Pulang sekolah lebih awal karena banjir, 9 siswi pesta miras
Connect with us

Pendidikan

Pulang sekolah lebih awal lantaran banjir, 9 siswi SMP Karawang pesta miras

Avatar

Published

on

Pixabay

Video yang sedang viral memperlihatkan sebanyak sembilan siswi SMPN 1 Cilebar, Karawang tengah berpesta miras. Pada video yang viral tersebut terlihat siswi-siswi SMPN 1 Cilebar masih memakai seragam sekolahnya. Pihak sekolah pun sudah mengakui bahwa siswa yang ada di video tersebut adalah anak didiknya.

Kusnaedi, Kepsek SMPN 1 Cilebar menerangkan sejumlah siswi di video tersebut adalah siswi kelas IX. Video yang direkam oleh salah satunya mengunggah ke media sosial pada Jumat lalu.

“Benar itu siswi sekolah kami, semuanya tujuh orang siswi kelas IX,” kata Kusnaedi, hari Rabu 15 Januari.

Ia pun menjelaskan bahwa kejadian itu terjadi pada saat sekolah yang terkena banjir dan siswa dipulangkan lebih cepat dari jam semestinya.

“Pengambil gambar dan upload ke media sosial masih teman satu kelas,” jelas Kusnaedi.

Pihak sekolah tidak akan memberikan sanksi yang berat melainkan hanya sanksi pembinaan saja, karena kasus ini adalah kenakalan di masa remaja dan masih bisa diperbaiki dan dibina oleh pihak sekolah. Orang tua dari ketujuh siswi pun diminta agar mengikuti pembinaan.

“Pihak sekolah memberikan sanksi pembinaan, untuk tidak melakukan hal sama di kemudian hari,” ujarnya.

SUMBER: Merdeka

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Pemerintah diharapkan dukung masyarakat adat untuk jaga hutan

Avatar

Published

on

Pemerintah diharapkan untuk terus bisa mendukung dengan cara melibatkan para kelompok masyarakat adat juga lokal untuk berjuang menjaga lahan dan hutan, tegas Dahniar Adriani selaku Koordinator Eksekutif Perkumpulan HuMa Indonesia.

“Ketika pemerintah meyakini hanya mereka yang bisa menjaga hutan, sebenarnya di seluruh pelosok negeri ini juga banyak komunitas masyarakat adat atau lokal yang sudah mempraktikkan itu,” ujarnya di dalam acara konferensi pers, Jakarta, hari Kamis.

Katanya, meskipun pemerintah telah memulai pergerakan dengan langkah pengadaan dana desa, tetapi dari semua ini perlu juga adanya dukungan, khususnya dari masyarakat adat, guna mengurangi perselisihan agraria yang masih sering terjadi sampai kini.

Berdasarkan data yang didapat oleh HuMa, per Desember 2019 sudah terjadi perselisihan sumber daya alam dan agraria sebanyak 346 kasus pada 166 kota dan kabupaten, juga pada 32 provinsi.

Perselisihan ini sudah meliatkan wilayah seluas 2.322.699,325 hektare dan korban jiwa masyarakat adat sebanyak 1.164.174 jiwa. Perselisihan atas kebun sendiri adalah kasus yang menempati tempat paling atas sebab ada 161 kasus.

Maka itu, HuMa meminta pemerintah selain mendukung dari segi investasi, dukungan juga bisa dimulai dengan menguatkan seluruh masyarakat dari akar karena mereka yang lebih mengetahui tentang kebutuhan mereka.

Menurutnya, pemerintah sudah seharusnya mulai menyadari bahwa peningkatan dalam investasi harus berjalan saling beriringan dengan kesadaran. Menyadari bahwa ada keperluan dalam merancang kebiajakn dan program yang sesuai dengan kebutuhan seluruh masyarakat.

Dengan mengambil contoh dari bagaimana masyarakat adat dari Karampuang, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, yang telah berhasil untuk mendorong pemerintah lokal agar mengoptimalkan terhadap pemanfaatan Dana Desa yang diperuntukan pelestarian wilayah adat.

“Masyarakat yang paling tahu apa yang mereka butuhkan dan bagaimana cara mengalokasikan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pemerintah hanya perlu membuka kesempatan untuk mendengat dan mendampingi masyarakat dalam menysun perencanaan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan konflik,” kata Dahniar.

 

SUMBER: Antara

Continue Reading

Ekonomi

Menristek berharap Apple Developer Academy hadir di Ibu Kota Baru

Avatar

Published

on

Dailysocial.id

Menristek (Menteri Riset Teknologi) dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro tengah mengusulkan supaya Apple Developer Academy untuk hadir di pelatihan di wilayah ibu kota baru Indonesia, Kalimantan Timur.

Ini guna memenuhi kebutuhan SDM agar bisa menguasai industri 4.0 atau era ekonomi digital ini.

“Mereka kan tidak hanya di Kabupaten Tangerang, tapi ada di beberapa daerah seperti Surabaya dan Batam. Kami harap pihak Apple dapat membuka kembali di kota-kota lainnya, (termasuk) salah satunya di ibu kota yang baru nanti, yakni Kalimantan,” katanya saat berada di acara kelulusan Mahasiswa Apple Developer Academy, BSD, Tangerang, hari Selasa.

Berkaca dari negara Brazil yang terdapat 10 Apple Developer Academy, Bambang berusul agar Apple membuka akademinya di kota besar di Indonesia di berbagai pulau dan provinsinya. Dengan begitu, ahli ekonomi digital dan TIK akan merata di seluruh Indonesia.

“Target kita di tahun ini untuk menjadi negara yang memiliki kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN bisa terwujud. Terlebih di 2025 nanti, untuk mendapatkan nilai market size ekonomi digital Indonesia sebesar seratus miliar dollar Amerika, bisa terwujud,” ujar Bambang.

Bambang pun memiliki penilaian atas Apple Academy yang membantu pemerintah negara Indonesia dalam membentuk SDM yang siap turun ke lapangan, tidak hanya dalam teori namun juga praktik di lapangan.

“Mereka yang lahir dari sini, tentu sudah siap berkarya di lapangan karena di sini mereka diminta untuk bisa berinovasi dan tidak hanya menelan mentah-mentah teori. Kami harap juga, seluruh lembaga pelatihan ataupun pendidikan lainnya juga sama,” tuturnya.

SUMBER: Liputan6

Continue Reading

Berita

Gandeng Netflix, Nadiem: waktunya Pancasila jadi cool lagi

Avatar

Published

on

Pixabay

Kemendikbud kini bekerja sama dengan Netflix, layanan penyedia streaming, untuk mengembangkan SDM Indonesia di bidang perfilman. Salah satu rencananya ialah dari lomba film pendek yang bertema tentang asas-asas Pancasila.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menuturkan bahwa kerja sama ini diharapkan bisa membuat Pancasila semakin dipahami melebihi dari menghafal saja, hingga esensinya pun bisa diterapkan ke dalam kehidupan. “Sudah waktunya Pancasila jadi cool lagi,” katanya ketika ditemui di Kemendikbud, Jakarta hari Kamis.

Nadiem ingin mengajak kepada para sineas untuk interpretasi asas-asas Pancasila ke dalam kompetisi film pendek, dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah USD 600.000. Netflix dan Kemendikbud pun bekerja untuk mengadakan pelatihan penulisan skenario di Hollywood, dan lokakarya yang di Jakarta, juga pelatihan keamanan online dan tata kelola untuk menghadapi pertumbuhan industri kreatif Indonesia yang dinamis.

Ia menegaskan bahwa kemitraan ini adalah sebuah langkah pertama dari programnya, yaitu kebudayaan inovatif. Dengan tujuan untuk menampilkan kehebatan SDM Indonesia. Dikabarkan bahwa Netflix mengucurkan investasinya sebesar USD 1.000.000 atau setara dengan RP14 miliar.

Hilmar Faris selaku Dirjen kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa kerja sama ini akan berlangsung selama sepanjang tahun 2020, tetapi bisa saja berlanjut sampai tahun 2021 jika prosesnya memakan waktu banyak.

Para penulis skenario yang menang dan terpilih untuk dibawa ke Hollywood akan diberangkatkan di bulan Maret tahun ini. Di sana mereka akan bertemu tim kreatif dari Netflix dan diberi pelatihan tentang cara membuat konten lokal yang menarik untuk penonton dunia.

SUMBER: Republika

Continue Reading

Trending