Pria Korea dinyatakan tidak bersalah setelah 70 tahun lalu dieksekusi mati
Connect with us

Berita

Pria Korea dinyatakan tidak bersalah setelah 70 tahun lalu dieksekusi mati

Avatar

Published

on

Pixabay

Salah satu pengadilan di Korea Selatan dengan cara anumerta menyatakan bahwa tidak bersalah pada pria yang telah dieksekusi mati pada 70 tahun lebih yang lalu atas kasus tuduhannya membantu pasukan para pemberontak. Pengadilan telah memutuskan Chang Hwan-bong, dihukum dengan keliru.

Dilansir dari AFP, pada hari Senin 20 Januari, Chang yang pada saat itu diadili diumur 29 tahun, adalah salah satu dari beratus orang yang tertuduh sudah ikut membantu para tentara yang berontak di aksi kerusuhan bersenjata lawan pemerintah Korea Selatan di kota Suncheon dan Yeosu, tahun 1948.

Chang beserta ratusan orang yang divonis mati pada sidang yang dilaksanakan selama 22 hari setelah ditangkap karena dituduh pemberontakan. Chang lalu dieksekusi mati segera.

Tahun 2009 lalu, panel pemerintah Korea Selatan menemukan fakta tentang sebanyak 438 warga, termasuk Chang Hwan-bong, dihukum dengan tanpa keadilan dan dieksekusi mati dengan tuduhan kolaborasi dengan para tentara yang berontak.

Persoalan sejarah sering jadi masalah yang bisa memicu perdebatan di Korea Selatan, kebanyakan dari perdebatan ini mucul dari Perang Korea dengan terbelahnya politik antara kelompok kiri dan kelompok kanan.

Putri dari Chang memohon untuk sidang ulang di tahun 2013, dan dikabulkan oleh Mahkamah Agung 6 tahun kemudian, di bulan Maret tahun 2019. Pengadilan Distrik Gwangju, Suncheon memberikan pernyataan bahwa Chang Hwan-bong tidak bersalah pada sidang hari Senin 20 Januari, waktu Korea Selatan.

SUMBER: Detik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Arema FC

Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Avatar

Published

on

Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Penentuan Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Pertandingan babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 sangat menarik untuk diikuti.

Sesuai jadwal, pertandingan akan dimulai pada hari Senin (17/2/2020) sore di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Di semifinal nanti, Persebaya yang berhasil menjuarai Grup A akan beradu dengan Arema FC yang menduduki peringkat kedua Grup B. Sedangkan Persija akan menghadapi Madura United.

 

Jadwal Persebaya vs Arema dirubah

Menurut kabar terbaru, dipastikan bahwa pertandingan antara Persebaya vs Arema FC tidak akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan Malang. Laga akan dipindahkan di Stadion Soeprijadi, Blitar, dengan alasan keamanan.

Jadwal pertandingan juga akan dirubah, yang semula akan berlangsung pada hari senin, diundur menjadi hari Selasa.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Dirintelkam Polda Jatim Kombespol Slamet Hariyadi yang dikutip dari laman resmi Persebaya.

“Kami sudah melakukan pengecekan lewat cyber patrol, dan ternyata situasinya tidak kondusif bila laga berlangsung di Malang,” ujarnya.

Bisa dipastikan pula kalau laga ini akan berjalan tanpa penonton. Keputusan ini diambil untuk keamanan kedua belah pihak suporter.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat koordinasi antara kepolisian beserta Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur.

 

Continue Reading

Bulu Tangkis

Indonesia Juara! Hasil Final Kejuaraan Badminton Asia Team Champioships 2020: Indonesia 3-1 Malaysia

Avatar

Published

on

Indonesia Juara! Hasil Final Kejuaraan Badminton Asia Team Champioships 2020: Indonesia vs Malaysia

Hasil Final Kejuaran Badminton Asia Team Championships 2020 di Filipina. Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia di final dengan skor akhir 3-1.

 

Tim Badminton Indonesia yang mengikuti ajang Badminton Asia Team Championsips 2020 di Manila, Filipina membawa berita gembira ke Tanah Air dengan berhasil membawa pulang titel Juara dari ajang bergengsi ini.

Keberhasilan tim Indonesia dalam menjuarai gelaran Badminton Asia Team Championsip 2020 terjadi setelah dipartai final mereka berhasil mengalahkan tim Malaysia dengan skor alhir 3-1.

Gelar juara yang yang diraih Indonesia ini merupakan gelar ketiga yang berhasil diraih secara beruntun. Sebelumnya, Indonesia berhasil menjadi juara di tahun 2016 dan 2018.

Pada pertandingan Final, penampilan menawan dari pasangan baru ganda putra Mohammad Ahsan/Fajar Alfian yang berhasil mengalahkan pasangan dari Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

 

Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian berhasil mengalahkan tim ganda putra Malaysia dengan skor 3-1 (sumber: akurat.co)

 

Mereka berhasil menundukkan pasangan Malaysia dengan skor 21-18, 21-17. Kemenangan di game keempat ini berhasil memastikan skor akhir 3-1 untuk tim Indonesia dan sekaligus berhasil menjuarai Badminton Asia Team Champioships 2020.

Mohammad Ahsan/Fajar Alfian sebenarnya baru memulai debut mereka sebagai pasangan ganda putra di ajang internasional. Namun, mereka bisa menunjukkan kekompakan dan koordinasi tim yang baik.

Terbukti pada saat melawan pasangan ganda putra tim Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi mereka berhasil menekan sejak set pertama dan menguasai jalannya permainan.

Meskipun terlihat cukup kesulitan diakhir set pertama, debutan baru tersebut akhirnya berhasil menutup set pertama dengan skor 21-18

Pada set kedua, sempat terjadi perlawanan sengit dari tim Malaysia. Tim lawan mampu menempel ketat poin dari Ahsan/Fajar.

Namun, terlihat sekali bahwa skill yang dimiliki Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian masih belum bisa diimbangi oleh pasangan Malaysia, sehingga set kedua ini berhasil diakhiri dengan mulus oleh pasangan dari Indonesia dengan skor 21-17.

Keberhasilan tim ganda putra tersebut memastikan gelar juara bagi Tim Merah Putih untuk yang ketiga kalinya diajang ini.

Continue Reading

Berita

Gempa Laut Seram 5,8 SR getaran mencapai Papua

Avatar

Published

on

Pixabay

Gempa tektonik terjadi di laut Seram Timur, Maluku. Gempa berkekuatan 5,8 skala richter ini terjadi pada Minggu pagi, (16/2) pukul 08.00 WIT. Gempa tersebut bergetar sampai Sorong, Provinsi Papua Barat.

Warga Kota Sorong, Ellya, mengungkapkan bahwa ia dan keluarganya merasakan getaran gempa tersebut, meski kecil, getaran terjadi selama 10 detik.

Alen, warga lain dari Aimas, Kabupaten Sorong pun mengaku merasakan getaran tersebut.

Berdasarkan data dari BMKG Sorong, hasil analisis menunjukkan gempa bumi tersebut mempunyai parameter awal magnitudo sebesar 5,8 kemudian bermutakhir menjadi 5,6.

Lokasi gempa bumi berada di laut dengan jarak 97 kilometer ke arah Barat Daya Kota Fakfak, Papua Barat yang mencapai kedalaman 16 kilometer.

Dampak dari gempa bumi tersebut mengguncang ke daerah Bula.

SUMBER: Suara

Continue Reading

Trending