Bayi ditahan RS karena Ortu tak bisa bayar taghan Rp34 juta, jika tidak diadopsi orang lain • Malang Post News
Connect with us

Berita

Bayi ditahan RS karena Ortu tak bisa bayar taghan Rp34 juta, jika tidak diadopsi orang lain

Avatar

Published

on

Pixabay

Bayi dari pasangan Yularmi Kurniati dan Febrianto dari kota Prabumulih, Sumsel ditahan pihak rumah sakit yang berada di kota tersebut karena mereka tidak bisa melunasi tagihan persalinan sebesar Rp 34 juta.

Biaya tersebut sudah termasuk biaya penanganan bayi prematur.

Ayah bayi, Febrianto, disebutkan bahwa bayi mereka telah ditahan selama 3 bulan paska lahiran oleh pihak RS Fadhilah.

Pekerjaannya sebagai tukang bangunan tidak cukup untuk melunasi tagihan perawatan dan persalinan bayi mereka yang lahir prematur.

“Saya hanya tukang bangunan pak, tidak mampu mencari uang sebanyak itu untuk membayar tagihan rumah sakit,” tuturnya saat ditemui Tribun di rumahnya, Kel. Muara dua, Kec. Prabumulih Timur, pada hari Senin.

Rumah sakit memberikan tenggat waktu untuk pembayarannya hingga 17 Januari, jika tidak, bayi akan diadopsi oleh orang lain.

Penjelasan Febrianto, beberapa pihak telah ikut membantu beri donasi yang sekarang sisanya yang perlu dibayar sebesar Rp17 juta.

“Saya sudah menemui keluarga, saya sudah minta bantuan pada pemerintah dan sudah dibantu, namun belum cukup,” jelasnya.

Febrianto mengkhawatirkan soal tenggat waktu yang diberikan rumah sakit hanya beberapa hari lagi tersisa.

Hak bayi akan dipegang oleh pihak rumah sakit jika Febrianto tidak kunjung melunasi tagihannya tersebut. RS Fadhilah akan mencarikan orang yang sedia untuk mengadopsi anak mereka.

“Yang saya khawatirkan adalah jika nanti lewat tanggal 17 Januari, dan saya tidak mampu melunasi sisa tagihan yang Rp17 juta itu maka terpaksa hak untuk mencarikan orang yang hendak mengadopsi ada pada pihak rumah sakit atau dengan kata lain hak penguasaan anak saya jatuh pada pihak rumah sakit,” jelas Febrianto.

Ia juga menjelaskan bahwa bayinya saat lahir adalah bayi kembar yang ia beri nama Delfi dan Delfa. Tetapi, Delfi meninggal setelah 3 hari paska ia dilahirkan.

Febrianto dan istrinya kini berharap akan ada yang bisa membantu mereka untuk melunasi sisa tagihan agar anak satu-satunya bisa kembali.

“Delfa tinggal satu-satunya anak kami, sebab anak pertama kami meninggal dunia dan kembaran Delfa, Delfi, meninggal duluan,” tuturnya.

SUMBER: Tribun

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Alugoro, kapal selam pertama buatan Indonesia lolos uji coba

Avatar

Published

on

Pixabay

Kapal Selam yang dibuat oleh PT PAL Indonesia (persero) yang dijuluki ‘Alugoro’ ini berhasil melewati tahap uji coba Nominal Diving Depth di laut utara Bali, pada hari Selasa 21 Januari. Kapal selam tersebut adalah yang pertama yang berhasil terakit di Indonesia.

Alugoro sukses menyelam sampai kedalaman 250m pada tahap uji NDD. NDD adalah salah satu bagian dari 53 item SAT (Sea Acceptance Test).

Keberhasilan dari pembangunan Alugoro menjadikan negara Indonesia adalah negara di kawasan Asia Tenggara satu-satunya yang bisa bangun kapal selam.

Asal usul nama Alugoro ini adalah dari cerita wayang di mana Alugoro adalah senjata yang berbentuk gada, dan pemiliknya adalah Prabu Baladewa. Prabu Baladewa adalah tokoh wayang dengan karakter yang adil, jujur, dan tegas.

“Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect,” dikutip dari keterangan resmi oleh PT PAL, hari Rabu 22 Januari.

Alugoro ini adalah kapal selam ke-3 yang telah berhasil PT PAL buat dengan kerja sama Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering dari Korea Selatan.

Kedua perusahaan sebelumnya sempat merakit kapal selam KRI Nagabanda di 2017 & KRI Ardadedali, 2018. Ketiga kapal selam adalah kapal batch pertama dari kerja sama kedua perusahaan. Tetapi, dua kapal tersebut belum dirakit di sini.

