Mengenal gejala gangguan mental psikosis • Malang Post News
Connect with us

Kesehatan

Mengenal gejala delusional dan halusinasi; Gejala gangguan mental psikosis

Avatar

Published

on

PIxabay

Saat kamu sadar ada seseorang yang sering ngalamin halusinasi, bisa jadi dia penderita gangguan psikosis.

Psikosis adalah gangguan mental yang serius dengan ditandai oleh terganggunya hubungan dengan situasi kenyataan.

Hasil lansir dari Healthline, orang yang punya gangguan psikosis mungkin mengalami delusi atau halusinasi.

Meskipun kedua istilah ini punya arti yang sama, sebenarnya delusi dan halusinasi.

Delusi ialah rasa percaya/kesan keliru yang dipegang dengan teguh, meski bertentangan dengan situasi nyata dan secara umum dianggap benar.

Ada delusi muluk, delusi somatik dan delusi paranoia. Orang yang experiencing delusi paranoia kemungkinan berpikir bahwa ia sedang diikuti tapi padahal tidak sama sekali atau ia merasa ada pesan yang rahasia sedang dikirim kepadanya.

Seseorang yang berdelusi dengan muluk-muluk akan berasa penting yang berlebihan. Delusi somatik ialah saat seseorang percaya mereka ini punya penyakit yang mematikan tapi pada kenyataannya mereka sehat.

Lalu, halusinasi ialah persepsi indrawi dengan tidak ada rangsangan eksternal. Ini berarti terkait dengan gimana seseorang mendengar, melihat, merasakan atau bahkan mencium seusatu yang ada. Orang yang berhalusinasi kemungkinan bisa liat hal yang mungkin ada atau denger orang bicara waktu sendirian.

Semisal, orang yang halusinasi pendengarannya mungkin denger ibu berteriak ke mereka tapi sebenarnya ibunya tidak ada.

Atau dengan halusinasi visual, mungkin liat suatu hal, kayak ada orang di depan mereka, yang padahal gak ada.

 

SUMBER: Kompas

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kesehatan

Sedang program hamil? Konsumsi lemak sehat lebih banyak

Avatar

Published

on

Pixabay

Pasangan Irwansyah dan Zaskia Sungkar mengaku telah menjalani promil atau program hamil. Tetapi, program ini terputus-putus lantaran aktivitas mereka yang lain. Hal ini diungkapkan mereka dalam vlog yang mereka unggah di kanal YouTube Paula Verhoeven dan Baim Wong, pada Selasa (14/1).

“Program terus liburan, lupa lagi. Ingat lagi dua tahun kemudian,” ucap Zaskia. Video itu dibuat ketika Irwansyah dan Zaskia menjenguk buah hati Baim Wong, Kiano.

Zaskia awalnya merespon bahwa ia malas menjalani program tersebut sebab harus antre pagi untuk pertemuan dengan dokter. Belum lagi Irwansyah yang jarang menemaninya. Tetapi kali ini Zaskia mengaku akan serius menjalani promil, namun dengan satu syarat. “Aku mau promil tapi kamu harus nemenin setiap saat,” katanya pada suaminya, Irwansyah.

Menjalankan promil bukan hal yang mudah. Diperlukan tekad kuat dari kamu dan pasangan untuk melakukannya. Ini juga memerlukan sabar yang tinggi, usaha dan waktu yang lama. Tapi, ada sejumlah tips yang bisa membantu kamu untuk mewujudkan promil yang sukses, salah satunya dengan memilih makanan.

Daftar makanan yang musti dikonsumsi dan dihindari saat menjalakan promil:

  1. Kandungan seng tinggi pada tiram bisa memompa produksi testosteron dan sperma sehingga bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Tetapi, kalau kamu tidak suka tiram, maka seng bisa didapat dari daging sapi yang tanpa lemak, susu, kacang, telur, atau unggas.
  2. Buah-buahan dan sayuran. Beberapa sayur dan buah bisa melindungi sperma agar tidak rusak. Sayur berdaun warna hijau mengandung folat atau vitamin B kompleks yang bisa cegah sperma dari kromoson abnormal. Kandungan vit c dari jeruk, beri dan tomat juga dapat meningkatkan kualitas sel sperma. Sementara, vit A pada wortel, paprika merah, dan aprikot bisa menjaga sel sperma agar tak lambat.
  3. Lemak sehat dari omega-3. Salmon, kacang walnut, sayuran hijau, dan sarden mengandung omega-3 yang bisa meningkatkan kemampuan gerak dan jumlah sperma. Omega-3 juga bisa memberikan efek yang positif terhadap kesuburan, membantu pengaturan ovulasi, menunda penuaan pada ovarium, dan meningkatkan kualitas pada sel telur.

Selain pada makanan yang dianjurkan untuk promil, ada juga makanan yang tidak boleh dikonsumsi selama program hamil. Seperti:

1.. Lemak jenuh dari makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, ayam goreng yang bisa merusak ukuran dan bentuk sperma, dan membuat sperma lemah.

2. Alkohol dan kafein. Kedua ini dianggap bisa menggagalkan promil yang telah dilakukan. Karena alkohol dan kafein bisa berpengaruh terhadap kesuburanmu dan pasangan. Kamu harus membatasi atau berhenti untuk mengonsumsinya.

SUMBER: Tempo

Continue Reading

Berita

Selain masalah sperma, ini penyebab lain pria susah punya anak

Avatar

Published

on

Untuk memiliki keturunan adalah salah satu hal yang sangat didambakan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Sementara, menurut data dari World Health Organization (WHO) dalam penelitiannya mengatakan bahwa satu dari dua pasangan yang ada di negara berkembang memiliki masalah pada infertilitas, khususnya pasangan yang ada di Indonesia.

Menurut studi hasil dari American Society for Reproductive Medicine, didefinisikan bahwa infertilitas bisa diartikan dengan sebuah kegagalan untuk mengandung setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa pengaman yang dilakukan selama 12 bulan atau mungkin lebih.

Dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang memiliki kekayaan yang besar beserta gaya hidupnya dengan signifikan sudah memunculkan sejumlah masalah baru yang bisa mempengaruhi infertilitas. Seperti halnya masalah usia, kebiasaan dalam merokok, dan berat badan.

Selama ini stigma yang berkembang di pandangan masyarakat adalah jika wanita sebagai penyebab utama dari faktor infertilitas. Ini dikatakan oleh Ahli fertilitas Eeson Sinthamoney, dari Sunfert International Fertility Centre, Kuala Lumpur, karena menurutnya padahal kedua pihak pasangan memiliki potensi dari masalah fertilitas. “Penemuan kami hampir 40% pasangan disebabkan oleh kedua pihak bukan salah satu, dan hal tersebut cukup umum,” ujar Eeson, setelah ditemui pada sebuah acara program “Harapan Dua Garis” di Malaysia Healthcare Travel Council yang digelar di Jakarta, Rabu (15/1).

Berikut adalah faktor infertilitas pada pria:

  1. Masalah sperma

Terdapat masalah pada jumlah, normalitas atau mobilitas sperma. Menurut Eeson, kualitas atau jumlah sperma yang rendah ditemukan pada pria dengan persentasi 40% hingga 50% pasangan. Kondisi sperma pun berpengaruh, apakah tidak sehat atau sehat. Maka, Eeson menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter atau ahli.

2. Kesulitan ereksi

Disejumlah kasus, beberapa pasangan yang telah mengerti konsep hubungan seksual dengan benar, tetapi masih sulit untuk dikerjakan. Akibatnya salah satu pasangan tidak bisa memuaskan pasangannya karena mengaku mengalami kesulitan. Kondisi ini disebut dengan istilah disfungsi seksual untuk pria ejakulasi dini atau kesulitan mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Kalau tidak segera diobati malah akan menyebabkan infertilitas.

3. Gaya hidup

Pria yang memiliki kebiasaan merokok dan meminum minuman keras, menurut Eeson, memiliki potensi untuk memiliki masalah infertilitas, karena efek dari kebiasaan buruk ini akan langsung memengaruhi kondisi si sperma. “Selain rokok juga soal berat badan, jika Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, Anda harus mencoba dan mencapai berat badan yang sehat gaar terhindar dari infertilitas,” jelasnya.

SUMBER: Tempo

Continue Reading

Gaya Hidup

Tampilan kulit “glowing” lebih diminati dibanding yang berwarna putih

Avatar

Published

on

Pixabay

Kulit wajah cerah saat ini menjadi yang paling didambakan bagi kaum wanita, tetapi tren kecantikan yang sekarang ada tidak lagi tentang kulit putih dan bersih, melainkan kulit wajah yang glowing atau bersinar.

dr. Indah Widyasari, SpKK, Dokter ahli kulit dan kecantikan angkat bicara soal banyaknya kaum wanita yang datang untuk berkonsultasi padanya dan minta saran agar mendapat kulit yang bersinar.

Glowing skin sekarang jadi tren, kalau dulu kan pengennya putih sekarang pengennya yang glowing dan terlihat sehat,” ujarnya dalam peluncuran acara “The New Face of Wardah White Secret”, Jakarta, pada hari Kamis (16/1).

Pada dasarnya kulit bersinar adalah salah satu dari ciri-ciri kulit yang sehat, pada saat kulit mengenai pantulan cahaya kulit akan terlihat bersinar.

Glowing sendiri kan bersinar bercahaya kalau permukaan halus dan rata , kena pantulan jadi terlihat bersinar,” kata dr. Indah.

Ciri-ciri kulit sehat ialah memiliki warna yang cerah, warna kulit yang merata, halus, kenyal, terlihat muda, dan elastis.

“Kalau yang glowing itu kan terlihat lebih muda, ya, youthful. Tapi dari segi media kita juga melakukan sebuah penilaian, ada indeks-indeks tertentu untuk menilai bagaimana sebumnya, hidrasinya,” lanjut dr. Indah.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Trending