Pria Indonesia dihukum atas pemerkosaan terbesar dalam sejarah Inggris
Connect with us

Kriminal

Pria Indonesia dihukum seumur hidup atas pemerkosaan ‘terbesar’ dalam sejarah Inggris

Avatar

Published

on

Pixabay

Seorang pria yang berasal dari Indonesia, Reynhard Sinaga, telah dikenakan hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Inggris di Manchester. Kasusnya ialah 159 pemerkosaan dan sexual abuse pada 48 pria yang sebagai korban. Kasus ini memiliki rentang waktu selama 2 tahun 6 bulan, yaitu dari 1 Januari tahun 2015 hingga 2 Juni tahun 2017.

Dari 159 kasus, ada 136 kasus pemerkosaan yang di mana korban telah diperkosa hingga berkali-kali.

Dalam putusan hakim Suzanne Goddard, Senin 6 Januari 2020 menyebut bahwa Reynhard “sama sekali tak menunjukkan rasa penyesalan” dan “tak peduli kondisi korban” saat melakukan aksi. Dilansir BBC Indonesia.

Semenjak awal persidangan, ia terus mengatakan hubungan seksualnya berdasarkan sama-sama suka.

Pada persidangan, Reynhard yang mengenakan sweater warna krem dan kemeja motif kotak-kotak tak bereaksi sama sekali saat dijatuhkannya hukuman.

Ia disebut telah melakukan tindak pemerkosaannya yang berlokasi di apartemen miliknya di pusat kota Manchester. Dengan segala cara yang ia lakukan, ia mengajak para korban untuk ke apartemennya lalu membius korban lewat racikan alkohol yang dicampur obat.

Beberapa korban telah diperkosa berkali-kali olehnya dan ia merekam aksinya dengan 2 hp miliknya. Satu untuk jarak jauh dan satu lagi untuk jarak dekat.

Pada sidang vonisnya, Simkin sebagai Jaksa Penuntut lain memapar dampak dari perkosaan yang sudah dialami oleh korban. Salah satu korbannya hadir di sidang tersebut.

Korbannya mengalami trauma berat dan sebagiannya telah ‘mencoba bunuh diri’ akibat dari tindakan ‘predator’  Reynhard. “Bila tidak ada ibuku, aku mungkin sudah melakukan bunuh diri,” kata Simkin mengutip dan mewakili salah satu korban.

Mabs Hussain sebagai pejabat Special Crime Unit, Kepolisian Manchester, menyebut pemerkosaan berantai ini ialah “kasus pemerkosaan terbesar di dalam sejarah hukum di Inggris”.

Ia berkata bukti telah menunjukkan kemungkinan para korban ini mencapai 190 korban termasuk 48 kasus yang sudah disidangkan lewat empat sidang yang terpisah pada Juni tahun 2018 hingga Desember tahun 2019.

 

SUMBER: Kompas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kriminal

KPK periksa RJ Lino

Avatar

Published

on

Komisi Pemberantasan Korupsi pada hari Kamis (23/1) tengah memeriksa eks Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost Lino atau RJ Lino dalam kasus pidana korupsi Quay Container Crane di perusahaan tersebut.

“Benar, hari ini penyidik KPK memanggil tersangka RJ Lino untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka,” ujar Plt Jubir KPK, Ali Fikri, Jakarta, hari Kamis 23 Januari.

RJ Lino tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta, sekiranya 10.00 WIB.

“Ini proses yang harus dihadapi ya. Saya akan hadapi,” komentar RJL soal pemeriksaannya.

Selain RJL, KPK pun memanggil satu orang saksi untuk tersangka RJL, yaitu Paulus Kokok Parwoko, Direktur Utama PT Jayatech Putra Perkasa.

RJL sampai sekarang belum ditahan oleh KPK meski sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 15 Desember 2015.

Ia ditetapkan oleh KPK menjadi tersangka lantaran diduga sudah memerintahkan pengadaan 3 QCC dengan cara menunjuk ke perusahaan HDHM langsung (PT Wuxi Hua Dong) yang berasal dari China sebagai perusahaan penyedia barang.

KPK bertutur bahwa pengadaan ini tidak disesuaikan oleh perusahaan dengan menyiapkan infrastruktur yang mendukung (pembangunan powerhouse), artinya pengadaan ini sangat memaksa dan ini adalah termasuk bentuk dalam penyalahgunaan wewenang sebagai Direktur Utama hanya untuk menguntungkan diri sendiri.

Dari hasil analisa yang dilakukan oleh ahli teknik ITB, estimasi biaya dengan melakukan perhitungan peningkatan kapasitas dari 40 jadi 61 ton, juga eskalasi biaya karena bedanya waktu bisa berpotensi merugikan terhadap keuangan negara sekiranya USD 3.625.922 atau setara dengan Rp50 miliar).

SUMBER: Antara

Continue Reading

Kriminal

Delapan resort di Bintan tercemar limbah minyak hitam

Avatar

Published

on

Pixabay

Sepanjang bulan Januari 2020 tercatat delapan buah resort yang ada di Bintan, Kep. Riau di mana pantainya tercemar oleh limbah minyak warna hitam. Resort tersebut adalah Club Med, Nirwana Lagoon, Lagoi Bay, Ria Bintan, Pantai Indah, Banyan Tree, Bintan Lagoon dan Sanchya Hotel.

Menurut General Manager dari PT Bintan Beach International Resort yang juga mengelola Lagoi, sampai saat ini terkumpul sebanyak 299 drum limbah minyak.

“Meningkat cukup signifikan jika dibanding 2019 yang mencapai 73 drum,” sebut Abdul Wahab.

Pencemaran limbah di Bintan tersebut adalah ‘penyakit tahunan’ yang menimpa Bintan, apalagi saat musim utara datang.

Limbah ini datang dari wilayah perairan perbatasan antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

“Limbah itu dibuang kapal tanker asing di wilayah OPL, kemudian dibawa arus perairan Bintan,” ujarnya,

Abdul kini berharap akan ada langkah yang konkret dari pemerintah untuk mengatasi masalah limbah ini karena dari masalah ini Bintan bisa tercoreng dari pandangan turis asing dengan sebutan kawasan wisata internasional.

Jika ada, pihaknya akan siap untuk mendukung wacana yang pemerintah berikan untuk menebar jaring sepanjang bibir pantai guna menahan limbah kotor tersebut.

“Kalau dampak kunjungan wisman memang belum ada, tapi kita perlu tunjukkan kepada turis bahwa limbah minyak itu bisa dibasmi atau paling tidak diminimalisasi,” tutur Wahab.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Kriminal

Kondisi drop, bayi korban pencabulan dibawa ke RS Tasikmalaya

Avatar

Published

on

Pixabay

Bayi dengan usia 16 bulan yang belakangan diduga jadi korban pencabulan oleh pria dewasa di Tasikmalaya, Jabar, dibawa orang tuanya ke RS karena kondisinya semakin drop. Keluarga korban didampingi oleh petugas dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Kab. Tasikmalaya.

Bayi perempuan tersebut telah menjalani pemeriksaan di RSU SMC Tasikmalaya karena tubuhnya memiliki suhu yang tinggi. “Kita konsultasi dengan dokter anak. Memang anak kondisinya makin kurang bagus. Dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui ada dan tidaknya infeksi di tubuh korban,” ujar Ato Rinanti, Ketua KPAID Kab. Tasikmalaya, pada hari Selasa 21 Januari.

Pihak dari RSU SMC Tasikmalaya memberikan kepastian bahwa mereka akan menyediakan ruang khusus perawatan untuk korban jika korban harus mendapatkan pengobatan secara intensif. “Kita utamakan pasien rujukan dari manapun, kalau misalnya ruangan penuh kita akan tawarkan agar pasien sementara di ruang IGD. Nah, termasuk pasien anak yang menurut informasi diduga menjadi korban kekerasan asusila,” ucap Iman Firmansyah, Direktur RSU SMC.

Keluarga dari bayi tersebut sudah melapor kejadian yang diduga kekerasan seksual pada anak kecil tersebut ke Mapolresta Tasikmalaya. Polisi kini sedang menyelidiknya.

“Benar ada laporannya. Kami lagi menyelidiki,” kata AKP Dadang, Kasar Reskrim Polresta Tasikmalaya.

SUMBER: Detik

Continue Reading

Trending