Dokter China yang selidiki virus korona mengaku terinfeksi
Connect with us

Kesehatan

Dokter China yang selidiki virus korona mengaku terinfeksi

Avatar

Published

on

Republika

Satu orang dokter China yang sedang menyelidiki wabah dari virus mematikan yang baru mengaku telah terinfeksi oleh virus tersebut.

Kepala Departemen Pengobatan Paru dari Peking University First Hospital Beijing, Wang Guangfa, jadi bagian dari tim ahli yang pada awal bulan Januari ini sempat mengunjungi Wuhan, asal tempat dari virus korona.

Media televisi pemerintah China memberikan laporan di hari Rabu pagi, Wang kini sedang dalam ruang isolasi dan diberikan perawatan sejak hari Selasa karena diduga terkena infeksi dari virus korona.

“Saya terdiagnosa dan kondisi saya baik-baik saja,” ucap Wang pada Cable TV Hong Kong, Selasa (21/1). Ia tidak lupa menyampaikan rasa syukur atas perhatian yang masyarakat berikan padanya.

Jumlah korban yang meninggal dunia akibat virus korona yang menyerupai flu, telah dikonfirmasi oleh para pejabat bahwa virus tersebut bisa menular pada sesama manusia, menjadi enam orang korban, per Selasa (21/1). Jumlah dari kasus virus yang sudah dilaporkan melonjak menjadi 300 kasus lebih. Sementara, ada 15 orang petugas medis yang ikut terkena infeksi juga.

Wang, pada saat itu sedang melakukan penelitian perihal infeksi saluran pernapasan berat (SARS) pada tahun 2003, berkata ia sedang dalam perawatan medis dan akan diberikan suntikan. Namun, ia tidak menceritakan tentang bagaimana ia terkena infeksi virus itu.

“Saya tak mau semua orang terlalu memperhatikan kondisi saya,” sebutnya pada kanal berita China.

Pada tanggal 10 Januari ia berkata pada media wabah dari virus korona tampak terkendali, karena sebagian dari pasien memiliki gejala-gejala yang ringan dan beberapa sudah boleh dipulangkan.

SUMBER: Antara

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Observasi karantina Natuna usai, 9 orang akan kembali

Avatar

Published

on

Masa waktu observasi ratusan WNI dalam karantina di Natuna terkait Covid-19 segera usai pada Sabtu (15/2).
Pemerintah Jawa Barat akan menyambut sembilan warganya untuk pulang dari Natuna esok hari.
Diketahui bahwa kesembilan penduduk Jabar dari Wuhan dikarantina dalam rangka langkah antisipatif pemerintah terkait virus yang mematikan tersebut.
Kepala Dinkes Jabar, Berli Hamdani, berkata bahwa kesembilannya ini akan kembali ke daerahnya masing-masing.
“Ada sepuluh, tapi ke Jabar sembilan karena ada satu orang WNA waktu itu ikut rombongan yang diangkut dari tiongkok,” ujar Berli.
Menurut pendapatnya, pemulangan ini akan di komandankan oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan juga Kantor Imigrasi.
“Semuanya dari evakuasi sampai pemulangan kewenangan Kemenlu, Kemenkes dan pihak Imigrasi,” tambahnya.
Menurut jadwal, kesembilan warga Jabar akan tiba di Bandara Halim, Jaktim, Sabtu (15/2) serta ratusan warga lainnya.
“Pemerintah provinsi yang warganya dikarantina hanya memantau, tidak terlibat dalam prosedur,” ucap Berli.
Sementara, Dodo Suhendar, Kepala Dinkes Jabar berkata bahwa serah terima jabatan WNI diobservasi di Natuna oleh pemerintah pusat ke Pemda masing-masing daerah. Pihaknya tentu akan tetap membantu.
“Jadi kita sifatnya memantau saja. Kita mengantisipasi adanya penolakan warga. Karena khawatir ada info yang tidak benar,” tutur Dodo.
Dodo menegaskan pada warga Jabar dinyatakan negatif.
“Tentu harapan kami tidak ada lagi dampak sosial. Karena mereka ini sudah melalui observasi negatif,” lanjutnya.
SUMBER: CNN

Continue Reading

Kesehatan

3 Parasit jantung yang harus diwaspadai

Avatar

Published

on

Pixabay

Parasit adalah serangga kecil yang dibawa oleh serangga, yang bisa menyebabkan miokarditis dan penyakit lain.

Miokarditis adalah penyakit yang ditandai dengan radang pada otot jantung, lebih tepatnya pada lapisan otot dinding jantung. Otot ini berfungsi untuk memompa darah keluar dan masuk dari jantung yang kemudian tersebar ke seluruh tubuh. Apabila otot tersebut meradang, darah tidak terpompa dengan baik.

Jantung yang tidak memompa darah dengan baik, akan terjadi gangguan pernapasan menjadi sulit, detak yang tidak teratur, dan lebih parah lagi pembekuan darah, stroke, kerusakan jantung atau serangan jantung.

Parasit juga bisa menyebabkan perikarditis, kardiomiopati, dan radang selaput yang berada di sekitar jantung.

Dilansir dari Live Science, ini adalah beberapa jenis parasit yang bisa memengaruhi jantung

  • Toxoplasma gondii

Parasit ini bertanggung jawab pada penyakit tokso. Ini bisa tertular dari kontak dengan kotoran yang dikeluarkan oleh kucing.

Menurut CDC, parasit ini bisa menyerang 2 miliar orang di dunia dan sebagiannya tidak menunjukkan sedikitpun gejala.

T. Gondii bisa bertahan lama di otot jantung, ia akan membentuk menjadi kista.

  • Entamoeba histolytica

Singkatan parasit ini adalah E. histolytica. Parasit ini yang menyebabkan disentri amuba atau amoebiasis. Terjadi saat usus terinfeksi dengan tanda diare, nyeri perut.

Dalam kasus yang jarang terjadi, menurut ilmuwan dari Journal of Clinical Medicine Research, infeksi parasit ini bisa menyebabkan komplikasi pada jantung yang serius, komplikasi ini biasa disebut amebic pericarditis. Ia berbentuk seperti selaput kantung yang mengelilingi jantung.

  •  Trichinella spiralis

Parasit cacing gelang ini bisa menginfeksi orang yang memakan daging kurang matang dari hewan yang terkena infeksi. Cacing akan masuk ke inang manusia dan menjadi kista yang berisi larva. Parasit ini bisa menyebabkan trichinosis.

Ketika inang menelan kista, asam lambung yang mengenai kantung akan terlarut hingga larva keluar dan menyerang tubuh. Biasanya mereka bersirkulasi ke darah dan menggali jaringan otak dan otot.

SUMBER: Suara

Continue Reading

Kesehatan

Update virus corona: lebih dari 1.500 orang meninggal

Avatar

Published

on

ayobandung.com

Jumlah korban meninggal dunia karena virus corona sudah mencapai 1.523 jiwa, di China sendiri per Sabtu (15/2). Di hari ini, data bertambah sebanyak 143 korban jiwa.

Komisi Kesehatan Nasional China memberikan laporan bahwa kasus baru virus corona ini bertambah sebanyak 2.641 kasus, dan ini terjadi sebagian besar di Provinsi Hubei.

Sebanyak 66 ribu lebih penduduk China terinfeksi oleh Covid-19. 4 dari 143 kematian terjadi di Provinsi Hubei.

Pihak berwenang di China telah menempatkan sebanyak 56 juta orang di provinsi tersebut untuk di karantina dan hampir menyegel provinsi Hubei dari negara bagian lain guna pengendalian virus tersebut.

Beberapa kota yang jauh dari pusat pun telah melarang keras untuk orang-orang yang bepergian keluar rumah. Selama ini untuk sekolah-sekolah telah ditutup dan perusahaan memberikan pekerjaan rumah untuk karyawan-karyawannya.

Hitungan ini berdasarkan dari kriteria Hubei untuk perhitungan kasus, dengan hasil ada tambahan ribuan pasien yang masuk ke perhitungan mereka.

Kasus seperti “didiagnosis secara klinis” lewat paru-paru kini sedang dalam perhitungan sebagai penambahan pada mereka yang positif setelah di uji laboratorium.

Sementara pada hari Jumat, sebanyak 4.800 kasus dilaporkan di Provinsi Hubei, dan 2.420 kasus di hari Sabtu.

Setiap harinya kini, hitungan jumlah kasus semakin menurun di luar Hubei, sebanyak 221 infeksi pada Sabtu.

Sebanyak 1.716 pekerja medis ikut terinfeksi Covid-19, enam diantaranya meninggal dunia karena virus tersebut.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending