Ridwan Kamil puji desain rancangan ibu kota baru • Malang Post News
Connect with us

Politik

Ridwan Kamil puji desain pemenang hasil sayembara Ibu Kota baru

Avatar

Published

on

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, memuji hasil desain Nagara Rimba Nusa rancangan Urban+, alumni ITB, “Sudah diputuskan, Sofian Sibarani dan timnya yang menang sayembara menurut Presiden desainnya yang sangat lengkap,” katanya saat ditemui di Bandung, 23 Desember.

Emil (panggilan akrabnya) mengaku, rancangan Sibarani adalah pilihannya. “Pilihan saya itu,” ucap Emil sebagai anggota tim penjurian sayembara.

Ia berkata ada sejumlah kelengkapan desain Urban+ yang mengungguli peserta lainnya. “Lengkap itu, satu, punya keberfungsian yang bisa dipertanggungjawabkan. Lahannya tidak terlalu besar, efisien,”. Ia juga menambahkan bahwa Presiden Jokowi menyukai desain Urban+ karena menampilkan identitas Indonesia. “Kemudian, yang disukai Presiden karena punya identitas ke-Indonesiaan. Dia punya danau Pancasila, di mana di danau itu ada sila-sila dalam bentuk bangunan dan kegiatan,” tambahnya.

Desain yang dinamakan Nagara Rimba Nusantara ini menampilkan juga koridor monumental. “Karena itu ibu kota negara, maka monumentalisme penting,” katanya lagi.

Ridwan Kamil berkata, desain ibu kota baru karya Urban+ menempatkan posisi calon Istana Negara yang berada di bukit. “Kebetulan juga posisi Istananya sesuai dengan harapan Presiden, di sebuah bukit yang sudah dipilih.”

 

SUMBER: Tempo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Emil dukung Omnibus Law asal investasi meningkat

Avatar

Published

on

Pixabay

Masalah seputar Omnibus Law masih terus berlanjut. Kaum pekerja seperti buruh pabrik adalah satu dari banyaknya pihak yang memilih untuk tidak setuju dengan aturan-aturan yang ada di dalam Omnibus Law.

Terkait hal tersebut, Ridwan Kamil, Gubernur Jabar berkata bahwa ia tidak akan banyak komentar. Menurut Emil, aturan-aturan yang bakal diubah di dalam Omnibus Law ini sangatlah banyak, bukan cuma hal yang berhubungan dengan pekerja pabrik.

Ia juga berkata, dari pidato yang diberikan oleh Presiden Jokowi perihal omnibus law, menangkap bila pemerintah telah mengupayakan dalam memperbaiki iklim pada investasi yang kini masih dinilai kalah dengan negara tetangga. “Intinya investasi, karena kita kan kalah oleh Vietnam dari sisi investasi. Dan kalah oleh beberapa negara lain,” ujarnya, hari Rabu 22 Januari.

Dari info yang didapat, menurutnya, Presiden sebenarnya memiliki keinginan untuk menciptakan lapangan kerja guna merubah ekosistem dalam bidang ketenagakerjaan yang semakin baik. Kondisinya kini memiliki banyak aturan yang tidak teratur untuk meningkatkan investasi tersebut, seperti halnya tata ruang, pengadaan lahan, juga perizinan lainnya.

“Kalau masalahnya ini saya mendukung aturan omnibus law,” ujarnya. Menurut Gubernur Ridwan Kamil, jika aturan-aturannya berdampak baik terhadap perbaikan ekonomi untuk rakyat dan investasi maka akan sepenuh hati Emil dukung.

Di waktu sebelumnya, telah terjadi aksi dengan skala besar yang dilakukan oleh para buruh di depan DPR RI. Perwakilan dari Komisi IX DPR akhirnya menemui massa tersebut.

SUMBER: Republika

Continue Reading

Politik

Soal pindah ibu kota, Tito: Kemendagri dulu lebih powerful

Avatar

Published

on

Kemendagri.go.id

Tito Karnavian, yang kini sebagai Menteri Dalam Negeri, telah menilai kementeriannya kini kurang memiliki kekuatan jika diminta untuk mengerjakan pindahnya ibu kota negara tanpa lintas sektoral.

“Itu sudah lintas sektoral yang enggak bisa dikerjakan dengan power Kemendagri saat ini. Kalau Kemendagri zaman dahulu iya powerful, nah, ini sudah dibagi-bagi kewenangan Kemendagri di tempat lain,” ujarnya, Jakarta, hari Rabu 22 Januari. Ia menghargai keinginan dari anggota Komisi II DPR RI terkait proses pemindahan ibu kota yang diakomodir oleh Kemendagri sebagai leading sector. Namun, Tito menilai itu tidak memungkinkan untuk saat ini, karena pindahnya ibu kota melibatkan banyak pihak.

Contohnya, untuk pengadaan tanah yang melibatkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Pemerintah Daerah, juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Itu untuk tanahnya saja, untuk masalah investasi pembangunan melibatkan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi. Mampu engga dikerjain oleh Kemendagri. Kan begitu,” ujarnya.

Ia berkata Presiden Jokowi lalu telah menunjuk Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) supaya mulai menyusun Undang Undang Ibu Kota Negara jadi dasar hukum terhadap pemindahan ibu kota tersebut.

Maka itu, Kemendagri pun memberikan usulan Perubahan atas UU no. 29 tahun 2007 perihal Pemerintahan Provinsi DKI Sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia harus masuk ke Prolegnas (Program Legislasi Nasional) tahun ini.

“UU-nya harus diubah untuk DKI ini kalau UU IKN mungkin bisa paralel,” tutur Tito.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Politik

PBB dan Uni Eropa sambut hasil KTT perdamaian Libya di Berlin

Avatar

Published

on

Pixabay

Angela Merkel berkata bahwa konferensi pada satu hari penuh di Berlin sudah membuat “semangat baru” tuk menemukan solusi tentang konflik di Libya. Seluruh pemimpin dunia yang hadir pada KTT perdamaian Libya yang diadakan pada hari Minggu 19 Januari, di Berlin, sepakat menerapkan embargo bersenjata dengan ketat. Kedua pihak yang ada dipertikaian juga sepakat untuk menghentikan pertempuran.

Kesepakatan tersebut telah ditandatangani sebanyak 16 negara dan International Organization yang sudah hadir. Embargo senjata tersebut akan diawasi ketat di bawahi dari koordinasi PBB. Jenderal Khalifa Haftar dan PM Libya Fayez Sarraj, dua pihak ini hadir pada KTT yang diselenggarakan di Berlin, tidak melakukan obrolan secara langsung.

“Kami menyetujui rencana komprehensif ke depan. Saya dapat mengatakan bahwa semua peserta bekerja sangat konstruktif bersama-sama,” ucap Angela setelah selesainya pertemuan tersebut.

“Kita semua sepakat bahwa kita harus menghormati embargo senjata, dan bahwa itu harus diawas lebih ketat daripada sebelumnya,” tegas Angela.

Angela menambahkan, seluruh pemimpin internasional yang hadir pada pertemuan puncak itu sepakat untuk mengadakan pertemuan lagi untuk memastikan prosesnya akan terus berlanjut, agar “warga di Libya mendapatkan hak-hak mereka untuk kehidupan yang lebih damai.”

Angela Merkel pun memberikan penjelasan, PM Libya yang sudah diakui oleh PBB, Fayez Sarraj, dan Jenderal Khalifa Haftar sebagai komandan milisi Pasukan Nasional Libya belum bisa “bertemu atau duduk bersama” karena “masih ada ketegangan di antara kedua pihak”.

Antonio Guterres, Sekretasi Jenderal PBB, mendesak pada kekuatan dunia agar “menahan diri dari campur tangan” dalam konflik Libya ini. Ia berkata pada wartawan saat konferensi pers setelah pertemuan selesai, “Saya tidak bisa lebih tegas lagi menekankan bahwa kesimpulan (pembicaraan) di pertemuan puncak ini adalah bahwa tidak ada solusi militer untuk konflik di Libya.”

“Saya berharap komitmen yang dibuat hari ini akan berkontribusi pada solusi yang langgeng untuk krisis Libya. Kita perlu gencatan senjata. Kita tidak dapat memantau sesuatu yang tidak ada,” ujarnya. “Sekarang ada gencatan senjata.”

Ursula von der Leyen, Presiden Komisi Eropa, dan Josep Borrel, Wakil Presiden Komisi pada satu pernyataan berkata: “Para peserta telah berkomitmen untuk menahan diri dari segala tindakan dan dukungan militer lebih lanjut kepada pihak-pihak yang akan membahayakan gencatan senjata. ini adalah langkah maju yang penting.”

SUMBER: Detik

Continue Reading

Trending