Tarif ojek online minta diatur Pemda • Malang Post News
Connect with us

Hiburan

Tarif ojek daring minta diatur Pemda, Kemenhub: Kita bahas dulu

Avatar

Published

on

Kementerian Perhubungan masih membuka ruang untuk aspirasi yang disampaikan dalam aksi yang para mitra ojol (ojek online/daring) lakukan, karena sejauh ini belum ada satu kesepakatan pun yang terjadi, termasuk aspirasi mengenai wewenang pengaturan tarif.

“Mereka usulkan (tarif) itu diatur gubernur. Gubernur nanti diberikan ke Pemda Kabupaten atau Kota sehingga menyesuaikan kondisi di masing-masing daerah. Saya bilang bagus juga tapi ada kurang lebihnya. Tapi tak tampung dulu,” ungkap Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub pada keterangannya, Jakarta, Kamis (16/1).

Menurutnya, alasan atas permintaan tentang pengaturan wewenang tarif ini cukup masuk di akal, sebab berkaitan pada kondisi geografis masing-masing daerahnya. “Jadi misalnya daerahnya pegunungan, mungkin risiko dan power lebih besar. Tapi tidak semua daerah seperti itu,” pungkasnya.

Untuk saat ini, dengan sistem zonasi peraturan untuk tarif ojek online dibagi menjadi 3 zona.

Maka itu, Budi memohon kepada para mitra untuk kompak saat akan menyampaikan aspirasi mereka terutama yang berkaitan dengan hal besar seperti kebijakan penetapan tarif.

Budi menjelaskan pada saat ini sedang berlaku regulasi khususnya Peraturan Menteri No. 12 tahun 2019 perihal Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat dan Keputusan Menteri Perhubungan No. KP 348 tahun 2019 perihal Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Pada aturan tarif tersebut bisa dikemas dengan bentuk evaluasi dalam kurun waktu 3 bulan sekali. “Artinya bisa naik, bisa turun, bisa tetap. jangan persepsinya evaluasi itu tarifnya akan naik terus. Kita harus berpikir keberlangsungan ojolnya juga,” tegas Budi.

Di hari sebelumnya, Rabu 15 Januari, beberapa pengemudi ojol yang tergabung dalam kelompok Ojol Nusantara Bergerak telah mendatangi Kemenhub untuk menuntut sebanyak dua hal pada regulator dan Kemenhub RI fokus dengan tuntutan evaluasi dan tarifnya.

Tuntutan pertama, seluruh peserta aksi minta tarif, yang pada waktu sebelumnya diatur Peraturan menteri Perhubungan 248/2019 perihal tarif atau biaya jasa ojol dalam sistem zonasi agar mengubah zona khusus provinsi.

“Temen-temen ojol di daerah ingin tarif itu diberikan kepada per-provinsi, jadi diaturny per-provinsi bukan per zona sesuai tingkat kemampuan pendapatan masyarakat menggunakan ojek daring di provinsi masing-masing.” ujar Igun Wicaksono, ketua Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA).

Sementara di tuntutan kedua adalah peserta aksi meminta agar legalitas UU khusus pengemudi ojek daring hingga setiap orang yang jadi driver ojol punya kewajiban dan hak yang cukup jelas.

“Jadi temen-temen ojek daring ingin meminta kepada pemerintah tentang program yang sempat tertunda 2018 yaitu payung hukum legalitas ojek online,” jelas Igun.

SUMBER: Antara

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiburan

Kosakata cinta milenial

Avatar

Published

on

Pixabay

Dengan berkembangnya zaman dan bergulirnya waktu, kosakata ikut tumbuh bersama. Semakin kemari semakin banyak istilah-istilah baru tentang banyak hal, termasuk cinta.

Kata-kata unik terus muncul dan kerap digunakan oleh generasi-generasi milenial.

Kebanyakan, kata-kata ini digunakan dalam keadaan obrolan informal di keseharian. Kerap kita kebingungan karena ada kata baru yang tidak familiar. Untuk menghilangkan bingung, kita runtutkan sesuai alfabet agar kita menjadi insan yang up-to-date.

B

Baper: Bawa perasaan, sensitif

Benching: Adaptasi dari bahasa Inggris yang artinya menjalani hubungan tanpa perasaan khusus apapun

Breadcrumbing: Hanya berhubungan ala kadarnya sebab tidak ada lagi ketertarikan, namun tidak ingin memutuskan hubungan

Bucin: Budak cinta, yang memprioritaskan cinta

C

Caspering: Diambil dari karakter kartun Casper, ini artinya seseorang yang menghilang begitu saja, namun muncul sesukanya layaknya hantu, tetapi dengan cara yang baik-baik

F

FWB: Singkatan dari Friends with Benefit, berteman tetapi memanfaatkannya

G

Galau: Perasaan yang bimbang dan resah

Ghosting: Serupa dengan Casper, tapi tidak dengan cara yang baik-baik

H

Halu: Menghayal yang tidak mungkin

I

ILY: I Love You

ILYSM: I Love You So Much

L

LDR: Long Distance Relationship, hubungan jarak jauh

LDM: Long Distance Married, pernikahan berhubungan jarak jauh

M

Move on: Beralih dari satu orang

P

Pelakor: Perebut laki orang

Petrus: Pepet terus

PHP: Pemberi Harapan Palsu

S

Sexting: Pesan singkat berunsur seksual

Stalking: Mencari tahu info seseorang dengan detil

T

TTM: Teman tapi mesra

O

Orbiting: Melakukan observasi dari jauh, melihat seseorang dari jarak jauh

SUMBER: CNN

Continue Reading

Hiburan

Barang Lucinta yang tidak bisa dibawa ke rutan

Avatar

Published

on

Penangkapan dari selebritas penuh kontroversi, Lucinta Luna, terkait dengan kasus narkoba tidak hanya sebatas perihal sel mana yang harus ia masuki tetapi juga barang yang boleh dan tidak boleh ia bawa ke ruang tahanan.
Masalahnya, terlihat Lucinta kini mengenakan wig yang berbeda dibanding hari sebelumnya ia mengunjungi kantor Polda Metro saat memberikan keterangan pada wartawan.
AKBP Barbanas, Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya berkata bahwa Lucinta tidak bisa membawa sembarang barang miliknya ke dalam rutan.
“Di rutan ada SOP yang mengatur secara rigid mana yang boleh dan yang tidak, serta apa yang boleh dan yang tidak. Pertimbangan guna keamanan tahanan sendiri dan untuk orang lain,” ujar AKBP Barbanas saat dimintai konfirmasi, pada Jumat (14/2).
Menurut Barbanas, untuk tahanan perempuan ada beberapa aksesoris atau barang yang diijinkan untuk di bawa ke dalam rutan. Seperti contoh bedak.
Untuk perihal rambut palsu atau wig, ia berkata bahwa barang tersebut masih bisa diperbolehkan untuk dibawa, mengingat Lucinta Luna selalu memakai bermacam-macam wig.
“Topi tidak diizinkan di dalam rutan, kalau wig masih bisa ditoleransi, tergantung keadaan,” terang Barbanas.
Pada waktu sebelumnya, pihak kepolisian menetapkan Lucinta Luna sebagai tersangka karena sudah terbukti bahwa ia mengonsumsi narkoba. Lucinta dijerat dengan pasal 64 Jo 71 UU no. 5/2017 perihal Psikotropika dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun.’
Saat ini Lucinta sudah ditahan di ruang khusus bagian sel wanita di Rutan Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan setelah masalah perbedaan jenis kelamin yang ada di identitas kepunyaannya.
Meski begitu, berdasarkan dari berkas putusan PN Jakarta Selatan di bulan Desember 2019, ia telah mengganti jenis kelamin di identitasnya dari pria menjadi wanita.
SUMBER: CNN

Continue Reading

Hiburan

Jalan cerita Gal Gadot dalam Wonder Woman 1984

Avatar

Published

on

Dalam film sekuel Wonder Woman selanjutnya dengan judul Wonder Woman 1984, ia akan kesepian karena Steve Trevor yang dimainkan oleh Chris Pine, dalam alur ceritanya Steve meninggal dunia.
Charles Roven, Produser Wonder Woman berkata bahwa sekuel ini mengambil latar belakang pada 70 tahun lalu. Dalam jangka waktu jeda antara cerita pada sekuel dan yang pertama, Diana sangat memungkinkan untuk melihat dan merasakan kehilangan sementara dirinya sendiri abadi.
“Diana tidak cuma kehilangan Steve Trevor. Ia kehilangan hampir semua orang yang ia anggap penting,” ucapnya. Ditambah, Diana adalah orang yang bisa membantu dan memberikan kebahagiaan.
Sementara, Gadot mengaku bahwa ia sangat cocok saat beradu akting dengan Chris Pine.
“Tidak ada tes chemistry. Kami memilikinya, Chris menikmati Bermain film. Ia merasa tertantang dengan hal yang menurutnya bikin senang.,” jawab Gal Gadot.
Dalam kisah film Wonder Woman sekuel pertama, Steve Trevor bunuh diri dengan sebuah ledakan.
Wonder Woman 1984 ini jika dirangkumkan menjadi cerita aksi melawan Cheetah. Perubahan Barbara Ann Minerva.
Barbara merupakan arkeolog yang berasar dari Inggris dan telah melakukan penelitian di Afrika. Ia menemukan satu suku dengan perempuan dan kekuatan cheetah.
Cheetah yang sudah memiliki kekuatan, ingin merebut alat tempur Wonder Woman, lasso of truth dengan susah payah.
Wonder Woman 1984 akan tayang di Indonesia pada 4 Juli.
SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending