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending