Pemerintah akan batasi konsumsi BBM bersubsidi • Malang Post News
Connect with us

Berita

Pemerintah akan batasi konsumsi BBM bersubsidi

Avatar

Published

on

portonews.com

Pemerintah kini akan menerapkan peraturan baru atas pembatasan penyaluran BBM bersubsidi. Tindakan ini dilakukan supaya penyalurnya tepat sasaran dengan jumlah yang wajar.

Djoko berkata Pertamina telah menerapkan digitalisasi penyaluran BBM sampai SPBU untuk lihat data catatan jumlah BBM yang tersalurkan dan juga identitas para pembeli.

“Untuk pembelian BBM juga gitu (digitalisasi), karena kita punya data, Pertamina beberapa sudah online,” ujar Djoko saat ditemui di Kantor DIrektorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, hari Selasa 14 Januari.

Menurutnya dengan penerapan ini, data penyalur BBM bisa tercatat dengan cara yang tepat supaya jumlah BBM yang disalurkan bisa terbatasi tuk setiap kendaraan. Agar BBM bersubsidi bisa dipakai dengan jumlah wajar.

“Jam 1 pagi kendaraan X beli sekian ratus liter, kami ada datanya belum di-publish,” tuturnya.

Ia akan berkonsultasi untuk mulai menerapkan pembatasan ini dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) membahas sebatas mana kebutuhan BBM dengan  hitungan wajar.

“Nanti akan kita lihat untuk mobil ini kapasitas berapa kita tanyakan ke Gaikindo. Misal bus Sumatera Jawa, kita kaji dikasih berapa,” kata Djoko.

SUMBER: Liputan6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Rencana membangun masjid di Inggris ditolak karena area parkir

Avatar

Published

on

Republika

Bangunan tua Queens House yang terletak di Queens Road, Maningham, Inggris berdiri sejak tahun 1892. Sebelumnya bangunan yang berada di wilayah konservasi St Pauls ini difungsikan sebagai kantor polisi dan yang terbaru belakangan ini difungsikan sebagai kantor Barnardos.

Rencana pembangunan dari Community Link Project Bradford pada tahun lalu, Queens House akan berubah fungsi menjadi masjid. Rencana tersebut sudah diajukan pada Dewan Bradford.

Namun, permohonan ini ditolak oleh petugas perencanaan perihal pembangunan. Dengan alasan mengkhawatirkan area parkir yang tidak memadai. Sementara, lokasi yang dekat dengan persimpangan padat kendaraan dan bising dari kendaraan akan berdampak pada perumahan sekitar sana.

Pada awalnya, rencana perubahan fungsi dari kantor polisi menjadi masjid. Tiga tingkat akan diubah menjadi ruang sembahyang, ruang kelas, aktivitas, wudhu, dan pertemuan.

Di dalam perencanaannya yang disampaikan, masjid akan mempunyai 12 slot parkir beserta akses parkiran belakang gedung melewati jalan searah yang belum rapi sebelah Queens Road. Ada juga jalan kecil dari arah Parkfield Road. Akan tetapi, petugas pembangunan lebih mengkhawatirkan pada kedua rute tersebut.

“Penggunaan rute ini secara intensif akan membuat semakin banyak kendaraan yang memutar di jalan raya, ini menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan di jalan raya dan pejalan kaki, kemungkinan besar akan membahayakan arus lalu lintas yang aman dan bebas di jalan raya,” ujar petugas, dilansir dari The Telegraph and Argus, pada hari Rabu 22 Januari 2020.

Para petugas menegaskan pada jumlah tempat parkir yang sudah diusulkan tidak bisa diterima. Karena fasilitas parkir seperti tempat ibadah, dalam kasus ini masjid, setidaknya butuh sebanyak 30 slot parkir mobil.

“Permintaan untuk parkir di jalan di daerah ini sudah tinggi dan sudah sangat kekurangan jumlah parkiran sehingga akan menyebabkan potensi tinggi untuk parkir sembarangan di daerah terdekat,” tuturnya.

Dewan Bradford sudah menerima sebanyak 25 surat yang berisi dukungan agar fungsi Queens House jadi masjid. Tetapi, ada pula 11 surat yang keberatan bila bangunan tua itu berubah fungsi menjadi masjid.

SUMBER: Republika

Continue Reading

Politik

Soal pindah ibu kota, Tito: Kemendagri dulu lebih powerful

Avatar

Published

on

Kemendagri.go.id

Tito Karnavian, yang kini sebagai Menteri Dalam Negeri, telah menilai kementeriannya kini kurang memiliki kekuatan jika diminta untuk mengerjakan pindahnya ibu kota negara tanpa lintas sektoral.

“Itu sudah lintas sektoral yang enggak bisa dikerjakan dengan power Kemendagri saat ini. Kalau Kemendagri zaman dahulu iya powerful, nah, ini sudah dibagi-bagi kewenangan Kemendagri di tempat lain,” ujarnya, Jakarta, hari Rabu 22 Januari. Ia menghargai keinginan dari anggota Komisi II DPR RI terkait proses pemindahan ibu kota yang diakomodir oleh Kemendagri sebagai leading sector. Namun, Tito menilai itu tidak memungkinkan untuk saat ini, karena pindahnya ibu kota melibatkan banyak pihak.

Contohnya, untuk pengadaan tanah yang melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Pemerintah Daerah, juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Itu untuk tanahnya saja, untuk masalah investasi pembangunan melibatkan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi. Mampu engga dikerjain oleh Kemendagri. Kan begitu,” ujarnya.

Ia berkata Presiden Jokowi lalu telah menunjuk Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) supaya mulai menyusun Undang Undang Ibu Kota Negara jadi dasar hukum terhadap pemindahan ibu kota tersebut.

Maka itu, Kemendagri pun memberikan usulan Perubahan atas UU no. 29 tahun 2007 perihal Pemerintahan Provinsi DKI Sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia harus masuk ke Prolegnas (Program Legislasi Nasional) tahun ini.

“UU-nya harus diubah untuk DKI ini kalau UU IKN mungkin bisa paralel,” tutur Tito.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Berita

Alugoro, kapal selam pertama buatan Indonesia lolos uji coba

Avatar

Published

on

Pixabay

Kapal Selam yang dibuat oleh PT PAL Indonesia (persero) yang dijuluki ‘Alugoro’ ini berhasil melewati tahap uji coba Nominal Diving Depth di laut utara Bali, pada hari Selasa 21 Januari. Kapal selam tersebut adalah yang pertama yang berhasil terakit di Indonesia.

Alugoro sukses menyelam sampai kedalaman 250m pada tahap uji NDD. NDD adalah salah satu bagian dari 53 item SAT (Sea Acceptance Test).

Keberhasilan dari pembangunan Alugoro menjadikan negara Indonesia adalah negara di kawasan Asia Tenggara satu-satunya yang bisa bangun kapal selam.

Asal usul nama Alugoro ini adalah dari cerita wayang di mana Alugoro adalah senjata yang berbentuk gada, dan pemiliknya adalah Prabu Baladewa. Prabu Baladewa adalah tokoh wayang dengan karakter yang adil, jujur, dan tegas.

“Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect,” dikutip dari keterangan resmi oleh PT PAL, hari Rabu 22 Januari.

Alugoro ini adalah kapal selam ke-3 yang telah berhasil PT PAL buat dengan kerja sama Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering dari Korea Selatan.

Kedua perusahaan sebelumnya sempat merakit kapal selam KRI Nagabanda di 2017 & KRI Ardadedali, 2018. Ketiga kapal selam adalah kapal batch pertama dari kerja sama kedua perusahaan. Tetapi, dua kapal tersebut belum dirakit di sini.

Tahap NDD Alugoro diawasi oleh Laksamana Rachmad Hartoyo (Kadislakmatal), Laksma Listiyanti (Project Officer Kemhan), SU Joon Yoo (Executive Vice President DSME), dan Budiman Saleh (Dirut PT PAL).

Satriyo Bintoro sebagai Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL bertutur atas keberhasilan dari tahapan NDD yang jadi acuan proses pembangunan Alugoro telah mencapai 90%.

PT PAL menyampaikan peresmian dan peluncuran nama dari Kapal Selam Alugoro yang diselenggarakan di Dermaga Kapal Selam PT PAL, di Surabaya, 11 April. Kemudian Alugoro mengikuti proses uji coba seperti SAT dan Harbour Acceptance Test.

PT PAL akan bersedia untuk menyerahkan Alugoro pada Kemenhan supaya digunakan TNI AL Desember 2020.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending