Jaksa KPK tuntut penyuap Dirut PTPN III 2 tahun penjara
Connect with us

Berita

Jaksa KPK tuntut penyuap Dirut PTPN III 2 tahun penjara

Avatar

Published

on

Pixabay

Jaksa KPK telah menuntut Pieko Njotosetiadi selama 2 tahun penjara karena terbukti sudah menyuap Dirut PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, Dolly Parlagutan Pulungan, dengan nilai Rp3,55 miliar perihal pembelian gula kristal putih.

“Menyatakan, terdakwa Pieko Njotosetiadi terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana selama 2 tahun da pidana denda sebesar Rp250 juta subsider 6 bulan kurungan,” tegas JPU KPK, Subari Kurniawan, saat di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), di Jakarta, hari Rabu.

Tuntutan ini didasari dakwaan alternatif kedua pasal 5 ayat 1 huruf b UU No. 31 th. 1999 yang diubah menjadi UU no. 20 tahun 2001 perihal Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Hal yang memberatkan, terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dan masyarakat yang sedang giat-giatnya memberantas korupsi khususnya pada sektor pangan sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Hal yang meringankan, terdakwa berlaku sopan, belum pernah dihukum, menyesali perbuatan dan sering sakit serta lanjut usia,” ungkap Jaksa Penuntut Umum.

Dalam kasus ini Pieko sebagai Direktur Utama PT Fajar Mulia Transindo dan juga sebagai Penasihat di PT Citra Gemini Mulia yang terbukti telah memberikan sejumlah uang yang besar sebanyak 345 ribu dolar Singapura atau setara dengan Rp3,55 miliar ke Dolly Parlagutan Pulungan sebagai Dirut PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Persero, melalui Direktur Pemasaran PT PTPN III, I Kadek Kertha Laksana.

Pemberian uang suap ini penyebabnya karena Kadek dan Dolly sudah memberikan LTC (Long Term Contract). Kontrak jangka panjang tersebut mewajibkan pembelian gula lewat ikatan perjanjian dengan PTPN III dengan harga yang ditentukan setiap bulannya sesuai dengan jumlah beli. Kontrak ini juga mencegah adanya permainan dari pembelian gula yang saat harga gula rendah dan tidak membeli saat harga tinggi.

Rapat Dewan Direksi yang dipimpin Dolly, setuju dengan LTC itu dengan strategi di sektor pemasaran yang dikoordinirkan PTPN III dengan gula sebagai produk utamanya.

Dari seluruh syarat sistem jual LTC, hanya perusahaan milik Pieko yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan karena perusahaan lain merasa keberatan atas syarat yang dibuat PT PTPN III terutama syarat pembelian dan pembayaran DP sebesar 40% dari harga gula.

SUMBER: Antara

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Petugas Damkar evakuasi ular sanca 3 meter

Avatar

Published

on

Pixabay
Tim Damkar wilayah Cipete telah mengevakuasi satu ekor ular jenis sanca yang melilitkan diri di lampu penerang jalan, Jalan Nangka, Cipete Utara, Jakarta Selatan, pada hari Jumat 17 Januari.
Menurut Purnomo, salah seorang dari tim Damkar dari Sektor II Kebayoran Baru, ular sanca dengan panjang mencapai tiga meter itu ada di tiang setinggi 25 meter.
Agar bisa menjangkau ular tersebut, petugas Damkar harus memanjat tiang lampunya.
“Kendala tinggi dan ditarik susah karena ular melilit di tiang,” ucap Purnomo saat diminta konfirmasi, dilansir Tribun Jakarta.
Ada tujuh orang personel yang kemudian dikerahkan pada kejadian ini. Sementara dikabarkan ular tersebut sempat melawan para petugas saat akan ditangkap.
“Sebelumnya sudah diakalin sama warga tapi enggak bisa,” lanjutnya.
Diduga, ular tersebut berasal dari kebun yang kosong yang berada di sebelah tiang lampu tersebut.
Warga kemudian diimbau agar segera melapor pada petugas bila menemukan lagi ular di daerah rumah.
“Di wilayah Cipete Utara memang sering (evakuasi ular). Pada saat banjir kemarin saja, laporan keberadaan ular bisa tiga kali dalam sehari,” jelas Purnomo.
SUMBER: Kompas

