Gunakan speedboat, warga selamatkan hiu paus yang terdampar
Connect with us

Berita

Gunakan speedboat, warga selamatkan hiu paus yang terdampar

Avatar

Published

on

Pixabay

Warga dari Desa Kayeli, Kec. Telik Kayeli, Kab. Buru, Maluku, telah menyelamatkan seekor hiu paus yang tengah terdampar pada pesisir pantai sekitar desa mereka.

Ikan yang bernama latin Rhincodon Typus tersebut telah terdampar di pesisir pantai sampai membuat kaget warga sekitar, hari Minggu 19 Januari 2020.

Shale Wael adalah salah satu warga desa sekitar. Ia berkata bahwa ikan tersebut terdampar tepat di bagian bibir pantai dengan kondisi yang lemas.

Ketika itu, warga yang pertama kali melihat ikan tersebut segera memberitahu pada warga yang lainnya, tidak lama pantai penuh dengan warga setempat.

“Kita di sini bilang ikan kaluyu. Kondisinya memang masih hidup saat itu, tapi sangat lemas,” kata Shale saat diminta konfirmasi, hari Senin 20 Januari.

Ia berkata bahwa dari saran yang diberikan tokoh-tokoh masyarakat sekitar desa, hiu tersebut agar ditolong dan kembalikan ke habitat asalnya di laut lepas.

Besarnya hiu itu sepanjang 3 meter lebih, membuat warga menariknya ke laut harus memakai speedboat .

“Ikannya diikat, lalu ditarik dengan speedboat karena memang terlalu besar. Kami tolong karena memang masih hidup,” ujarnya.

Wiwit, petugas KKP Pengelolaan Sumber Daya Pesisisr dan Laut (PSPL) Sorong, Maluku, menyatakan benar bahwa ada hiu paus terdampar di pantai sekitar desa Kayeli tersebut.

“Itu jenis hiu paus, saya juga baru dapat informasinya,” ujar Wiwit.

Menurutnya, ada banyak sekali faktor yang memungkinkan penyebab dari hiu terdampar tersebut. Seperti faktor lingkungan, usia, dan lainnya.

“Ada banyak faktor, tapi kita tidak bisa memutuskan mengapa hingga hiu itu bisa terdampar,” tutupnya.

SUMBER: Kompas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Update Corona: 1.868 orang meninggal dunia

Avatar

Published

on

Pixabay

Epidemi dari virus corona atau COVID-19 ini, per Selasa (18/2), telah menewaskan 1.868 orang di seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan data tersebut, mayoritas korban jiwa ada di China, di mana negara tersebut adalah pusat dari wabah virus corona.

Dilansir dari CNN, 93 korban jiwa bertambah di Provinsi Hubei, per Senin (17/2). Ini menjadikan di China sendiri ada sebanyak 1.864 orang meninggal dunia.

Selain itu, empat orang lainnya meninggal di luar China. Masing-masing di Jepang, Perancis, Taiwan, dan FIlipina.

Hingga kini sebanyak 73.243 kasus infeksi virus corona terjadi di seluruh dunia.

Sementara, 7.862 orang dinyatakan sembuh dari virus corona di China.

Dikabarkan sebelumnya, bahwa kapal pesiar Jepang dengan nama Diamond Princess, telah dikarantina akibat sebagian besar awak dan penumpang terinfeksi virus corona, diantara 3.000 lebih penumpang, ada 78 orang berkewarganegaraan Indonesia.

Pemerintah kini belum menyatakan rencana untuk pengevakuasian WNI yang terjebak di Diamond Princess.

Teuku Faizasyah, Plt juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia memberikan pernyataan bahwa sampai saat ini pihaknya belum memiliki rencana untuk memulangkan ke-78 WNI tersebut.

“Belum ada rencana evakuasi. Informasi sebelumnya dari otoritas Jepang masa karantina akan selesai di tanggal 19 Februari nanti,”

Ia pun memastikan bahwa 78 WNI ini memiliki kondisi yang sehat.

Sebanyak 336 orang dari 3.000 penumpang, dinyatakan terinfeksi virus corona.

Menurut Judha Nugraha, Direktur Perlindungan WNI dan Badan hukum Indonesia Kemenlu, seluruh WNI ini diberikan pilihan untuk pulang atau menetap untuk melanjutkan pekerjannya masing-masing.

 

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

WHO: mendukung Olimpiade 2020 Tokyo sesuai jadwal

Avatar

Published

on

World Health Organization memberikan dukungan pada Komite Olimpiade Internasional dalam menggelar ajang olahraga Olimpiade tahun 2020 ini yang akan diselenggarakan di Tokyo.

WHO memastikan agar jadwal pertandingan Olimpiade 2020 dimulai tepat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Komite Olimpiade Internasional tidak perlu menunda, memindah jadwal, atau membatalkan Olimpiade 2020 hanya karena wabah COVID-19, meski mereka telah menetapkan wabah corona sebagai status gawat darurat pada Januari lalu.

Jaminan ini dituturkan oleh Kepala Komisi Koordinasi IOC, John Coates.

“Tentu saja saran yang kami terima dari WHO, bahwa tidak ada kasus untuk keadaan yang tidak pasti, termasuk memindahkan atau membatalkan Olimpiade,” sebutnya, dikutip Sport Business.

Ia pun menyebutkan bahwa koordinasi pemerintah Jepang, kota Tokyo dan gugus tugas Olimpiade ini berjalan dengan baik. Mereka saling bertukar informasi yang penting perihal pelaksanaan Olimpiade 2020.

“IOC akan memastikan (info) yang dikirimkan ke semua komite nasional untuk menjelaskan apa yang terjadi di seluruh dunia di mana atlet China bertanding. Tapi saya pastikan Tokyo 2020 tetap pada jalurnya,” tegas Coates.

Pihak IOC berkata bahwa semua pihak tidak perlu mengkhawatirkan kontingen China. Sebagian besar dari 600 atlet asal China berlatih di luar negaranya untuk Olimpiade ataupun Paralimpiade. Maka, para atlet tidak perlu mengikuti karantina ketika mereka tiba di Jepang.

“Kami mendengar sebagian besar atlet asal China kini ada di luar negeri. Saya tidak tahu berapa banyak yang terlibat pada test event di sini, tapi saya lihat tidak ada masalah jika mereka datang dari negara lain,” ucap Coates.

“WHO menunjukkan kemungkinan masalah seperti Zika sangat kecil untuk terjadi pada Olimpiade 2020,” lanjutnya.

Di lain sisi, Toshi Munto, Kepala Eksekutif Olimpiade 2020 memberikan penjelasan bahwa pihaknya belum tahu negara mana yang akan ambil bagian dari test event menjelang Olimpiade 2020.

“Kami belum tahu siapa saja yang akan berkompetisi di test event, jadi kami tidak bisa memberikan kepastian. Tapi kami akan memiliki info dari kualifikasi yang sedang berlangsung dan ambil langkah yang diperlukan,” jelasnya.

Test event akan dimulai pada Maret sampai April untuk cabang olahraga BMX freestyle, Skateboard, Rugbi, Loncat Indah, Senam, Menembak, Balap Sepeda, dan Panjat Dinding.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Internasional

Prediksi Atletico Madrid vs Liverpool: Pertandingan Liga Champions UEFA Babak 16 Besar – 19 Februari 2020 – Live Streaming Link

Avatar

Published

on

Prediksi Atletico Madrid vs Liverpool: Pertandingan Liga Champions UEFA Babak 16 Besar - 19 Februari 2020 - Live Streaming Link

Prediksi Atletico Madrid vs Liverpool: Pertandingan Liga Champions UEFA Babak 16 Besar – 19 Februari 2020 – Live Streaming Siaran Langsung Liga Champions UEFA. Tonton Langsung Liga Champions UEFA. Link Live Streaming Atletico Madrid. Link Free Live Streaming Liverpool

 

Liga Champions UEFA (16 Besar)
Rabu, 19 Februari 2020 Pukul 03:00 WIB
Atletico Madrid vs Liverpool
Link Live Streaming Gratis

 

Atletico Madrid

Pertandingan lanjutan babak 16 Besar Liga Champions UEFA akan mempertemukan Atletico Madrid dengan jawara dari Liga Inggris, Liverpool.

Atletico Madrid yang berhasil lolos dari babak penyisihan Grup D di posisi ke-2 di bawah Juventus, kini harus menghadapi pertandingan yang berat di kandang sendiri, Stadion Wanda Metropolitano.

Penampilan Atletico Madrid di La Liga cukup stabil. Saat ini, skuat yang di arsiteki Diego Simeone ini berada di urutan ke-4 dengan meraih 40 poin dari 24 kali pertandingan.

Namun, pada pertandingan melawan The Reds nanti pelatih Atletico, Diego Simeone harus berpikir keras untuk melakukan pemilihan pemain karena beberapa pemain inti tidak akan bisa diturunkan.

Kieran Trippier dan Hector Herrera dipastikan absen karena masih berkutat dengan cederanya.

Sedangkan tiga striker utama Los Rojiblancos yaitu Joao Felix, Diego Costa, dan Alvaro Morata juga masih belum bisa dipastikan untuk kembali menjadi ujung tombak akibat cedera.

Kekuatan Atletico Madrid di lini belakang masih menjanjikan untuk meredam laju serangan Liverpool.

Di La Liga, mereka termasuk klub yang paling sedikit kebobolan. Penjaga gawang Jan Oblak hanya kebobolan 17 gol dari 24 laga yang dilakoni, 1 gol lebih banyak dari rival sekotanya, real Madrid.

 

Liverpool

Memiliki catatan tidak terkalahkan di 5 pertandingan terakhir menunjukkan performa yang luar biasa dari tim asuhan Jurgen Klopp.

Berkat tangan dingin Klopp pula, Liverpool berhasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E dengan torehan 4 kali kemenangan, 1 kali seri, dan 1 kali kalah.

Sebagai juara bertahan, The Reds dipastikan akan turun dengan kekuatan penuh. Satu-satunya pemain yang tidak bisa tampil di pertandingan ini yaitu Xherdan Shaqiri yang masih dibekap cedera.

Posisi Oxlade-Chamberlain dan Naby Keita yang diturunkan sejak menit awal saat menghadapi Norwich kemungkinan akan digantikan oleh Sadio Mane dan Fabinho.

Di lini depan, daya serang trio Firmino, Salah, Sane akan kembali diuji ketajamannya untuk bisa membobol gawang pertahanan Atletico Madrid yang dikawal oleh Jan Oblak.

 

Head to Head Atletico Madrid vs Liverpool:

[12 Desember 2019] Liverpool 4-1 Atletico Madrid
[15 Agustus 2019] Atletico Madrid 4-0 Liverpool
[12 April 2019] Atletico Madrid 2-0 Liverpool
[9 April 2019] Liverpool 2-2 Atletico Madrid

 

5 Pertandingan terakhir Atletico Madrid

[15 Februari 2020] Valencia 2-2 Atletico Madrid
[9 Februari 2020] Atletico Madrid 1-0 Granada
[1 Februari 2020] Real Madrid 1-0 Atletico Madrid
[26 Januari 2020] Atletico Madrid 0-0 Leganes
[24 Januari 2020] C. Leonesa 2-1 Atletico Madrid

 

5 Pertandingan terakhir Liverpool:

[16 Februari 2020] Norwich 0-1 Liverpool
[5 Februari 2020] Liverpool 1-0 Shrewsbury
[1 Februari 2020] Liverpool 4-0 Southampton
[30 Januari 2020] West Ham 0-2 Liverpool
[27 Januari 2020] Shrewsbury 2-2 Liverpool

 

Prediksi Atletico Madrid vs Liverpool: Pertandingan Liga Champions UEFA Babak 16 Besar - 19 Februari 2020 - Live Streaming Link

Prediksi Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2):
Oblak; Lodi, Felipe, Savic, Arias; Niguez, Koke, Partey, Carrasco; Vitolo, Correa

Liverpool (4-3-3):
Alisson; Robertson, Van Dijk, Gomes, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mane, Firminho, Salah.

 

Saksikan Siaran Langsung Atletico Madrid vs Liverpool

Rabu, 19 Februari 2020 Pukul 03:00 WIB

Continue Reading

Trending