Cara buat kamera pin-hole untuk lihat gerhana matahari cincin
Connect with us

Hiburan

Cara buat kamera pin-hole untuk lihat gerhana matahari cincin

Avatar

Published

on

Fenomena gerhana matahari cincin akan berlangsung pada Kamis, sudah ditunggu-tunggu banyak orang. Kejadian langka ini terasa sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja, mengingat baru akan melewati Indonesia lagi di tahun 2031 nanti.

Sayangnya, jika melihat gerhana ini secara langsung dengan mata telanjang bisa berbahaya. Seperti akan menyebabkan kerusakan permanen pada retina hingga buat buta.

Maka, masyarakat dihimbau untuk melihat gerhana dengan bantuan kacamata khusus, teleskop, maupun kamera yang sudah dipasangi filter matahari (film tipis dengan kepekatan tinggi agar bisa menayring cahaya matahari).

Terus gimana kalo gak punya semua alat-alat itu? Gak bisa nonton gerhana nya dong?

Ya, tenang. Kamu masih bisa liat fenomena langka ini dengan bantuan laat khusus yang dinamakan kamera pin-hole. Alat ini popular oleh komunitas Langit Selatan bandung, sebuah komunitas pecinta astronomi yang ada di Bandung.

Dikutip dari web Langit Selatan, ini bahan dan cara buat kamera pin-hole

Alat dan bahan:

  • alumunium foil
  • kertas gambar putih
  • kardus bekas
  • penggaris
  • jarum dan jangka
  • cutter
  • solasi bening
  • lakban
  • double tape ukuran sedang

Cara membuat kotak kamera:

  1. buat lubang berbentuk persegi di bagian atas kardus bekas yang digunakan. Bagian ini bakal dipake ngadep mataharinya.
  2. Tutup lubang dengan alumunium foil, lalu buat lubang kecil menggunakan jarum di tengah-tengah alumunium foil
  3. Buat lubang buat ngintip di bagian samping bawah kardus
  4. Temple kertas putih dibagian dasar kardus, sebarangan dengan kotak yang ditempelin alumunium foil tadi.

Setelah jadi, cara melihatnya sederhana. Cari tempat yang pas dilewati gerhana. Berdiri ngebekalangin cahaya matahari, posisikan kardus lubang jarum yang ada alumunium foilnya ke matahari.

Selanjutnya, liat proses gerhana matahari cincin ini dari lubang ngintip. Nanti selama proses, kamu bisa liat pantulan pergerakan matahari di kertas putih bagian dasar kardus.

Mudah kan?

 

SUMBER: Kumparan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiburan

Dolittle: Duet pensiunan Iron Man dan Sutradara Thriller politik

Avatar

Published

on

screencrush.com

Kegiatan berburu, terutama pada hewan, sudah dipraktekan jauh sebelum manusia mengenal tentang tulisan. Dari kegiatan yang bisa menyambung hidup, memburu berubah haluan jadi hobi bahkan menjadi tradisi yang turun-temurun.

Film Dolittle, yang akan rilis tahun ini, mengambil latar di Inggris, pada pertengahan abad 19, saat masyarakat Inggris waktu itu dalam naungan perintah Ratu Victoria. Mereka mulai mempertanyakan pantas atau tidaknya tradisi berburu. Peraturan tentang perlindungan pada binatang pun mulai dirancang agar umat manusia dapat membangun sebuah “surga” untuk seluruh spesies.

Stephen Gaghan, sebagai penulis naskah dan pengarah film Dolittle adaptasi dari buku anak terkenal yaitu The Voyages of Doctor Dolittle tahun 1922, karya Hugh Lofting. Gaghan terkenal dengan titel sutradara dari film yang telah ia buat dengan genre thriller politik dan kriminal, Syriana tahun 2005, juga telah memenangkan piala award Oscar pada kategori Best Original Script.

Keputusannya untuk menjadi sutradara film Dolittle dengan genre petualangan imanijatif ini memang suatu hal yang mengejutkan. Meski begitu, ia mengawali film genre ini dengan cukup yakin. Seperti sedang melihatkan sebuah paradoks, Gaghan memulai ceritanya dengan adegan di mana penciptaan satu kebun binatang yang mengkhususkan para hewan eksotis dan disambung ke aktivitas berburu oleh keluarga Stubbins, sebagai keluarga pemburu.

Tommy Stubbins yang diperankan oleh aktor Harry Collett, anak yang tumbuh berbeda dengan keluarganya. Tommy digambarkan dengan karakter yang lembut, sehingga ia tidak tega untuk memburu binatang. Karena itu, ia sering kena marah oleh pamannya yang menganggap bahwa Tommy adalah perusak citra keluarga.

Film Dolittle ini sebenarnya memiliki potensi yang cukup untuk membangkitkan semangat penonton, terutama bagi penonton yang mencintai binatang dan tertarik dengan sejarah dari pelindungan fauna. Tetapi kebenarannya berkata lain. Latar belakang dan cerita karakter yang rumit tak imbang dengan narasi yang telah dibuat dengan rapi. Gaghan malah memasukkan banyak potongan film yang diluar konteks agar bisa ditonton anak-anak.

Komposisi adegan dan cerita pada film Dolittle ini buruk, bahkan sosok RDJ (Robert Downey Jr) yang sudah pensiun memerankan Iron Man belum cukup menyelamatkan film tersebut. Menjadikan sutradara genre thriller politik agaknya kurang bijak untuk menyutradarai film bergenre fantasi seperti Dolittle ini.

SUMBER: Tirto

Continue Reading

Gaya Hidup

Spotify menyediakan daftar lagu untuk menemani hewan peliharaan

Avatar

Published

on

Pixabay

Spotify, media streaming musik yang berasal dari Swedia, telah membuat podcast dan daftar lagu yang diperuntukkan anjing peliharaan yang ditinggalkan sendiri di rumah oleh pemiliknya.

Dilansir dari Reuters, hari Kamis (16/1), langkah ini diambil Spotify setelah mereka menemukan fakta bahwa 74% warga Inggris yang memiliki hewan peliharaan di rumahnya memainkan musik untuk mereka saat ditinggal pergi.

Perusahaan streaming musik tersebut berkata bahwa mereka telah meluncurkan podcast yang memainkan musik dengan genre yang menenangkan, seperti cerita, “pujian-pujian untuk anjing”, juga pesan dari cerita aktor guna mengurangi tingkat stres anjing.

Sementara, daftar lagu yang diperuntukan untuk hewan-hewan peliharaan memiliki trek yang dipilih secara algoritma agar sesuai dengan karakter hewan, seperti musik dengan tempo yang lambat juga ada musik yang penuh energik.

Spotify mengatakan pada sebuah survei yang mereka temukan, satu dari empat orang pemilik hewan peliharaan pernah memainkan musik untuk didengar oleh hewan mereka saat mereka melakukan aktifitas di luar rumah. 42% nya berkata bahwa hewan mereka memiliki jenis musik favorit hewan peliharaannya.

Seperempat dari pemilik hewan peliharaan berkata bahwa mereka juga pernah melihat peliharaannya menari sambil mengikuti alunan musik yang didengar.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Hiburan

Dukun cilik Ponari kini telah bertunangan

Avatar

Published

on

Tempo.co

Mendengar ‘Ponari’ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga khalayak Indonesia. Dukun cilik yang berasal dari Jombang ini pernah mengagetkan publik dengan batu sakti yang ia miliki di tahun 2009 lalu. Sekarang telah dikabarkan bahwa ia sudah bertunangan pada 11 Januari kemarin.

Kabar berbahagia ini dibagi dari akun instagram @lambe.turahid dengan caption “Masih ingat dukun cilik asal Jombang gak? Sekarang dia udah gede, udah lamaran.” tulisnya di keterangan foto yang mereka unggah di akun tersebut. Pada foto terlihat Ponari dan pasangannya sedang berpose memamerkan cincin tunangan.

Unggahan ini langsung dipenuhi dengan komentar netizen yang ikut merasakan nostalgia ketika mendengar namanya.

Terlihat komentar dari akun @ditaangilia07 yang berisi “Ponari aja udah tunangan lah gua kapan,”. Akun @ozielzolie juga ikut menulis komentar cemburunya saat mendengar kabar tersebut, “Dia udah lamaran aja, gw kapan,” di tutup dengan emoji menangis.

Kegembiraan ini juga terasa pada pasangan Ponari, Aminatuz Zuroh, terlihat pada unggahan foto-foto di akun Facebook-nya, di mana momen lamaran ditangkap. Unggahan ini pun dihujani komentar dari sahabat-sahabatnya yang turut mendoakan agar lancar sampai hari H.

Ponari adalah warga yang berasal dari Kab. Jombang, Jawa Timur, Dusun Kedung Sari, Desa Balongsari, Kec. Megaluh. Ia mulai dikenal karena kemampuannya yang heboh dapat menyembuhkan macam-macam penyakit dengan kesaktian batu yang dimilikinya.

Dengan cara mencelup batu tersebut ke dalam air untuk diminum setelahnya, masyarakat percaya bahwa berkat air tersebut, penyakit akan menghilang. Kesaktiannya ini membuat orang-orang dari sejumlah daerah berdatangan untuk ikut berobat padanya.

SUMBER:Tempo

Continue Reading

Trending