Continue Reading

Berita

Ini sumber kekayaan Keraton Agung Sejagat

Avatar

Published

on

Pixabay
Ratu dan Raja dari Keraton Agung Sejagat telah mengantongi dana tabungan sebanyak Rp1 miliar di 10 di bank.
Meskipun keraton ini didirikan oleh sang Raja dengan nama asli Toto Santoso, sistem keuangan dipegang langsung oleh Fanni Aminadia, sang Ratu.
Hingga saat ini pihak kepolisian masih menghitung berapa jumlah dana yang sudah masuk pada 10 tabungan tersebut.
Polisi juga telah menyebutkan hasil dari pemeriksaan yang sekarang diketahui dari pengikut Keraton Agung Sejagat yang pernah menyerahkan dana sebanyak Rp110 juta pada Toto dan Fanni.
Para pengikut dijanjikan akan menjabat di jabatan tinggi sesuai dengan dana yang disetor pada ratu dan raja.
“Apabila nominal tiket masuknya semakin besar atau tinggi, maka anggota tersebut akan diberikan jabatan yang tinggi dalam KAS,” ujar Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, Kabid Humas Polda Jateng, hari Kamis (16/1).
Toto bercerita kepada penyidik bahwa iya sedang mencari sebanyak 13 menteri dari ratusan pengikutnya.
“Nanti itu, dia ingin menunjuk Resi (menteri) bagian ekonomi, militer, politik, budaya dan sosial. Bawahan dari Resi ada yang disebut Bhre (Gubernur). Kemudian bawahannya lagi adalah Bekel (Lurah),” jelasnya.
Lewat organisasi Jogja Development Commitee (Jogja DEC), Toto Santoso pernah juga menjanjikan uang sebanyak USD 100 sampai 200 per bulan pada para anggotanya.
Uang ini ia klaim berasal dari salah satu Bank di negara Swiss yang telah menyimpan Esa Monetary Fund dengan jumlah yang tak terbatas.
SUMBER: Kompas

Continue Reading

Berita

Selain masalah sperma, ini penyebab lain pria susah punya anak

Avatar

Published

on

Untuk memiliki keturunan adalah salah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Sementara, menurut data dari World Health Organization (WHO) dalam penelitiannya mengatakan bahwa satu dari dua pasangan yang ada di negara berkembang memiliki masalah pada infertilitas, khususnya pasangan yang ada di Indonesia.

Menurut studi hasil dari American Society for Reproductive Medicine, didefinisikan bahwa infertilitas bisa diartikan dengan sebuah kegagalan untuk mengandung setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa pengaman yang dilakukan selama 12 bulan atau mungkin lebih.

Dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang memiliki kekayaan yang besar beserta gaya hidupnya dengan signifikan sudah memunculkan sejumlah masalah baru yang bisa mempengaruhi infertilitas. Seperti halnya masalah usia, kebiasaan dalam merokok, dan berat badan.

Selama ini stigma yang berkembang di pandangan masyarakat adalah jika wanita sebagai penyebab utama dari faktor infertilitas. Ini dikatakan oleh Ahli fertilitas Eeson Sinthamoney, dari Sunfert International Fertility Centre, Kuala Lumpur, karena menurutnya padahal kedua pihak pasangan memiliki potensi dari masalah fertilitas. “Penemuan kami hampir 40% pasangan disebabkan oleh kedua pihak bukan salah satu, dan hal tersebut cukup umum,” ujar Eeson, setelah ditemui pada sebuah acara program “Harapan Dua Garis” di Malaysia Healthcare Travel Council yang digelar di Jakarta, Rabu (15/1).

Berikut adalah faktor infertilitas pada pria:

  1. Masalah sperma

Terdapat masalah pada jumlah, normalitas atau mobilitas sperma. Menurut Eeson, kualitas atau jumlah sperma yang rendah ditemukan pada pria dengan persentasi 40% hingga 50% pasangan. Kondisi sperma pun berpengaruh, apakah tidak sehat atau sehat. Maka, Eeson menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau ahli.

2. Kesulitan ereksi

Disejumlah kasus, beberapa pasangan yang telah mengerti konsep hubungan seksual dengan benar, tetapi masih sulit untuk dikerjakan. Akibatnya salah satu pasangan tidak bisa memuaskan pasangannya karena mengaku mengalami kesulitan. Kondisi ini disebut dengan istilah disfungsi seksual untuk pria ejakulasi dini atau kesulitan mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Kalau tidak segera diobati malah akan menyebabkan infertilitas.

3. Gaya hidup

Pria yang memiliki kebiasaan merokok dan meminum minuman keras, menurut Eeson, memiliki potensi untuk memiliki masalah infertilitas, karena efek dari kebiasaan buruk ini akan langsung memengaruhi kondisi si sperma. “Selain rokok juga soal berat badan, jika Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, Anda harus mencoba dan mencapai berat badan yang sehat gaar terhindar dari infertilitas,” jelasnya.

SUMBER: Tempo

Continue Reading

Trending