Hong Kong melihat protes terbesar sejak peningkatan pemilu demokrat
Connect with us

Berita

Hong Kong melihat protes terbesar sejak peningkatan pemilu demokrat

Avatar

Published

on

Business Insider

Kerumunan besar demonstran berpakaian hitam memadati Hong Kong pada hari Minggu dalam protes anti-pemerintah terbesar sejak pemilihan lokal bulan November lalu yang mendorong gerakan pro-demokrasi yang berusaha mengekang kontrol oleh China.

Diperkirakan jumlah pemilih 800.000 sementara polisi mengatakan 183.000.

Ini adalah pertama kalinya sejak Agustus ketika Front Hak Asasi Manusia Sipil – menggerakam sejuta pawai demonstran pada awal tahun yang melumpuhkan pusat keuangan Asia.

Para demonstran dari pelajar hingga profesional dan lansia, berbaris dari Victoria Park di distrik perbelanjaan yang ramai menuju area keuangan, menggemakan nyanyian “Berjuang untuk kebebasan! Berjuang untuk Hong Kong!”.

Ketika gelap, beberapa peserta menyemprotkan grafiti anti-Beijing ke sebuah gedung Bank of China. Polisi anti huru-hara berdiri berjaga-jaga, tertahan ketika pengunjuk rasa melontarkan kata “anjing” dan “kecoak.”

Bekas koloni Inggris yang terdiri dari 7,4 juta orang ini kembali ke pemerintahan Cina pada tahun 1997. Itu diatur di bawah formula “Satu Negara, Dua Sistem” yang menjamin tidak adanya kebebasan di daratan China, tetapi banyak yang khawatir Beijing semakin memperketat aturannya.

“Sebentar lagi waktu Natal tetapi kami tidak lagi semangat untuk merayakan itu,” kata Lawrence, seorang siswa berusia 23 tahun.

Dia memegang poster yang berbunyi: “Harapan saya di tahun 2020 adalah hak pilih universal”, sebuah rujukan pada tuntutan untuk pemungutan suara terbuka pada pemimpin kota, saat ini Carrie Lam yang didukung Beijing yang tidak populer.

China menyalahkan atas campur tangan pemerintah asing termasuk Amerika Serikat dan Inggris atas kerusuhan selama enam bulan ini.

Dua pemimpin Chamber of Commerce pada hari Sabtu, di Hong Kong, ditolak masuk ke kota tetangga Cina, Macau, tanpa penjelasan apapun.

Lam di bawah tekanan

Lam berkata dia telah mendengar orang-orang tetapi tidak menawarkan konsesi meskipun menang besar bagi partai-partai pro-demokrasi dalam pemilihan lokal dua minggu lalu. Mereka mendapatkan hampir 90% dari 452 kursi dewan distrik dalam jumlah suara terbanyak.

Protes pada hari Minggu meneriakan “lima tuntutan, tidak kurang” yang mengacu pada tuntutan mulai dari pengunduran diri Lam hingga amnesti bagi para tahanan.

“Saya akan berjuang untuk kebebasan sampai saya mati karena saya seorang warga Hong Kong,” kata seorang ibu berusia 40 tahun bernama June dengan berpakaian hitam yang duduk di rumput Victoria Park.

Para polisi berkata mereka telah menangkap 11 orang lagi, yang berusia sekitar 20 hingga 63 tahun, mereka menyita senjata berupa pisau tentara, peluru, pistol semi otomatis, dan petasan selama protes berjalan.

Kejadian ini jarang terjadi di Hong Kong, kekerasan sudah meningkat sepanjang tahun ini, ketika pengunjuk rasa membakar gedung dan kendaraan, menjatuhkan puing-puing dari jembatan ke lalu lintas, merusak pusat perbelanjaan, melemparkan bom molotov. Dan respon polisi dengan melempar gas air mata, menyemburkan meriam air, dan kadang dengan tembakan langsung oleh senapan.

 

 

SUMBER: Tempo

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

5 orang tewas akibat banjir air panas di Rusia

Avatar

Published

on

donaldsweblog

Pipa air pemanas dari sebuah hotel kecil yang berada di Rusia meledak sampai membanjiri kamar-kamar hotel dan akibatnya 5 orang meninggal dunia dan enam orang terluka. Peristiwa ini terjadi di hari Senin, 21 Januari.

Lokasi hotel yang berada di pusat kota Perm tersebut posisinya ada di lantai bawah dari bangunan tempat tinggal warga.

Diketahui bahwa hotel tersebut tidak memiliki jendela dan memiliki satu pintu darurat saja.

Pejabat setempat berkata seluruh korban termasuk anak kecil adalah tamu dari hotel yang hanya memiliki sebanyak sembilan kamar itu. Tiga orang korban dilaporkan menderita luka bakar yang serius karena kejadian ini.

Igor Goncharov, Pejabat Menteri Keamanan Regional berkata bahwa lima jasad sudah ditemukan dan tiga korban lain menderita luka-luka. Semuanya adalah tamu dari hotel tersebut.

“Diketahui bangunan yang memiliki sembilan kamar di bawah tanah banjir. Semua layanan darurat dengan cepat tiba di tempat kejadian,” ujar Goncharov.

Pihak kepolisian Rusia kini telah membuka untuk penyelidikan atas tragedi itu.

Dilansir dari CTV News, ledakan pipa itu berimbas ke 20 bangunan lain termasuk sekolah dan rumah sakit. Pihak yang berwenang berkata ledakan pipa air panas ini membuat pasokan air untuk musim dingin terhenti.

Oleg Melnichenko, anggota parlemen Rusia berkata bahwa peristiwa ini mendorongnya untuk lebih mempertimbangkan pelarangan untuk mendirikan hostel atau hostel di bawah tanah di mana bangunan atasnya adalah tempat tinggal warga.

“Hotel atau tempat hunian yang disewakan tidak boleh berada di bawah tanah, di situ (bawah tanah) merupakan jalur jaringan pipa,” sebut Melnichenko, dikutip Euro News.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

Kemenhub umumkan tarif baru ojol pekan depan

Avatar

Published

on

Pixabay

Kemenhub segera memberi pengumuman perihal hitungan ulang tarif untuk ojek online. Ahmad Yani, Direktur Angkatan Jalan Kementerian Perhubungan mengumumkan hal ini setelah selesai dihitung, hasil akan segera diberikan pada Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan terlebih dahulu.

“Kalau deadline, kami sih maunya tidak terlalu lama. Jumat kami selesaikan, Senin kami akan sampaikan finalisasi misalnya,” ujar Ahmad Yani.

Ia menegaskan bahwa pada pekan depan akan diusahakan untuk menyelesaikan draf perhitungan. Terkait dengan rugi-untung dari perubahan ini, ia mengungkapkan bahwa jika tarif naik akan berdampak pada pesanan ojol.

Selain itu, ia menilai para pengguna juga akan keberatan.

“Sehingga kami minta pertimbangan YLKI, seperti apa masyarakat ini? Kalau diturunkan, ya saya belum pasti bisa turun. Bisa jadi tetap atau naik,” ungkapnya.

Ia pun melanjutkan jika para ojol untuk tidak menuntut penurunan dari presentasi. Para ojek online meminta agar perhitungan diulang dari awal.

Kenaikan UMR dan BPJS adalah faktor yang menjadi alasan ojek online meminta penyesuaian. Tetapi, pada satu sisi, harga bensin Pertalite turun.

“Ini menjadi dasar mengajukan kenaikan. Itu yang menjadi dasar mereka menyampaikan ke kamu dan dilakukan pembahasan ulang mengenai tarif,” papar Ahmad.

Ia mengaku bahwa selama ini sudah mengevaluasi di setiap bulannya. Supaya tarif yang akan diberikan benar dilakukan atau bahkan tidak.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Olahraga

McGregor anggap pengamat MMA sok tahu

Avatar

Published

on

Pixabay

Petinju Connor McGregor memberikan kritik pada para pengamat MMA yang berkomentar banyak padahal tidak tahu menahu atas kemampuan petarung yang memiliki julukan The Notorious tersebut.

Ia merasa terganggu atas ucapan-ucapan dari komentator yang menganggap bahwa dirinya hanya pukulan kidalnya yang berbahaya.

Seusai acara petarungan UFC 246, McGregor yang pada saat itu melawan Donald ‘Cowboy’ Cerrone berkata bahwa ia memiliki kemampuan bertarung tidak hanya sekadar tangan kirinya saja.

“Anda tahu mereka kerap mengatakan saya hanya memiliki tangan kiri. Mereka kemudian akan mengatakan saya memiliki bahu yang bagus juga. Tangan kiri dan bahu kiri,” ujarnya, kutipan dari MMA Fighting.

“Orang-orang yang dipanggil pengamat itu hanya akan berkata saya adalah petarung kidal ketika mengomentari kemampuan saya, itu sangat merendahkan dan tidak terpelajar,” tambah McGregor.

Dalam mengakhiri ‘Cowboy’ Cerrone, ia memang mengawali serangannya dengan tinju kiri yang pada akhirnya tinjunya hanya mengenai angin karena lawan berhasil mengelak.

Lalu McGregor memulai dengan menembus pertahanan yang ‘Cowboy’ Cerrone miliki dengan serangan dari bahu yang buat hidungnya berdarah. Juga tendangan kaki kiri yang mengenai rahang kanan lawan yang membantu ia mendapatkan kemenangan.

Cerrone terpontang-panting, melihat itu McGregor mengambil kesempatan dengan memberikan banyak pukulan, sampai wasit yang dipegang oleh Herb Dean, menghentikan di detik ke 40 pada pertarungan tersebut.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending