Fenomena Algae Blooms di utara dan selatan Pesisir Barat, Lampung
Connect with us

Berita

Fenomena Algae Blooms di utara dan selatan Pesisir Barat, Lampung

Avatar

Published

on

Belum selesai dihebohkan dengan fenomena bioluminescene, kini fenomena munculnya banyak buih berwarna kemerahan terjadi di bagian utara dan selatan pantai Pesisir Barat Lampung pada hari Senin.

Berdasarkan insta story yang dipost oleh @liafatmasari terlihat banyak buih seperti busa yang berwarna putih memenuhi dan menutupi bebatuan di sekitar pantai. Foto ini diunggah pada hari Minggu.

Sesuai keterangan Dosen Ilmu Kelautan Universitas Lampung (Unila), Agus Setyawan, saat berada di Lampung Geh, hari Senin membenarkan bahwa sekitar pantai bagian utara dan selatan Pesisir Barat, Lampung telah terjadi fenomena ini.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan perikanan setempat, bahwa benar fenomena itu terjadi di Pesisir Barat, khususnya di daerah Lemong/Pugung, kearah Pesisir Utara. Dan itu adalah buih yang terjadi di pantai setelah terjadinya blooming algae. Kasus serupa juga terjadi di beberapa negara Eropa seperti Inggris dan Perancis setelah adanya blooming algae,” ungkap Agus. Ia melanjutkan bahwa buih atau busa ini diduga karena tingginya bahan organik yang penyebabnya adalah over populasi bangkai algae.

Ledakan algae ini biasanya disebut dengan algae blooms. Atau secara sederhana, ini akibat dari bangkai algae yang kemarin-kemarin sempat over populasi. Kalau algaenya berbahaya, disebut Harmful Algae Blooms (HABs) atau disebut juga red tide.

“Karena dulu pernah terjadi alga-alganya sampai menimpulkan warna air menjadi kemerahan. Sedangkan untuk penjelasannya bahaya atau tidak algae blooms ini bagi manusia ataupun organisme yang lain, saya belum bisa memastikannya, karena saya belum mengetahui hasil penelitiannya,” jelasnya.

 

SUMBER: Kumparan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Politik

Mahkamah Internasional akan keluarkan putusan soal Myanmar

Avatar

Published

on

Pixabay

Pada hari Kamis (23/1), Mahkamah Internasional memutuskan perihal permintaan langkah darurat oleh Gambia, negara yang menuduh Myanmar sudah melakukan genosida pada penduduk minor Muslim Rohingya.

Negara kecil dari benua Afrika tersebut mengajukan gugatan hukum pada badan tertinggi PBB, Mahkamah Internasional, yang punya wewenang untuk menyelesaikan sengketa negara, di bulan November. Gambia menuduh Myanmar telah melanggar Konvensi Genosida tahun 1948.

Kasus ini belum disidangkan penuh dan putusan di hari Kamis hanya menyangkut soal permintaan Gambia tersebut. Belum ada petunjuk perihal bagaimana Mahkamah Internasional akan memberikan putusan akhir, yang mungkin akan memakan waktu yang lama.

Gambia meminta untuk segera mengambil langkah pencegahan terhadap Myanmar, seperti melindungi negara-negara bagian. Langkah yang Gambia maksud adalah menghentikan kekerasan Myanmar segera.

Gambia pun meminta hakim untuk memerintahkan Myanmar agar memberi akses bagi para badan PBB untuk menyelidiki dugaan tersebut.

Sebanyak 730.000 orang lebih dari Rohingya melarikan diri untuk selamat dari militer Myanmar yang sudah melakukan tindakan kekerasan di tahun 2017. Penduduk Rohingya kemudian terpaksa untuk tinggal di perkemahan kotor yang terletak di dekat perbatasan Bangladesh.

Penyelidik dari PBB menilai tindakan militer tersebut dilakukan dengan berniat ‘melakukan genosida’.

Sidang yang dilaksanakan selama satu pekan penuh di bulan Desember tersebut, Aung San Suu Kyi, pemimpin sipil Myanmar meminta agar panel 17 hakim menghentikan kasus ini.

Walau ia mengakui kemungkinan militer Myanmar menggunakan kuasa yang tidak seimbang hingga warga sipil banyak yang terbunuh, Suu Kyi berkata bahwa tindakan tersebut bukanlah genosida.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Olahraga

Kobe Bryant, pemain basket yang kalahkan Jordan

Avatar

Published

on

Kobe Bryant adalah satu-satunya pemain basket yang bisa membuat Michael Jordan, pemain legendaris NBA, takut. Michael Jordan juga berkata bahwa Kobe adalah pebasket satu-satunya yang bisa mengalahkan dirinya.

Pernyataan ini Jordan ungkapkan saat diwawancara dalam promosi video game konsol NBA 2k14. Dilansir AP, ia mengaku bahwa ada beberapa pemain basket legendaris yang ingin ia lawan one-on-one pada saat kejayaannya.

“Jika saya ada di masa emas, siapa yang ingin saya lawan satu lawan satu? Daftarnya sangat panjang. Mulai dari Elgin Baylor, Jerry West, LeBron James pada kejayaannya, Kobe dan masa kejayaannya, Dwayne Wade di masa kejayaannya, Carmelo Anthony,” ucap Jordan.

“Itu permulaan yang bagus. Saya pikir saya tidak akan kalah. Mungkin saya akan kalah dari Kobe karena dia mencuri semua gaya bermain saya,” sambung pemain legendaris dari tim Chicago Bulls.

Kobe Bryant dan Michael Jordan dianggap sebagai pemain basket yang hebat sepanjang sejarah NBA. Jordan memiliki sebanyak enam buah cincin NBA dan Kobe sebanyak dua buah. Kobe juara lima kali di NBA.

Ia juga mengakui bahwa dirinya sangat terpukul saat mendengar kabar kematian Bryant. Ia sudah menganggap Kobe Bryant sebagai adiknya sendiri.

“Saya terkejut atas peristiwa tragis meninggalnya Kobe dan Gianna (putri Kobe). Kata-kata tidak akan bisa menggambarkan rasa sakit yang saya rasakan. Saya mencintai Kobe, dia seperti adik kecil bagi saya,” ucapnya, dikutip The Hill.

Kobe Bryant dan putrinya, Gianna Bryant, meninggal dunia pada sebuah kecelakaan helikopter, Calabasas, California, Amerika Serikat pada hari Minggu 26 Januari. Helikopter tersebut memiliki agenda untuk membawa Kobe, Gianna, dan 7 penumpang lainnya untuk ke Mamba Academy, California.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Olahraga

Neymar: cetak gol untuk penghormatan Kobe Bryant

Avatar

Published

on

CNN

Kabar Kobe Bryant yang meninggal dunia di usia 41 tahun langsung menggemparkan publik termasuk atlet kelas dunia. Salah satunya adalah Neymar, pesepakbola dunia, memberikan penghormatan terhadap kematian Kobe Bryant.

Neymar yang sedang bertanding bersama timnya, Paris Saint-Germain, saat beberapa jam sebelumnya Kobe tewas pada kecelakaan helikopter, hari Minggu, 26 Januari. Neymar segera memberikan sebuah penghormatan untuk Kobe Bryant.

Ia berhasil mencetak sebanyak dua gol melawan Lille di laga Ligue 1. Di gol pertamanya, ia menendang bola dari kotak penalti di pojok sebelah kiri gawang dari tim lawannya.

Selebrasi gol pertamanya, Neymar sembari berlari ke arah pojok lapangan bersama dengan rekan satu timnya, meletakkan tangan disebelah telinganya.

Momen selebrasi penghormatannya terhadap Kobe dilakukan saat ia mencetak gol kedua. Ia dipilih untuk menendang saat penalti menit ke-52.

Mike Maigan, kiper Lille, seakan bisa menebak tendangan Neymar, tetapi bola tetap saja masuk ke gawang saat Neymar melepas tendangannya.

Ia kemudian berlari menuju kamera dan menunjukkan angka dua dan empat dengan jari tangannya. Neymar selanjutnya merapatkan kedua tangannya dan menunjuk ke atas.

Neymar adalah pesepakbola yang juga suka menonton pertandingan NBA. Ia menyempatkan diri untuk hadir di NBA Paris Game dua hari yang lalu, saat Charlotte Hornets melawan Milwaukee Bucks.

SUMBER: CNN

 

Continue Reading

Trending