Virus Corona: RSHS menggelar konferensi pers • Malang Post News
Connect with us

Kesehatan

Virus Corona: RSHS menggelar konferensi pers

Avatar

Published

on

dara.co.id

Kabar wabah virus corona kembali menyebar di Indonesia. Salah satu pasien di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat diduga terinfeksi virus nCov tersebut. Pihak RS segera menggelar konferensi pers untuk menjelaskan dugaan ini.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa ada pasien laki-laki yang dirujuk dari RSCK ke RSHS karena memiliki gejala yang sama ketika terinfeksi virus corona. Diketahui bahwa pasien tersebut berasal dari China.

Suspect itu kalau yang oleh organisasi kesehatan dunia WHO adalah adanya suatu tanda gejala seperti influenza,” ucap Anggareni Alam, Wakil Ketua Tim Infeksi Khusus, dalam konferensi pers yang di gelar oleh pihak RSHS.

“Jadi ada demam lebih dari 38 derajat celcius dan ada batuk dan sesak nafas. Apabila ada gejala demam demikian, ditambah ada riwayat bepergian ke negara Tiongkok terutama Wuhan, maka dikatakan itu adalah suspect nCov (Novel Coronavirus),” lanjutnya, Senin 27 Januari.

Pasien tersebut akan masih diisolasi untuk diteliti  sampelnya lebih lanjut meskipun belum diketahui penyakit apa sebenarnya yang ia miliki. Sampel virus kemudian dikirim ke Balitbangkes, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan.

“Memang bagi yang diduga seperti standar WHO,”

Kemudian Anggraeni menjelaskan bahwa jika telah ditemukan pasien dengan gejala infeksi yang cepat memburuk, pihak rumah sakit akan mencari penyebab lainnya. Apabila tidak menemukan penyebab lain, maka pihak RS akan memeriksa virus corona tersebut.

Sambil memeriksa lebih lanjut, pihak RS akan telusuri anggota keluarga pasien dan orang-orang yang sudah melakukan kontak langsung.

RSHS telah menerima sebanyak dua pasien yang diduga terinfeksi virus corona dengan beragam gejala, hari Minggu 26 Januari.

Pasien tersebut adalah laki-laki berkewarga negaraan China. Ia membawa surat rujukan RS Cahya Kawaluyaan. Dalam surat rujukan tersebut tertulis bahwa ia mengalami varingitis akut atau ISPA akut.

Dokter yang menerima dan memeriksa pasien tersebut segera memindahkannya ke ruang isolasi RSHS yang letaknya ada di IGD dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Hari ini sampel virus dan spesimen dikirim ke Balitbangkes untuk melihat apakah pasien tersebut positif atau tidak,” tutur Dirut RSHS, Nina Susana Dewi. Pasien tersebut masih dalam tahap observasi ISPA yang ditulis dari rujukan RS Cahya Kawaluyaan.

Pasien yang satu lagi adalah warga negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki. Ia datang dari Rumah Sakit Borromeus, Bandung. Ia sebelumnya pergi mengunjungi Singapura dan saat kembali pulang ia mengalami kejang hingga tidak sadarkan diri.

Nina dengan tegas mengonfirmasi bahwa kedua pasien diperiksa sebagai pasien ISPA.

“Namanya observasi infeksi saluran pernapasan atas dan bawah akut. Jadi bukan terduga virus corona, sebab kalau corona itu diagnosa terkonfirmasi itu setelah dari libangkes keluar hasilnya,” ucapnya.

Hingga saat ini, China telah menyatakan jumlah penduduknya yang meninggal akibat terserang virus corona sebanyak 80 jiwa.

SUMBER: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Update Corona: 2.345 kematian dan 76.288 kasus

Avatar

Published

on

wikipedia

Per Jumat, 21 Februari tercatat penambahan kasus infeksi virus corona di daratan China sebanyak 397 kasus. Dengan jumlah yang tercatat ini, terdapat penurunan kasus dibandingkan hari sebelumnya sebesar 889 kasus.

Maka, menurut data, penyebaran virus corona hingga saat ini yang sudah dikonfirmasi mencapai 76.288 kasus di seluruh dunia.

Di hari yang sama, Jumat (21/2), angka kematian akibat dari COVID-19 mencapai 2.345 korban jiwa.

Provinsi yang menjadi pusat penyebaran wabah, Hubei telah melaporkan angka kematian baru sebanyak 106 korban jiwa. Sedangkan, di Wuhan yang sebagai ibu kotanya, penduduknya sebanyak 90 orang meninggal dunia.

 

SUMBER: ANTARA

Continue Reading

Kesehatan

Update corona: 2.120 korban jiwa karena COVID-19

Avatar

Published

on

hellosehat

Hingga Kamis (20/2), jumlah orang yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona menjadi sebanyak 2.120 jiwa di seluruh dunia.

Sampai saat ini, sebagian besar dari jumlah tersebut terjadi pada warga China, terkhusus kota Wuhan yang diduga menjadi asal muasal wabah virus tersebar.

Dilansir CNN, di daratan China sendiri, sebanyak 2.112 jiwa meninggal dunia. Sementara, delapan korban lainnya terjadi di enam negara lain. Sebanyak dua orang meninggal di Iran, dua orang di Hong Kong, satu orang masing-masing di Taiwan, Jepang, Perancis, dan Filipina.

Jumlah ini muncul setelah China mengonfirmasi angka kematian terbaru, sebanyak 108.

Menurut pendapat AFP, sebanyak 615 kasus yang terinfeksi virus corona dilaporkan oelh pejabat Kesehatan Hubei. Selain itu, 13 lainnya dari provinsi lain.

Dengan 74.000 lebih kasus yang terinfeksi COVID-19 di China, ini menjadikan total sebanyak 76.262 kasus termasuk kasus di sejumlah negara lain.

Dibanding hari Rabu (19/2), tingkat kasus virus corona menurun menjadi 1.693 orang.

Selain negara Tirai Bambu, Jepang menjadi negara kedua dengan korban terbanyak. Setelah peristiwa karantina kapal pesiar yang berlayar dari perairan Yokohama, yang memakan dua orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona.

Per Kamis (20/2), jumlah penumpang dari Diamon Princess yang terinfeksi virus corona bertambah menajdi 621 orang.

Diantara 621 orang tersebut, 4 orang WNI yang bekerja sebagai kru kapal pesiar terinfeksi virus corona.

 

SUMBER: CNN

Continue Reading

Kesehatan

Konsumsi ini untuk anti-aging

Avatar

Published

on

Pixabay

Penuaan pada manusia berkaitan dengan proses multidimensional fisik, psikologis, dan perubahan sosial. Umur merupakan sebuah ukuran secara kronologis.

Dalam hal fisik, penuaan menjadi hal yang sangat dikhawatirkan pada seseorang yang memasuki umur 30 tahun.

Perawatan kulit menjadi pilihan yang sering dilakukan oleh orang banyak. Namun, masalah ini bisa dicegah dengan gaya hidup dan pola makan.

Diketahui sejumlah makanan bisa memperlambat penuaan dini pada fisik, terutama kulit. Makanan ini memiliki efek langsung untuk menjaga kulit dan organ tubuh kita dari radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi terlihat tua.

Makanan-makanan ini diharuskan mengandung antioksidan, vitamin C, D, E, K, dan juga B kompleks, serta mineral untuk tubuh.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa menjadi anti-agingmu.

  1. Buah alpukat

Alpukat mengandung lemak baik yang tinggi. Lemak ini bisa membantu kulit untuk tetap fleksibel juga lembap. Pada sebuah studi, menunjukkan apabila seorang wanita yang rutin mengonsumsi alpukat memiliki kondisi kulit yang halus dan elastis.

Alpukat bisa juga membantu pertahanan pada kulit dari sinar matahari, yang menjadi salah satu faktor penuaan.

Konsumsi buah alpukat dengan rutin. Dengan dimakan langsung, jus, atau dicampur salad.

2. Dark Chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam murni dengan tingkat coklat 70% lebih bisa membantumu cegah penuaan dini pada kulit. Mengonsumsi cokelat hitam setiap harinya akan melindungi kulit dari sinar UV sekaligus meningkatkan aliran darah yang bisa memberikan nutrisi pada kulit.

Hindari makan cokelat yang sudah dicampur dengan gula karena gula bisa menyebabkan jerawat dan memecahkan kolagen pada kulit.

3. Tomat

Tomat yang mengandung banyak vitamin C ini bisa cegah kulit dari kerutan-kerutan. Dengan antioksidan karotenid, membantu kulit terindungi dari kerusakan dan radang yang disebabkan oleh sinar matahari.

Dengan mengonsumsi tomat setiap hari, bisa mencegah penuaan dini.

4. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung rasio asam lemah yang optimal. Asam lemak esensial ini memiliki fungsi sebagai bahan untuk membangun membran sel sehat. Selain itu, kacang kenari mengandung vitamin E, C, Antioksidan, protein dan selenium. Kandungan seng yang ada pada kacang kenari bisa membantu tubuh untuk melawan bakteri hingga inflamasi kulit.

Jika mengonsumsi satu ons kacang kenari per hari, kulit akan tetap terjada dan terlihat awet muda.

5. Pepaya

Pepaya yang juga mengandung antioksidan, mineral dan vitamin bisa membantu kulit memiliki elastisitas tinggi dan cegah keriput. Dikutip Health Line, buah yang mengandung juga papain, bermanfaat untuk cegah peradangan pada kulit. Papain bisa membantu melepas sel kulit mati yang menjadikan kulit tampak cerah dan awet.

 

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending