SEA GAMES: Vietnam rintangan terakhir Indonesia • Malang Post News
Connect with us

Berita

SEA Games: Indonesia melihat Vietnam sebagai rintangan terakhir untuk emas sepakbola

Avatar

Published

on

The Jakarta Post

Indonesia akan berusaha membalaskan dendamnya atas kekalahan dibabak penyisihan grup saat bertanding melawan Vietnam di final sepakbola Asian Games ke 30 (SEA) di Filipina, Selasa.

Pasukan Merah Putih maju ke final setelah mengalahkan Myanmar 4-2 dalam perpanjangan waktu di Stadion Memorial Rizal di Manila, Sabtu. Sementara itu, Vietnam mengalahkan Kamboja 4-0 di pertandingan semifinal lainnya pada hari yang sama.

Dalam pertandingan semifinalnya, Indonesia menunjukkan kepercayaan terhadap Myanmar, menempatkan barisan Muhammad Rafli di depan, didukung oleh Osvaldo Haay dengan Egy Maulana Vikri dan Sadil Ramadhani sebagai pemain sayap.

Di tengah, Indonesia menempatkan Evan Dimas dan Zulfiandi, dengan Asnawi Mangkualam, Adi Bagas Nugroho, Andi Setyo Nugroho dan Firza Andika ditempatkan di belakang, dan Nadeo Arga Winata sebagai penjaga gawang.

Kemenangan Indonesia pada hari Selasa akan mengulang kembali sejarah SEA Games. Pada final 1991, Indonesia menang di Stadion Memorial Rizal, mengalahkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri mengatakan dia menghargai semua pemain di tim karena memberikan yang terbaik dalam perjalanan ke final. Dia mengatakan timnya akan siap menghadapi tim mana pun dalam pertandingan medali emas.

“Namun demikian, kami tidak memandang rendah tim mana pun. Kami siap menghadapi [tim mana pun] di final,” kata Indra dalam sebuah pernyataan setelah pertandingan semifinal Sabtu.

Di babak pertama, kedua penjaga menjaga clean sheet, memaksa pelatih Indra untuk membuat beberapa perubahan taktis, yang menghasilkan dua gol dari Evan dan Eggy di menit ke-57 dan ke-71.

Myanmar menolak untuk mundur, merespons dengan gol dari Mann Aung Kaung di menit ke-79 dan menyamakan kedudukan dari Win Naing Tun di menit ke-80.

Di perpanjangan waktu, Osvaldo mencetak gol hijau untuk Indonesia di menit ke 101. Evan mencetak gol pada menit ke 117, secara efektidf menyegel kemenangan 4-2 untuk tim Garuda.

Rebound, bukannya menjadi bingung, setelah equalizer akhir menunjukkan karakter, kata Indra. “Mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki mental juara. Meskipun [para lawan] membobol gawang kami dua kali, para pemain berhasil merespons secara positif. Kekuatan mental mereka menjadi kunci kemampuan mereka untuk mencetak ua gol lagi,” katanya.

Indonesia menyaksikan satu-satunya kekalahan dalam turnamen di babak penyisihan grup pada 1 Desember, ketika dikalahkan oleh Vietnam 2-1. Sani dari Indonesia yang mencetak gol pertama. Namun, gol berturut-turut dari Vietnam Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc mendorong naga Emas menuju kemenangan.

Dalam kemenangan semifinal 4-0 atas Kamboja pada Sabtu, Vietnam membuka daftar skor dengan gol dari Nguyen Tien Lind, diikuti oleh hattrick dari Ha Duc Chinh.

Vietnam adalah favorit dari yang terfavorit, yang telah melalui turnamen tanpa kehilangan satu pun dan memasuki babak baru dari clean sheet.

Emas SEA Games akan menandai tonggak penting bagi Vietnam, tim yang hanya memenangkan perak, dengan posisi kedua selesai pada 1995, 1999, 2003, 2005, 2007 dan 2009. Pada Olimpiade sebelumnya, Vietnam gagal maju ke babak sistem gugur.

Adapun Indonesia, emas 2019 akan menjadi yang pertama sejak 1991. Emas juga dimenangkan pada 1987 dan 1989. Pada Olimpiade 2017, Indonesia memenangkan perunggu setelah mengalahkan Myanmar.

Menghadapi tim yang kuat di Vietnam, Indra mengatakan itu tergantung pada para pemain untuk beradaptasi dengan pertandingan final apa pun yang dilemparkan kepada mereka.

“Dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi,” katanya. ”

“Penting bagi setiap pemain untuk menangani (dengan semua skenario) untuk menunjukkan mental kemenangan mereka.

“Jika tim kami tidak memiliki mentalitas itu di tempat pertama, saya¬† tidak berpikir mereka berhasil. Tapi, nyatanya mereka berhasil.”

 

SUMBER: Jakarta Post

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Virus Corona: penerbangan China-Batam dihentikan

Avatar

Published

on

Guna mencegah wabah virus Corona yang kini sudah menyebar disejumlah wilayah, penerbangan pesawat asal Xian dan Shenzhen, China menuju Batam dihentikan.

Muhammad Rudi, selaku Wali Kota Batam berkata bahwa kebijakan mengentikan untuk sementara ini diberikan oleh biro perjalanan yang membawa turis China menuju Batam, bukanlah permintaan dari pihak kepala daerah.

“Penerbangan China ke sini sudah dihentikan oleh travel agennya di sana,” ucap Rudi setelah mengecek ruang isolasi yang ada di Batam, Senin 27 Januari. Dilansir dari Antara.

Penerbangan dari kota Shenzhen dan kota Xian, China menuju kota Batam tersebut memakai pesawat sewa oleh agen travel khusus secara langsung membawa pelacong asal China mendatangi Batam.

“Berarti mereka mengantisipasi warganya juga,” tambahnya.

Sementara penerbangan yang terakhir menuju China dari Batam akan dijadwalkan pada hari Selasa besok, 28 Januari, untuk membawa kembali turis ke negara asalnya.

Batas waktu pemberhentian penerbangan tersebut ditentukan oleh agen travelnya.

“Yang berhenti mereka, mereka yang menentukan,” katanya.

Pada waktu sebelumnya, dijadwalkan penerbangan dari China menuju Batam dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu pekan.

KKP kemudian sudah mengaktifkan alat pendeteksi suhu di Bandara Hang Nadim untuk para pendatang yang tiba di bandara.

Selain itu juga, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan mengimbau para petugas bandara untuk memakai masker setiap kali melayani para penumpang yang tiba dari China guna mencegah penyebaran virus Corona.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Berita

Fakta baru dari kecelakaan Kobe Bryant

Avatar

Published

on

CNN

Paska kecelakaan helikopter yang menewaskan Kobe Bryant sekaligus putrinya, kini muncul beberapa fakta baru. Helikopter dengan jenis Sikorsky S-76B membawa sebanyak 9 orang penumpang terjatuh di tebing wilayah Calabasas, Minggu 26 Januari (waktu setempat).

Berdasarkan hasil laporan dari LA Times, helikopter tersebut terbang pukul 09.06 pagi waktu setempat dari Bandara John Wayne menuju Mamba Academy.

Selama penerbangan, helikopter itu terbang melewati area Boyle Heights dan terbang memutar di atas are Glendale.

LAPD, Kepolisian Los Angeles berkata bahwa kondisi cuaca pada saat itu tidak memenuhi standar untuk melakukan penerbangan.

Dilansir TMZ, cuaca yang berkabut di Minggu pagi menghentikan patroli yang dilakukan LAPD hingga menjelang sore.

Menurut data pelacak penerbangan, helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant mengalami problem cuaca saat di atas area Kebun Binatang LA untuk pertama kali.

Helikopter yang tahun pembuatannya pada tahun 1991 tersebut dilaporkan telah mengelilingi area kebun binatang sebanyak 6 kali dengan ketinggian yang rendah, yaitu 266,7 meter atau setara dengan 875 kaki. Hal ini dikarenakan helikopter menunggu saat cuaca menjadi cerah.

Pilot dari helikopter tersebut dikabarkan sudah melapor ke bagian menara kontrol Bandara Burbank pukul 09.30. Pihak menara telah mengetahui bahwa pilot sudah membawa helikopter berputar-putar 15 menit lamanya.

Pilot lalu membawa helikopter tersebut ke utara di mana area bebas hambatan sebelum ia belok ke arah barat. Penerbangan ia lanjutkan menuju jalan tol 101, wilayah Woodland Hills.

Pada pukul 09.40, helikopter berhadapan dengan cuaca yang semakin buruk. Pada cuaca dengan kabut tebal, helikopter berbelok ke arah selatan, daerah pegunungan sehingga pilot menaikkan ketinggiannya dari 1.200 kaki menjadi 2.000 kaki.

Menurut pihak LAPD, standar dari jarak pandang untuk melakukan penerbangan ialah 2 mil atau sejauh 3,2 KM dan ketinggiannya 800 kaki.

Kemudian pada pukul 09.45, helikopter terbang menuju gunung dengan tinggi 1.700 kaki dengan kecepatan 161 knot, menurut data pelacak.

Selama terbang 40 menit, helikopter masih tersedia 362,8 liter bahan bakar.

Sebelum pukul 10.00, kecelakaan terjadi di area Willow Glen dan Las Virgenes, Calabasas. LAPD menerima laporan pada pukul 09.47 atas kebakaran dan kecelakaan helikopter melalui sambungan telepon 911.

Kebakaran dari kecelakaan tersebut dikabarkan telah membakar seluas 2.500 meter dari lokasi. Pemadam kebakaran beranggotakan 56 personel bergegas menuju tempat kejadian.

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200127141914-178-469069/fakta-baru-kecelakaan-helikopter-kobe-bryant

Continue Reading

Politik

Mahkamah Internasional akan keluarkan putusan soal Myanmar

Avatar

Published

on

Pixabay

Pada hari Kamis (23/1), Mahkamah Internasional memutuskan perihal permintaan langkah darurat oleh Gambia, negara yang menuduh Myanmar sudah melakukan genosida pada penduduk minor Muslim Rohingya.

Negara kecil dari benua Afrika tersebut mengajukan gugatan hukum pada badan tertinggi PBB, Mahkamah Internasional, yang punya wewenang untuk menyelesaikan sengketa negara, di bulan November. Gambia menuduh Myanmar telah melanggar Konvensi Genosida tahun 1948.

Kasus ini belum disidangkan penuh dan putusan di hari Kamis hanya menyangkut soal permintaan Gambia tersebut. Belum ada petunjuk perihal bagaimana Mahkamah Internasional akan memberikan putusan akhir, yang mungkin akan memakan waktu yang lama.

Gambia meminta untuk segera mengambil langkah pencegahan terhadap Myanmar, seperti melindungi negara-negara bagian. Langkah yang Gambia maksud adalah menghentikan kekerasan Myanmar segera.

Gambia pun meminta hakim untuk memerintahkan Myanmar agar memberi akses bagi para badan PBB untuk menyelidiki dugaan tersebut.

Sebanyak 730.000 orang lebih dari Rohingya melarikan diri untuk selamat dari militer Myanmar yang sudah melakukan tindakan kekerasan di tahun 2017. Penduduk Rohingya kemudian terpaksa untuk tinggal di perkemahan kotor yang terletak di dekat perbatasan Bangladesh.

Penyelidik dari PBB menilai tindakan militer tersebut dilakukan dengan berniat ‘melakukan genosida’.

Sidang yang dilaksanakan selama satu pekan penuh di bulan Desember tersebut, Aung San Suu Kyi, pemimpin sipil Myanmar meminta agar panel 17 hakim menghentikan kasus ini.

Walau ia mengakui kemungkinan militer Myanmar menggunakan kuasa yang tidak seimbang hingga warga sipil banyak yang terbunuh, Suu Kyi berkata bahwa tindakan tersebut bukanlah genosida.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Trending