4 aplikasi bawahan Facebook mendominasi pasar smartphone, est. 2010
Connect with us

Teknologi

4 aplikasi bawahan Facebook mendominasi pasar smartphone, est. 2010

Avatar

Published

on

Pixabay

Aplikasi yang paling banyak di-install dalam dekade terakhir terungkap, dan empat teratas yaitu Facebook. Menurut analisis, aplikasi yang banyak di-install secara global dari tahun 2010 sampai sekarang adalah Facebook, Messenger, Whatsapp, dan Instagram.

“Melihat aplikasi yang paling banyak diunduh pada dekade ini, Facebook telah mendominasi ruang mobile mewakili empat aplikasi yang paling banyak diunduh pada dekade ini dengan Facebook, Facebook Mesengger, Whatsapp, dan Instagram,” kata pengelola wawasan pasr App Annie, Adithya Venkatraman dalam sebuah postingan blog. “Aplikasi komunikasi dan media sosial adalah favorit konsumen, mencakup tujuh dari 10 aplikasi teratas berdasarkan unduhan dekade ini,” tulisnya.

Facebook membeli Whatsapp di tahun 2014 dengan mengakuisisi sebesar US$ 19 miliar, dan Instagram dibelinya sebesar US$ 1 miliar pada tahun 2012. Kutipan ITpro, belakangan ini, pencapaian ini dapat menambah bahan bakar regulator, di tengah seruan untuk memecah dominasi Facebook di pasaran. Atau, setidaknya menghentikan agar meningkatkan saingan yang serupa.

Facebook meski sedang diselidiki oleh otoritas AS atas masalah antimonopoli. Dengan laporan yang menyatakan bahwa Komisi Perdagangan Federal yang dapat menggunakan perintah untuk memblokir perusahaan agar tidak bergerak sesuai rencana untuk lebih dekat menghubungkan berbagai aplikasi pengirim pesan karena pembagian kode semacam itu akan menyulitkan saat pemecahan perusahaan di masa depan, jika dianggap penting oleh regulator.

Walau Facebook memiliki unduhan terbanyak, itu bukan artinya dia menghasilkan uang paling banyak. Yang paling tinggi terkait pengeluaran konsumen selama dekade terakhir adalah Netflx, Tinder, dan Pandora. Tetapi Facebook sudah meningkatkan pendapatannya 94% dari pendapatan iklan perusahaan.

Sementara Facebook memiliki kesuksesan dengan beriklan di Instagram, Facebook masih mencari cara untuk mendapatkan penghasilan dari Whatsapp, khususnya Whatsapp for business.

Selain Facebook, App Annie menggarisbawahi bahwa satu dekade ini adalah tentang mobile dan tampaknya masih akan berlanjut. “Dekade ini telah menjadi masa pertumbuhan yang luar biasa bagi ekonomi mobile,”kata Venkatraman. “Dengan pningkatan unduhan 5% dan pertumbuhan belanja konsumen 15% tahun ke tahun pada 2019 ini tapaknya akan berlanjut di tahun depan.”

 

SUMBER: Tempo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kriminal

Menggunakan ponsel ketika berkendara motor akan ditilang elektronik

Avatar

Published

on

Pixabay

Sistem baru penilangan elektronik kendaraan kini diberlakukan juga tidak hanya pada mobil, tetapi juga pada motor. Direktorat Lalin Polda Metro Jaya akan menyasar tilang elektronik pada para pengendara motor yang mengendarai sambil menggunakan ponsel. Hukuman yang berlaku bisa berbentu denda atau kurungan penjara.

Sistem tersebut akan dimulai pada 1 Februari 2020 dimulai di wilayah jalan Thamrin-Sudirman juga koridor 6 Trans Jakarta. Tilang elektronik ini akan dipantau dengan Electronic Traffic Law Enforcement.

“Mereka, para pengendara motor yang berkendara sambil mengetik atau menelepon akan kena tilang,” ujar Yusuf saat ditemui di Polda Metro Jaya, hari Senin 27 Januari.

Ia menghawatikan jika konsentrasi pengendara terganggu karena ponsel. Jika hal tersebut terjadi, maka akan terkena denda sebesar Rp750.000 atau ancaman kurungan penjara selama tiga bulan.

Hal ini merujuk pada Pasal 283 UU no. 22 tahun 2009. Hukuman tidak hanya diterapkan pada pengendara motor tetapi juga pada pengendara mobil dan kendaraan bermotor lain.

Para pengendara motor yang melanggar marka, tidak mematuhi rambu lalu lintas, tidak mengenakan helm akan dipantau oleh ETLE.

“Tiga pelanggaran tersebut kita fokuskan karena jadi salah satu penyebab macet,” lanjutnya.

Pihak kepolisian akan menilang langsung di tempat ketika sistem diterapkan di awal bulan Februari.

Yusuf pun menjelaskan mekanisme penilangan. Sama halnya dengan menilang kendaraan beroda empat, dimulai dari mengirim sebuah pemberitahuan pada pemilik kendaraan, sampai pada pemblokiran STNK jika tidak membayar denda sampai 14 hari.

AKBP Fahri Siregar, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya berkata denda tilang akan bervariasi tergantung pada pelanggaran yang langgar.

Merujuk pada UU no. 22 tahun 2009 perihal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggaran tidak mengenakan helm didenta Rp250.000. Pelanggaran pada marka jalan didenda Rp500.000 dan ancaman kurungan penjara selama dua bulan.

Sejak tahun 2019, Polda Metro Jaya telah menempatkan ETLE di beberapa titik. Kamera tersebut juga mempunyai fitur khusus.

Fitur tersebut adalah bisa mendeteksi pemakaian sabuk pengaman pada kendaraan mobil, pengemudi yang menggunakan ponsel saat mengendarai kendaraan, plat nomor genap-ganjil, juga kecepatan kendaran. Dengan fitur-fitur tersebut diharapkan para pengendara dan pengguna jalan bisa semakin mematuhi aturan lalu lintas.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Ekonomi

iPhone harga murah diperkirakan meluncur awal Maret

Avatar

Published

on

Pixabay

Distributor Apple dikabarkan merencanakan untuk memulai rakit iPhone terbaru yang murah di bulan Februari, kira-kira akan rilis di awal bulan Maret.

Tugas perakitan perangkat baru ini akan dibagi ke Pegatron Corp, Hon Hai Precision Industry, juga Winstron Corp, Bloomberg, hari Rabu (22/1).

Perangkat ini akan menjadi model pertama dari iPhone dengan harga yang murah sejak dirilisnya iPhone SE. Smartphone ini dikabarkan akan mirip dengan iPhone 8, di mana ia rilis tahun 2017, berlayar 4,7 inci.

iPhone 8 masih di pasaran, sekarang dibanderol harga USD 449, sementara itu disributor Apple Indonesia, iBox memberikan harga untuk iPhone 8 sebesar Rp8.499 juta. iPhone SE dijual Apple dengan harga USD 399 (setara Rp4,6 juta) saat ponsel mulai diluncurkan di 2016.

Ponsel terbaru ini diharapkan mempunyai Touch ID yang ada di home button, tetap khas teknologi Apple dibanding sensor sidik jari yang ada di dalam layar Android.

Ponsel ini dikabarkan tidak memiliki Face ID, tapi akan menggunakan prosesor yang sama dengan iPhone 11, ponsel andalan Apple.

iPhone ini terbukti menjadi ponsel populer pada konsumen karena harganya yang terjangkau, seperti iPhone 11 yang dijual lebih murah USD 50 dibanding harga Apple biasa patok.

Permintaan yang kuat untuk ponsel ini mendorong Apple untuk meminta pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Co agar lebih banyak buat chip di kuartal ini.

Apple telah merencanakan untuk meluncurkan iPhone jenis high-end yang akan dirilis pada tahun ini, dengan spesifikasi fitur 5G, kamera belakang dengan kemampuan 3D, dan prosesor yang lebih cepat.

Penawaran harga yang murah ini bisa membantu Apple untuk bersaing lebih baik di pasar paling kompetitif dan berkembang cepat, terkhusus India karena iPhone susah dijual karena Android di negara tersebut lebih laku dengan harga jual di bawah dari USD 200.

Perusahaan teknologi berbasis di California, mengharap bahwa pengiriman handset akan tumbuh kembali di tahun ini, setelah menargetkan pengiriman sebanyak 200 juta unit lebih di tahun 2020 ini. Juga, pengganti dari iPhone SE akan memerankan peran penting dalam target tersebut.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Berita

Alugoro, kapal selam pertama buatan Indonesia lolos uji coba

Avatar

Published

on

Pixabay

Kapal Selam yang dibuat oleh PT PAL Indonesia (persero) yang dijuluki ‘Alugoro’ ini berhasil melewati tahap uji coba Nominal Diving Depth di laut utara Bali, pada hari Selasa 21 Januari. Kapal selam tersebut adalah yang pertama yang berhasil terakit di Indonesia.

Alugoro sukses menyelam sampai kedalaman 250m pada tahap uji NDD. NDD adalah salah satu bagian dari 53 item SAT (Sea Acceptance Test).

Keberhasilan dari pembangunan Alugoro menjadikan negara Indonesia adalah negara di kawasan Asia Tenggara satu-satunya yang bisa bangun kapal selam.

Asal usul nama Alugoro ini adalah dari cerita wayang di mana Alugoro adalah senjata yang berbentuk gada, dan pemiliknya adalah Prabu Baladewa. Prabu Baladewa adalah tokoh wayang dengan karakter yang adil, jujur, dan tegas.

“Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect,” dikutip dari keterangan resmi oleh PT PAL, hari Rabu 22 Januari.

Alugoro ini adalah kapal selam ke-3 yang telah berhasil PT PAL buat dengan kerja sama Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering dari Korea Selatan.

Kedua perusahaan sebelumnya sempat merakit kapal selam KRI Nagabanda di 2017 & KRI Ardadedali, 2018. Ketiga kapal selam adalah kapal batch pertama dari kerja sama kedua perusahaan. Tetapi, dua kapal tersebut belum dirakit di sini.

Tahap NDD Alugoro diawasi oleh Laksamana Rachmad Hartoyo (Kadislakmatal), Laksma Listiyanti (Project Officer Kemhan), SU Joon Yoo (Executive Vice President DSME), dan Budiman Saleh (Dirut PT PAL).

Satriyo Bintoro sebagai Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL bertutur atas keberhasilan dari tahapan NDD yang jadi acuan proses pembangunan Alugoro telah mencapai 90%.

PT PAL menyampaikan peresmian dan peluncuran nama dari Kapal Selam Alugoro yang diselenggarakan di Dermaga Kapal Selam PT PAL, di Surabaya, 11 April. Kemudian Alugoro mengikuti proses uji coba seperti SAT dan Harbour Acceptance Test.

PT PAL akan bersedia untuk menyerahkan Alugoro pada Kemenhan supaya digunakan TNI AL Desember 2020.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending