Letusan gunung berapi White Island memakan korban • Malang Post News
Connect with us

Berita

Setidaknya ada lima orang korban yang tewas karena letusan gunung berapi di White Island, Selandia Baru

Avatar

Published

on

CNN

Setidaknya lima orang tewas dan delapan lainnya masih hilang setelah letusan gunung berapi yang mematikan di Pulau Putih (White Island), Selandia Baru, hari Senin kemarin.

Saat berbicara di sebuah konefrensi pers pada hari Selasa pagi, waktu setempat, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, memberikan penghormatan kepada orang-orang yang telah membantu pengunjung yang terjebak dalam letusan tersebut.

“Mereka melakukan upaya berisiko dengan cara yang sangat berani,” katanya.

Jacinda Ardern, mengatakan warga dari Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan Malaysia termasuk diantara mereka yang terluka dan hilang setelah ledakan.

Inspektur Polisi Selandia Baru, Bruce Bird, 47 orang berada di pulau itu pada saat ledakan, memberikan klarifikasinya kepada kami. Ia mengatakan 31 orang masih di rumah sakit, sementara tiga lainnya telah dirawat dan dipulangkan. Letusan itu terjadi dengan sedikit peringatan pada Senin sore waktu setempat, sementara puluhan wisatawan dari kapal pesiar Ovation of the Seas sedang melaksanakan tur di gunung berapi tersebut.

Baik warga Selandia Baru dan turis asing diyakini terlibat: sejumlah orang berasal dari kapal pesiar Ovation of the Seas, yang dimiliki oleh Royal Carribean Cruise Line.

Menurut pernyataan Polisi Selandia Baru, “tidak ada tanda-tanda kehidupan” di pulau itu pada Selasa pagi waktu setempat, setelah sejumlah penerbangan pengintaian udara di atas Pulau Putih.

Mereka yang tewas berasal dari sekelompok berjumlah 23 orang yang telah dievakuasi tidak lama setelah letusan, menurut Wakil Komandan Operasi Nasional Selandia Baru, John Tims – kebanyakan menderita cedera. Polisi sebelumnya mengatakan setidaknya 10 orang dinyatakan hilang dan diyakini masih berada di daratan itu.

“Berdasarkan informasi yang kami miliki, kami tidak percaya ada yang selamat di pulau itu,” katanya. “Polisi sedang bekerja mendesak untuk mengkonfirmasi jumlah pasti dari mereka yang telah meninggal, lebih jauh dari lima orang yang sudah dikonfirmasi meninggal.”

Sebelumnya, Tims mengatakan tidak aman mengirim kru darurrat untuk mencari mereka yang hilang.

“Pulau itu tidak stabil… lingkungan fisik tidak aman bagi kami untuk kembali,” kata Tims kepada wartawan.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal Angkatan Pertahanan Selandia Baru akan mendekati pulau itu pada esok harinya “untuk lebih meninjau lingkungan.” Pada hari Selasa dan Polisi Identifikasi Bencana sedang menunggu penyebaran di kota pelabuhan terdekat Whakatane.

Selandia Baru terletak di salah satu kawasan yang paling labil secara tektonik di dunia. Vulcanologists mengatakan bahwa walaupun letusannya relatif kecil dibandingkan dengan bencana lain di masa lalu, siapapun yang dekat dengan situs itu akan berada dalam bahaya yang serius.

Turis Michael Schade dan keluarganya sedang berada di gunung berapi hanya 20 menit sebelum meletus. Mereka menunggu di atas kapal untuk pergi, ketika letusan terjadi.

Schade mengambil video perjalanan yang meninggalkan pulau itu, menunjukkan gumpalan asap hitam tebal ketika kapal itu dengan cepat berangkat. Rekaman amatir yang mengejutkan dari wisatawan di kapal terdekat yang diposting di sosial media menunjukkan gumpalan asap hitam tebal membumbung dari situs.

“Naik perahu lalu pulang.. tidak bisa dilukiskan,” tulis Schade di Twitter. “Mereka adalah orang-orang yang menjadi penumpang perahu (kita). Berdoa untuk mereka dan kesembuhan mereka. Wanita yang sedang bersama ibuku dalam kondisi kritis tetapi pada akhirnya tampak kuat.”

Gunung berapi paling aktif

Pulau Putih, atau gunung berapi Whaakari, adalah gunung berapi kerucut paling aktif di Selandia Baru menurut situs web GeoNet. Telah ada lebih dari 150.000 tahun aktivitas gunung berapi di pulau ini.

Gunung berapi kerucut adalah jenis gunung yang paling mudah dikenali, tidak seperti gunung berapi perisai atau calderas yang bentuknya jauh lebih datar.

White Island juga dijuluki “salah satu gunung berapi aktif yang paling mudah diakses di dunia” di situs web White Island Tours, yang menawarkan pelayaran laut di dekat pulau dan tur berpemandu tergantung pada status tingkat peringatan gunung berapi yang bervariasi.

