Mengenang Maestro Jaipongan, Gugum Gumbira Tirasondjaja
Connect with us

Berita

Mengenang Maestro Jaipongan, Gugum Gumbira Tirasondjaja

Avatar

Published

on

Adjie Dunston Iriana

Bernama lengkap Gugum Gumbira Tirasondjaja, yang dikenal sebagai maestro Jaipongan. Beliau lahir 4 April 1945.

Gugum berpulang pada hari Sabtu, 4 Januari 2020 pukul 1.55 di RS. Santosa Kebon Jati, Bandung.

Hasil diagnosa dokter terakhir, Almarhum mengalami komplikasi stroke, jantung, dan infeksi paru-paru.

Gugum dan Jaipongan

Melansir pada Harian Kompas tahun 2007, tarian Jaipongan dikenalkan oleh Gugum semenjak tahun 1970-an.

Lalu kemudian menjadi populer sekali saattahun 1980-an setelah dikeluarkan sebuah karya tari Jaipongan yang diiringi Daun Pulus.

Beliau berlanjut mengasetkan musik-musik Jaipongan semenjak tahun 1976. Sebagian peralatan rekaman musik pada saat itu dibeli olehnya sebagian kredit dari bank dan sebagiannya dari modal sendiri.

Mungkin, untuk pertama kalinya di dalam sejarah bisnis pemusikan daerah yang dapat kepercayaan bank sampai mendapatkan kredit. Dilansir Harian Kompas, tahun 1982.

Membahas soal tari Jaipongan, penjelasannya yaitu dimulai dari perpaduan antara kesenian daerah pesisir dan Tarian Ketuk tilu.

Yang semula gerakan lemah gemulai tarian Ketuk Tilu, ia mengkreasikannya menjadi riang dan lincah. Kini tarian itu dikenal dengan nama Keser Bojong Daun Pulus yang menjadi salah satu karyanya yang terbesar.

Pada saat Hari Tari Sedunia, tari Keser Bojong pernah ditarikan dengan serentak oleh 2.000 penari, Juli 2018 di jalan Dago, Bandung.

Beliau memiliki karier yang sangat cemerlang. Beliau pernah tampil di beberapa luar negeri dan bahkan pernah keliling benua Eropa untuk mengenalkan tari Jaipongan dan kesenian Sunda yang lainnya.

Gugum Gumbira pernah juga menerima lencana Anugerah Kebudayaan yang diberikan oleh Jero Wacik, mantan Menteri kebudayaan dan Pariwisata. Penghargaan ini diberikan sebab pengabdiannya yang lekat dengan budaya Indonesia.

Ratusan karya Jaipongan dan musik pengiring tariannya diciptakan oleh beliau.

Tahun 1968, beliau menikah dengan maestro penembang karawitan Sunda yang terkenal sampai ke Amerika Serikat, Euis Komariah.

Kemudian, pasangan maestro ini mendirikan studio untuk rekaman musik dan Sanggar Seni yang dinamakan Jugala.

 

SUMBER: Kompas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Neymar: cetak gol untuk penghormatan Kobe Bryant

Avatar

Published

on

CNN

Kabar Kobe Bryant yang meninggal dunia di usia 41 tahun langsung menggemparkan publik termasuk atlet kelas dunia. Salah satunya adalah neymar, pesepakbola dunia, memberikan penghormatan terhadap kematian Kobe Bryant.

Neymar yang sedang bertanding bersama timnya, Paris Saint-Germain, saat beberapa jam sebelumnya Kobe tewas pada kecelakaan helikopter, hari Minggu, 26 Januari. Neymar segera memberikan sebuah penghormatan untuk Kobe Bryant.

Ia berhasil mencetak sebanyak dua gol melawan Lille di laga Ligue 1. Di gol pertamanya, ia menendang bola dari kotak penalti di pojok sebelah kiri gawang dari tim lawannya.

Selebrasi gol pertamanya, Neymar sembari berlari ke arah pojok lapangan bersama dengan rekan satu timnya, meletakkan tangan disebelah telinganya.

Momen selebrasi penghormatannya terhadap Kobe dilakukan saat ia mencetak gol kedua. Ia dipilih untuk menendang saat penalti menit ke-52.

Mike Maigan, kiper Lille, seakan bisa menebak tendangan Neymar, tetapi bola tetap saja masuk ke gawang saat Neymar melepas tendangannya.

Ia kemudian berlari menuju kamera dan menunjukkan angka dua dan empat dengan jari tangannya. Neymar selanjutnya merapatkan kedua tangannya dan menunjuk ke atas.

Neymar adalah pesepakbola yang juga suka menonton pertandingan NBA. Ia menyempatkan diri untuk hadir di NBA Paris Game dua hari yang lalu, saat Charlotte Hornets melawan Milwaukee Bucks.

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200127093233-178-468955/neymar-beri-penghormatan-ke-kobe-bryant-lewat-perayaan-gol

 

Continue Reading

Olahraga

Mengenang Kobe Bryant lewat ucapan terbaiknya

Avatar

Published

on

Twitter

Sebuah kecelakaan helikopter di Calabasas, California, menewaskan pemain legendaris NBA, Kobe Bryant, hari Minggu 26 Januari, waktu setempat. Ia terbang dengan helikopter S-76 untuk menuju ke Mamba Academy dalam kegiatannya melatih basket.

Bersama timnya, LA Lakers, selama dua dekade ia berhasil meraih sebanyak lima gelar NBA dan dua medali emas dalam Olimpiade.

Kemampuannya yang tak tertandingi menjadikannya sebagai peraih skor terbanyak ketiga pada sejarah NBA dengan total pengumpulan skor 33.643 poin melangkahi Michael Jordan yang ada di peringkat lima (skor 32.292).

Bryant dikenal sebagai pemain dengan kemampuan slam dunk dan pencetak three-point dalam dunia basket. Dirinya yang bijaksana sering kali terlihat lewat ucapan yang ia berikan seperti:

Saya tidak ingin menjadi penerus Michael Jordan. Saya hanya ingin menjadi Kobe Bryant.

Terbukti ia selalu menjadi pemain yang gigih pada tiap pertandingan dan latihan pada ucapannya perihal orang malas:

Saya tak bisa memahami orang-orang yang malas. Bahasa kami tidak sama. Saya tidak paham mereka. Saya tak mau memahami mereka.

Dengan kalimat motivasinya dan mencerminkan bahwa ia adalah seorang manusia juga yang bisa merasa ragu pada diri sendiri:

Saya punya keraguan terhadap diri sendiri. Tidak merasa aman. Saya punya rasa takut gagal. Kita semuanya punya keraguan. Kamu tidak bisa meragukan hal ini. Tapi kamu juga tak boleh hancur karenanya.

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200127084757-178-468931/mengenang-kobe-bryant-lewat-kata-kata-terbaiknya

Continue Reading

Olahraga

Berita mengejutkan! Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter

Avatar

Published

on

Twitter

Dikabarkan bahwa Kobe Bryant, pemain basket NBA yang legendaris dari tim Lakers Los Angeles meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di usia 41 tahun, Minggu malam (26/1).

Berdasarkan laporan, helikopter pribadi yang mengalami kecelakaan tersebut jatuh di wilayah Calabasas, tidak jauh puluhan kilometer dari California. Kondisi cuaca pada saat itu buruk dan berkabut, maka penglihatan sangat terbatas.

Para media terkenal melaporkan kecelakaan tersebut benar adanya.

“Ini fakta menyedihkan bahwa tidak ada yang selamat sama sekali,” Tommy Imbrida, kepala tim pemadam kebakaran berkata dan menambahkan belum diketahui siapa saja korban yang tewas, tetapi ia meyakinkan bahwa salah satu korban adalah Kobe Bryant.

Laporan pagi ini didapatkan dari para pihak yang berwenang memberikan informasi ada yang meninggal dalam kecelakaan tersebut dengan total sebanyak sembilan orang, termasuk Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, yang pergi bersamanya. Identitas korban yang lain masih perlu diselidiki.

SUMBER: The Thaiger

Continue Reading

Trending