Tahap NDD Alugoro diawasi oleh Laksamana Rachmad Hartoyo (Kadislakmatal), Laksma Listiyanti (Project Officer Kemhan), SU Joon Yoo (Executive Vice President DSME), dan Budiman Saleh (Dirut PT PAL).

Satriyo Bintoro sebagai Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL bertutur atas keberhasilan dari tahapan NDD yang jadi acuan proses pembangunan Alugoro telah mencapai 90%.

PT PAL menyampaikan peresmian dan peluncuran nama dari Kapal Selam Alugoro yang diselenggarakan di Dermaga Kapal Selam PT PAL, di Surabaya, 11 April. Kemudian Alugoro mengikuti proses uji coba seperti SAT dan Harbour Acceptance Test.

PT PAL akan bersedia untuk menyerahkan Alugoro pada Kemenhan supaya digunakan TNI AL Desember 2020.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

5 orang tewas akibat banjir air panas di Rusia

Avatar

Published

on

donaldsweblog

Pipa air pemanas dari sebuah hotel kecil yang berada di Rusia meledak sampai membanjiri kamar-kamar hotel dan akibatnya 5 orang meninggal dunia dan enam orang terluka. Peristiwa ini terjadi di hari Senin, 21 Januari.

Lokasi hotel yang berada di pusat kota Perm tersebut posisinya ada di lantai bawah dari bangunan tempat tinggal warga.

Diketahui bahwa hotel tersebut tidak memiliki jendela dan memiliki satu pintu darurat saja.

Pejabat setempat berkata seluruh korban termasuk anak kecil adalah tamu dari hotel yang hanya memiliki sebanyak sembilan kamar itu. Tiga orang korban dilaporkan menderita luka bakar yang serius karena kejadian ini.

Igor Goncharov, Pejabat Menteri Keamanan Regional berkata bahwa lima jasad sudah ditemukan dan tiga korban lain menderita luka-luka. Semuanya adalah tamu dari hotel tersebut.

“Diketahui bangunan yang memiliki sembilan kamar di bawah tanah banjir. Semua layanan darurat dengan cepat tiba di tempat kejadian,” ujar Goncharov.

Pihak kepolisian Rusia kini telah membuka untuk penyelidikan atas tragedi itu.

Dilansir dari CTV News, ledakan pipa itu berimbas ke 20 bangunan lain termasuk sekolah dan rumah sakit. Pihak yang berwenang berkata ledakan pipa air panas ini membuat pasokan air untuk musim dingin terhenti.

Oleg Melnichenko, anggota parlemen Rusia berkata bahwa peristiwa ini mendorongnya untuk lebih mempertimbangkan pelarangan untuk mendirikan hostel atau hostel di bawah tanah di mana bangunan atasnya adalah tempat tinggal warga.

“Hotel atau tempat hunian yang disewakan tidak boleh berada di bawah tanah, di situ (bawah tanah) merupakan jalur jaringan pipa,” sebut Melnichenko, dikutip Euro News.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

Kemenhub umumkan tarif baru ojol pekan depan

Avatar

Published

on

Pixabay

Kemenhub segera memberi pengumuman perihal hitungan ulang tarif untuk ojek online. Ahmad Yani, Direktur Angkatan Jalan Kementerian Perhubungan mengumumkan hal ini setelah selesai dihitung, hasil akan segera diberikan pada Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan terlebih dahulu.

“Kalau deadline, kami sih maunya tidak terlalu lama. Jumat kami selesaikan, Senin kami akan sampaikan finalisasi misalnya,” ujar Ahmad Yani.

Ia menegaskan bahwa pada pekan depan akan diusahakan untuk menyelesaikan draf perhitungan. Terkait dengan rugi-untung dari perubahan ini, ia mengungkapkan bahwa jika tarif naik akan berdampak pada pesanan ojol.

Selain itu, ia menilai para pengguna juga akan keberatan.

“Sehingga kami minta pertimbangan YLKI, seperti apa masyarakat ini? Kalau diturunkan, ya saya belum pasti bisa turun. Bisa jadi tetap atau naik,” ungkapnya.

Ia pun melanjutkan jika para ojol untuk tidak menuntut penurunan dari presentasi. Para ojek online meminta agar perhitungan diulang dari awal.

Kenaikan UMR dan BPJS adalah faktor yang menjadi alasan ojek online meminta penyesuaian. Tetapi, pada satu sisi, harga bensin Pertalite turun.

“Ini menjadi dasar mengajukan kenaikan. Itu yang menjadi dasar mereka menyampaikan ke kamu dan dilakukan pembahasan ulang mengenai tarif,” papar Ahmad.

Ia mengaku bahwa selama ini sudah mengevaluasi di setiap bulannya. Supaya tarif yang akan diberikan benar dilakukan atau bahkan tidak.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending