Survey: Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan 3 e-wallet
Connect with us

Berita

Hasil survei mayoritas masyarakat Indonesia minimal gunakan 3 e-wallet

Avatar

Published

on

Pixabay

Ipsos Indonesia telah mencatat pembayaran digital yang tumbuh dengan pesat di masyarakat Indonesia selama tahun 2019. Hal tersebut terungkap dari keluarnya hasil survei yang dilakukan oleh Ipsos Indonesia mengenai riset kebiasaan penduduk Indonesia terhadap penggunaan alat bayar digital.

“Di mana menurut data dari Bank Indonesia, selama tahun 2019 saja telah terjadi 4,7 juta jumlah transaksi cashless, dan Rp 128 triliun volume transaksi cashless di Indonesia, sehingga evolusi pembayaran sudah terjadi dengan pesatnya,” kata Soeprapto Tan sebagai Managing Director Ipsos Indonesia saat berbicara di acara Ipsos Marketing Summit 2020: Indonesia The Next Cashless Society, yang diselenggarakan di Pullman Central Park, Jakarta, hari Rabu 15 Januari.

Hal ini dipengaruhi dengan hadirnya digitalisasi dan teknologi di Indonesia, yang mampu merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dalam hal menggunakan alat pembayaran.

Survei ini dilakukan kepada 1.000 responden. Responden tersebut diambil dari masyarakat yang bermukim di pulau Jawa sebanyak 66%, pulau Sumatera sebanyak 21%, pulau Kalimantan sebanyak 6%, Sulawesi sebanyak 4%, pulau Bali sebanyak 4% dan Nusa Tenggara sebanyak 1%. Dari hasil tersbeut muncul beberapa fakta yang menarik. Sebanyak 25% dari responden menggunakan pembayaran digital dikarenakan dengan membayar digital, memberikan mereka pengalaman yang menyenangkan. Sedangkan 26% merasa aman, yakin, dan nyaman.

Lewat studi the Nextless Cashless Society memberikan penjelasan bahwa konsumen menggunakan lebih dari satu dompet digital atau e-wallet, rasionya 21%. dan 28% menggunakan dua e-wallet, sementara 47% menggunakan 3 e-wallet atau lebih, dan yang paling banyak digunakan adalah Gopay dan OVO.

Penelitian ini pun mengungkapkan soal pola dari kebiasaan masyarakat saat menggunakan kartu non tunai, yaitu e-money. Flazz adalah kartu yang sangat sering digunakan untuk bertransaksi. Sebanyak 47% memiliki sebanyak satu kartu, 30% memiliki dua, dan 23% nya memiliki tiga/lebih kartu non tunai.

Penggunaan ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk aktifitas keuangan seperti pembayaran tagihan listrik, belanja, membayar saat makan di restoran, pembayaran alat transportasi, tiket bioskop, dan layanan digital lainnya.

SUMBER: Merdeka

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cup

Prediksi Madura United vs Persija: Pertandingan Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 – 17 Februari 2020 – Live Streaming Link

Avatar

Published

on

Prediksi Madura United vs Persija: Pertandingan Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 - 17 Februari 2020 - Live Streaming Link

Prediksi Madura United vs Persija: Pertandingan Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 – Senin, 17 Februari 2020 – Live Streaming Siaran Langsung Piala Gubernur Jatim. Tonton Langsung Piala Gubernur Jatim 2020. Link Live Streaming Madura United. Link Free Live Streaming Persija

 

Piala Gubernur Jatim 2020 (Semifinal)
Senin, 17 Februari 2020 Pukul 18:30 WIB
Madura United vs Persija
Link Live Streaming Gratis

 

Madura United

Laskar Sape Kerrab, julukan Madura United, akhirnya berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah berhasil menempati posisi kedua di babak penyisihan Grup A di bawah Persebaya Surabaya.

Di babak semifinal ini, Greg Nwokolo dkk. harus bertarung menghadapi tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta yang berhasil menjadi juara di Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Madura United kemungkinan tidak akan turun dengan kekuatan penuh, karena ada dua pemain yang harus istirahat karena cedera yaitu Gelandang Zulfiandi dan Samuel Simanjuntak.

Sedangkan Asep Berlian dan Fachruddin juga dipastikan tidak akan tampil karena sedang menjalani pemusatan latihan dengan timnas senior.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, merasa bahwa menghadapi Persija Jakarta adalah tantangan yang cukup berat bagi para pemainnya.

“Saya rasa ini sangat bagus untuk betul-betul menguji kemampuan tim kami menjelang kompetisi. Ini jadi tantangan buat kami,” ujar Rahmad Darmawan.

Dalam 5 pertandingan terakhir melawan tim asal Ibukota Jakarta ini, Madura United sendiri masih unggul dengan meraih 2 kali kemenangan dan 2 kali seri. Sedangkan Persija hanya berhasil memetik 1 kali kemenangan.

 

Persija

Keberhasilan Persija memasuki babak semifina, meninggalkan catatan yang cemerlang. Skuat Macan Kemayoran ini memeiliki catatan tidak pernah terkalahkan di fase babak penyisihan grup.

Sergio Fargas sendiri mengatakan cukup puas dengan performa Riko Simanjuntak dan kawan-kawan.

Menghadapi Madura United di pertandingan semifinal nanti, Sergio Faras tetap menginstruksikan anak buahnya untuk tidak terlena dan bermain lebih baik lagi.

“Kami sudah lakukan analisis setiap pertandingan. Saya sudah melihat permainan Madura United. Yang jelas, Persija juga tim besar dengan materi pemain bagus. Jadi, kami yang akan menekan lawan,” Kata Fargas dengan nada optimis seperti yang dikutip dari laman resmi Persija.

Keunggulan permainan Persija Jakarta berada pada kekuatan skill individu para pemain dan pressure ketat setiap kehilangan bola.

Dengan mengandalkan strategi ini, Sergio Fargas berharap akan bisa menekan permainan Madura United yang juga dihuni oleh pemain-pemain hebat.

 

 

Head to Head Madura United vs Persija:

[16 Agustus 2019] Madura United 2-2 Persija
[14 Oktober 2018] Madura United 0-1 Persija
[12 Mei 2018] Persija 0-2 Madura United
[21 Agustus 2017] Madura United 1-1 Persija
[4 Mei 2017] Persija 0-1 Madura United

 

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-4-3):
Muhammad Ridho Djazulie; Marcko Meraudje, Jaimerson Xavier, Kadek Raditya, Andik Rendika Rama; Syahrian Abimanyu, Brian Ferreira, Zah Rahan Krangar; Haris Tuharea, Beto Goncalves, Emmanuel Oti

Persija Jakarta (4-3-3):
Shahar Ginanjar; Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa; Tony Sucipto, Rohit Chand, Evan Dimas; Riko Simanjutak, Marko Simic, Novri Setiawan

 

Saksikan Siaran Langsung Madura United vs Persija

Senin, 17 Februari 2020 Pukul 18:30 WIB

 

Continue Reading

Arema FC

Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Avatar

Published

on

Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Penentuan Jadwal Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020: Persebaya vs Arema, Persija vs Madura United

Pertandingan babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 sangat menarik untuk diikuti.

Sesuai jadwal, pertandingan akan dimulai pada hari Senin (17/2/2020) sore di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Di semifinal nanti, Persebaya yang berhasil menjuarai Grup A akan beradu dengan Arema FC yang menduduki peringkat kedua Grup B. Sedangkan Persija akan menghadapi Madura United.

 

Jadwal Persebaya vs Arema dirubah

Menurut kabar terbaru, dipastikan bahwa pertandingan antara Persebaya vs Arema FC tidak akan dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan Malang. Laga akan dipindahkan di Stadion Soeprijadi, Blitar, dengan alasan keamanan.

Jadwal pertandingan juga akan dirubah, yang semula akan berlangsung pada hari senin, diundur menjadi hari Selasa.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Dirintelkam Polda Jatim Kombespol Slamet Hariyadi yang dikutip dari laman resmi Persebaya.

“Kami sudah melakukan pengecekan lewat cyber patrol, dan ternyata situasinya tidak kondusif bila laga berlangsung di Malang,” ujarnya.

Bisa dipastikan pula kalau laga ini akan berjalan tanpa penonton. Keputusan ini diambil untuk keamanan kedua belah pihak suporter.

Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat koordinasi antara kepolisian beserta Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur.

 

Continue Reading

Bulu Tangkis

Indonesia Juara! Hasil Final Kejuaraan Badminton Asia Team Champioships 2020: Indonesia 3-1 Malaysia

Avatar

Published

on

Indonesia Juara! Hasil Final Kejuaraan Badminton Asia Team Champioships 2020: Indonesia vs Malaysia

Hasil Final Kejuaran Badminton Asia Team Championships 2020 di Filipina. Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia di final dengan skor akhir 3-1.

 

Tim Badminton Indonesia yang mengikuti ajang Badminton Asia Team Championsips 2020 di Manila, Filipina membawa berita gembira ke Tanah Air dengan berhasil membawa pulang titel Juara dari ajang bergengsi ini.

Keberhasilan tim Indonesia dalam menjuarai gelaran Badminton Asia Team Championsip 2020 terjadi setelah dipartai final mereka berhasil mengalahkan tim Malaysia dengan skor alhir 3-1.

Gelar juara yang yang diraih Indonesia ini merupakan gelar ketiga yang berhasil diraih secara beruntun. Sebelumnya, Indonesia berhasil menjadi juara di tahun 2016 dan 2018.

Pada pertandingan Final, penampilan menawan dari pasangan baru ganda putra Mohammad Ahsan/Fajar Alfian yang berhasil mengalahkan pasangan dari Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

 

Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian berhasil mengalahkan tim ganda putra Malaysia dengan skor 3-1 (sumber: akurat.co)

 

Mereka berhasil menundukkan pasangan Malaysia dengan skor 21-18, 21-17. Kemenangan di game keempat ini berhasil memastikan skor akhir 3-1 untuk tim Indonesia dan sekaligus berhasil menjuarai Badminton Asia Team Champioships 2020.

Mohammad Ahsan/Fajar Alfian sebenarnya baru memulai debut mereka sebagai pasangan ganda putra di ajang internasional. Namun, mereka bisa menunjukkan kekompakan dan koordinasi tim yang baik.

Terbukti pada saat melawan pasangan ganda putra tim Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi mereka berhasil menekan sejak set pertama dan menguasai jalannya permainan.

Meskipun terlihat cukup kesulitan diakhir set pertama, debutan baru tersebut akhirnya berhasil menutup set pertama dengan skor 21-18

Pada set kedua, sempat terjadi perlawanan sengit dari tim Malaysia. Tim lawan mampu menempel ketat poin dari Ahsan/Fajar.

Namun, terlihat sekali bahwa skill yang dimiliki Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian masih belum bisa diimbangi oleh pasangan Malaysia, sehingga set kedua ini berhasil diakhiri dengan mulus oleh pasangan dari Indonesia dengan skor 21-17.

Keberhasilan tim ganda putra tersebut memastikan gelar juara bagi Tim Merah Putih untuk yang ketiga kalinya diajang ini.

Continue Reading

Trending