Memaknai ayat Allah dari Tsunami dan Gerhana Aceh • Malang Post News
Connect with us

Berita

Memaknai ayat-ayat Allah dari Tsunami dan Gerhana Matahari Cincin di Aceh

Avatar

Published

on

Seorang ulama dari Aceh, Ustadz Faizal Adriansyah, menyebutkan ayat dari kitab suci Al-Quran yang menjelaskan gempa bumi yang diikuti tsunami 15 tahun lalu dan gerhana matahari cincin yang terjadi tahun ini akan terulang, dan ini adalah cerminan dari ayat-ayat Allah SWT.

“Ya, baik gempa, tsunami, dan gerhana adalah ayat-ayat Allah SWT. kita bisa bicara ayat Allah itu ada yang tertulis, yakni Al Quran. Tapi ada ayat yang tidak tertulis berupa alam,” katanya selesai menjadi khatib di sholat gerhana di Masjid Oman Al Makmur, Banda Aceh, Kamis.

Peristiwa gempa yang disusul tsunami yang tingginya puluhan meter, dianggap sebagai musibah. Sedangkan, fenomena gerhana, seperti Gerhana Matahari Cincin merupakan peristiwa alam yang langka, karena bumi, bulan, dan matahari sejajar yang diisyaratkan Rasullullah bahwa kiamat sangat dahsyat diawali dari runtuhnya langit.

“Hanya saja tsunami itu, bencana yang menimpa kita. Maka orang bertanya¬† kenapa tidak ada salat? Ya waktu tsunami, engga ada salat. Tetapi salatnya sebelum tsunami, seperti memenuhi masjid, melaksanakan ibadah dengan baik sehingga kita berdoa kepada Allah SWT agar tidak akan ada bencana,” tuturnya.

Ia adalah penasihat Ikatan Ahli geologi Indonesia (IAGI) bagian Aceh menjelaskan tidak ada kaitan antara fenomena gerhana dan persitiwa gempa bumi.

Ia pun menambahkan bencana bumi ini sudah terjadi sebagian. Walau alam semesta akan hancur, bukan hanya bumi tapi seisi ruang angkasa saat waktunya tiba.

“(Memaknai dua persitiwa alam ini) yang penting masyarakat Aceh, pertama mereka bangkit dari ujian Allah SWT agar kembali membangun dan mendoakan syuhada tsunami. Sementara untuk ke depan, perbanyak kita mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya. “Mendekatkan diri kepada Allah SWT itu, akan menghindari dari bencana alam. Insya Allah,” tambahnya.

BMKG (badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG)) menyebut gerhana matahari ini bertepatan dengan fenomena gempa tsunami Aceh adalah interaksi lempengan Indo-Australia dan Eurasia di kawasan Perairan Aceh tahun 2004.

Pada tanggal 26 Desember tersebut, provinsi berjuluk “Serambi Mekkah” di guncang gempa dengan 9,1 skala richter di laut dan titik episentrum dengan jarak 149 KM dari Meulaboh.

Gelombang tsunami dengan tinggi 30 meter dan menewaskan 230.000 jiwa di 14 negara dan menenggelamkan pemukiman pesisir. Selain Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand adalah merupakan negara yang terkena dampak paling parah.

 

SUMBER: Liputan 6

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Neymar: cetak gol untuk penghormatan Kobe Bryant

Avatar

Published

on

CNN

Kabar Kobe Bryant yang meninggal dunia di usia 41 tahun langsung menggemparkan publik termasuk atlet kelas dunia. Salah satunya adalah Neymar, pesepakbola dunia, memberikan penghormatan terhadap kematian Kobe Bryant.

Neymar yang sedang bertanding bersama timnya, Paris Saint-Germain, saat beberapa jam sebelumnya Kobe tewas pada kecelakaan helikopter, hari Minggu, 26 Januari. Neymar segera memberikan sebuah penghormatan untuk Kobe Bryant.

Ia berhasil mencetak sebanyak dua gol melawan Lille di laga Ligue 1. Di gol pertamanya, ia menendang bola dari kotak penalti di pojok sebelah kiri gawang dari tim lawannya.

Selebrasi gol pertamanya, Neymar sembari berlari ke arah pojok lapangan bersama dengan rekan satu timnya, meletakkan tangan disebelah telinganya.

Momen selebrasi penghormatannya terhadap Kobe dilakukan saat ia mencetak gol kedua. Ia dipilih untuk menendang saat penalti menit ke-52.

Mike Maigan, kiper Lille, seakan bisa menebak tendangan Neymar, tetapi bola tetap saja masuk ke gawang saat Neymar melepas tendangannya.

Ia kemudian berlari menuju kamera dan menunjukkan angka dua dan empat dengan jari tangannya. Neymar selanjutnya merapatkan kedua tangannya dan menunjuk ke atas.

Neymar adalah pesepakbola yang juga suka menonton pertandingan NBA. Ia menyempatkan diri untuk hadir di NBA Paris Game dua hari yang lalu, saat Charlotte Hornets melawan Milwaukee Bucks.

SUMBER: CNN

 

Continue Reading

Olahraga

Mengenang Kobe Bryant lewat ucapan terbaiknya

Avatar

Published

on

Twitter

Sebuah kecelakaan helikopter di Calabasas, California, menewaskan pemain legendaris NBA, Kobe Bryant, hari Minggu 26 Januari, waktu setempat. Ia terbang dengan helikopter S-76 untuk menuju ke Mamba Academy dalam kegiatannya melatih basket.

Bersama timnya, LA Lakers, selama dua dekade ia berhasil meraih sebanyak lima gelar NBA dan dua medali emas dalam Olimpiade.

Kemampuannya yang tak tertandingi menjadikannya sebagai peraih skor terbanyak ketiga pada sejarah NBA dengan total pengumpulan skor 33.643 poin melangkahi Michael Jordan yang ada di peringkat lima (skor 32.292).

Bryant dikenal sebagai pemain dengan kemampuan slam dunk dan pencetak three-point dalam dunia basket. Dirinya yang bijaksana sering kali terlihat lewat ucapan yang ia berikan seperti:

Saya tidak ingin menjadi penerus Michael Jordan. Saya hanya ingin menjadi Kobe Bryant.

Terbukti ia selalu menjadi pemain yang gigih pada tiap pertandingan dan latihan pada ucapannya perihal orang malas:

Saya tak bisa memahami orang-orang yang malas. Bahasa kami tidak sama. Saya tidak paham mereka. Saya tak mau memahami mereka.

Dengan kalimat motivasinya dan mencerminkan bahwa ia adalah seorang manusia juga yang bisa merasa ragu pada diri sendiri:

Saya punya keraguan terhadap diri sendiri. Tidak merasa aman. Saya punya rasa takut gagal. Kita semuanya punya keraguan. Kamu tidak bisa meragukan hal ini. Tapi kamu juga tak boleh hancur karenanya.

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200127084757-178-468931/mengenang-kobe-bryant-lewat-kata-kata-terbaiknya

Continue Reading

Olahraga

Berita mengejutkan! Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter

Avatar

Published

on

Twitter

Dikabarkan bahwa Kobe Bryant, pemain basket NBA yang legendaris dari tim Lakers Los Angeles meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di usia 41 tahun, Minggu malam (26/1).

Berdasarkan laporan, helikopter pribadi yang mengalami kecelakaan tersebut jatuh di wilayah Calabasas, tidak jauh puluhan kilometer dari California. Kondisi cuaca pada saat itu buruk dan berkabut, maka penglihatan sangat terbatas.

Para media terkenal melaporkan kecelakaan tersebut benar adanya.

“Ini fakta menyedihkan bahwa tidak ada yang selamat sama sekali,” Tommy Imbrida, kepala tim pemadam kebakaran berkata dan menambahkan belum diketahui siapa saja korban yang tewas, tetapi ia meyakinkan bahwa salah satu korban adalah Kobe Bryant.

Laporan pagi ini didapatkan dari para pihak yang berwenang memberikan informasi ada yang meninggal dalam kecelakaan tersebut dengan total sebanyak sembilan orang, termasuk Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, yang pergi bersamanya. Identitas korban yang lain masih perlu diselidiki.

SUMBER: The Thaiger

Continue Reading

Trending