Menurut situs web GeoNet, lebih dari 10.000 orang mengunjungi pulau itu setiap tahun.

Setelah letusan, penasehat abu vulkanik dikeluarkan pada pukul 2:30 malam, waktu setempat (8:30 malam ET ET) oleh MetService, layanan meteorologi Selandia Baru. Polisi Selandia Baru meminta orang-orang di daerah yang terkena dampak untuk tinggal di dalam rumah.

Level peringatan vulkanik dinaikkan menajdi 4 tak lama setelah letusan, dan kode Warna Penerbangan oranye, menurut GeoNet. Dua jam kemudian diturunkan ke level 3, akrena aktivitas “berkurang” di daerah gunung berapi.

Berbicara pada konferensi pers hari Senin sore, pakar GNS ken Giedhill mengatakan bahwa sementara letusan gunung berapi tidak sebesar itu, itu akan sangat berbahaya bagi siapa pun di dekatnya.

“(bulu-bulu) baik setinggi 12.000 (kaki) ke langit, dan begitu pada skema hal-hal untuk letusan gunung berapi, itu tidak besar, tetapi jika Anda dekat, itu tidak baik,” kata Gledill. Ilmuwan itu menambahkan dia tidak bisa memprediksi apakah akan ada letusan lagi dalam 24 jam.

Korban dari berbagai kebangsaan

Informasi awal setelah letusan itu langka, karena helikopter darurat dan ambulans Selandia Baru bergegas ke kota Whakatane.

“Whakaari/White Island meletus. Informasi lebih lanjut segera,” GeoNet mengumumkan dalam pemberitahuan di Twitter resmi mereka.

Foto-foto dari situs informasi bahaya geologi resmi Selandia Baru Geonet menunjukkan gumpalan asap putih membumbung di atas pulau itu pada Senin sore, waktu setempat.

Gambar dari kamera yang digunakan oleh Institut Ilmu Geologi dan Nuklir dari kawah di pulau itu menunjukkan sekelompok orang di dalam pusat merokok hanya beberapa menit sebelum letusan.

Baik penduduk lokal dan turis terperangkap dalam bencana itu, kata polisi dalam sebuah pernyataan pada hari sebelumnya.

Lebih dari 30 wisatawan dari Ovation of the Seas berada di White Island pada saat letusan, kata kepala eksekutif Asosiasi pelayaran Selandia Baru, Kevin )’Sullivan kepada CNN.

“Harapan kami adalah semua orang akan pulih dengan cepat dan tidak terluka,” katanya. Ovation of the Seas adalah salah sau kapal pesiar terbesar di dunia, menurut operator Royal Carribean. Wakil Komisaris Tims mengatakan dari 23 orang yang telah di evakuasi dari pulau pada hari sebelumnya semuanya terluka, dengan beberapa menderita luka bakar parah.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengkonfirmasi di Twitter pada hari Senin bahwa warga Australia terlibat dalam letusan gunung berapi, “Warga Australia terperangkap dalam peristiwa mengerikan ini dan kami sedang berupaya untuk menentukan kesejahteraan mereka.” Tulisnya.

SUMBER: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

Thailand Masters 2020: Hasil pertandingan hari ke-tiga, Gregoria Tunjung

Avatar

Published

on

BWF World Tour 2020

Dua perwakilan tunggal bulutangkis Indonesia di ajang Thailand Masters 2020, Shesar Hiren Rhustavito dan Gregoria Mariska Tunjung maju ke perempat final, Kamis 23 Januari.

Gregoria Mariska Tanjung yang menang melawan wakil dari tuan rumah, Busanan Ongbamrungphan dalam tiga game dengan skor yang sengit, 14-21 di game pertama, 21-11 di game ke-dua, dan 21-10 di game ke-tiga.

dok. Thailand Masters 2020, hari ke 3, 23 Januari

Di usianya yang kini 20 tahun, ia sudah memenangkan 143 kemenangan.

 

Hasil dari babak ke-dua pemain Indonesia

di turnamen badminton Thailand Masters 2020:

dok. Thailand Masters 2020

Ganda Campuran: TAN Kian Meng/LAI Pei Jing, Malaysia vs. Dejan FERDINANSYAH/Serena KANI

Skor akhir game pertama 21-15, dan game kedua 21-13.

 

dok. Thailand Masters 2020

Ganda putra: Marcus ELLIS/Chris LANGRIDGE, Inggris vs. Muhammad Shohibul FIKRI/Bagas Maulana, Indonesia

Skor akhir game pertama 21-16, game kedua 21-19

 

dok. Thailand Masters 2020

Ganda Putra: Akira KOGA/Taichi SAITO, Jepang vs. Leo Rolly CARNANDO/Daniel MARTHIN

Skor akhir game pertama 21-11, game kedua 21-11

 

dok. Thailand Masters 2020

Tunggal Putri: Gregoria Mariska TUNJUNG vs. Busanan ONGBAMRUNGPHAN

Skor akhir game pertama 14-21, game kedua 21-11, game ketiga 21-10

 

dok. Thailand Masters 2020

Ganda Campuran: Adnan MAULANA/Mychelle Crhystine BANDASO, Indonesia vs. FENG Yan Zhe/ZHANG Shu Xian, China

Skor akhir tiga game 21-20, 19-21, 21-13

 

dok. Thailand Masters 2020

Ganda Campuran: Hafiz FAIZAL/Gloria Emanuelle WIDJAJA, Indonesia vs. Ronan LABAR/Anne TRAN, Perancis

Skor akhir 2 game 21-11, 24-22

 

dok. Thailand Masters 2020

Tunggal Putra: Shesar Hiren RHUSTAVITO, Indonesia vs. Koki WATANABE, Jepang

Skor akhir 2 game, 21-19, 21-15

 

Tonton siaran ulang, Gregoria Mariska TUNJUNG vs. Busanan ONGBAMRUNGPHAN

Turnamen badminton Thailand Masters 2020, 23 Januari

 

Tonton siaran ulang, Shesar Hiren RHUSTAVITO vs. Koki WATANABE

Turnamen badminton Thailand Masters 2020, 23 Januari

 

Tonton siaran ulang, Hafiz FAIZAL/Gloria Emanuelle WIDJAJA vs. Ronan LABAR/Anne TRAN

Turnamen badminton Thailand Masters 2020, 23 Januari

 

Tonton siaran ulang, AN Kian Meng/LAI Pei Jing, Malaysia vs. Dejan FERDINANSYAH/Serena KANI

Turnamen badminton Thailand Masters 2020, 23 Januari

SUMBER: BWF

Continue Reading

Olahraga

Thailand Masters 2020: Siaran langsung badminton Shesar vs. Shi Yu Qi

Avatar

Published

on

Google Image

Siaran langsung pertandingan badminton: Shesar RHUSTAVITO vs. SHI Yu Qi, babak ke-dua pada Jumat 23 Januari

Princess Sirivannavari Thailand Masters 2020 dipersembahkan oleh Toyota Turnamen BWF World Tour 300

 

Pertandingan bulutangkis di Thailand Masters 2020, Indonesia melawan China

Shesar Hiren RHUSTAVITO vs. SHI Yu Qi

Shesar Hiren Rhustavito vs. Shi Yu Qi, Thailand Masters 2020

 

Tonton siaran langsung Thailand Master 2020

 

Continue Reading

Olahraga

Thailand Masters 2020: Perempat Final, saksikan siaran langsung Shesar Rhustavito

Avatar

Published

on

Google Image

Bangkok, Thailand. Perebutan juara ke-dua dalam Princess Sirivannavari Thailand Masters 2020 oleh Toyota Tournament, BWF World Tour 300.

Kompetisi Pemain Bulu Tangkis Indonesia di turnamen Thailand Masters 2020 – Perempat Final

Pemain badminton Indonesia mulai pukul 13.00 WIB (live)

Shesar Hiren RHUSTAVITO, Indonesia vs SHI Yu Qi, China

Gregoria Mariska TUNJUNG, Indonesia vs Akane YAMAGUCHI, Jepang

 

Saksikan langsung pertandingan di Court 1

 

Saksikan langsung pertandingan di Court 2

 

Saksikan langsung pertandingan di Court 3

 

 

Pertandingan siaran langsung (live) Thailand Masters 2020 mulai pukul 13.00

Indoor Stadium Huamark – 1

  1. Mulai pukul 13.00 Marcus Ellis/Chris LANGRIDGE, Inggris vs. GOH V Shem/TAN Wee Kiong, Malaysia
  2. Dilanjut pukul 13.45 CHANG Ye Na/KIM Hye Rin, Korea Selatan vs. LEE So Hee/SHIN Seung Chan, Korea Selatan
  3. Dilanjut pukul 14.30 Carolina MARIN, Spanyol vs. Sayaka TAKAHASHI, Jepang
  4. Tidak sebelum pukul 15.00 Akira KOGA/Taichi SAITO, Jepang vs. HUANG Kai Xiang/LIU Cheng, China
  5. Dilanjut pukul 15.45 Kenta NISHIMOTO, Jepang vs. ZHAO Jun Peng, China
  6. Diikuti pukul 16.30 Niclas NOHR/Sara THYGESEN, Denmark vs. TAN Kian Meng/LAI Pei Jing, Malaysia
  7. Dilanjut pukul 17.15 Marcus ELLIS/Lauren SMITH, Inggris vs. CHOI Solgyu/SHIN Seung Chan, Korea Selatan

Indoor Stadium Huamark – 2

  1. Mulai pukul 13.00 Gregoria Mariska TUNJUNG, Indonesia  vs. Akane YAMAGUCHI, Jepang
  2. Diikuti pukul 13.45 Vivian HOO/YAP Cheng Wen, Malaysia vs. BAEK Ha Na/Jung Kyung Eun, Korea Selatan
  3. Dilanjut pukul 14.30 Kunlavut VITIDSARN, Thailand vs. Suppanyu AVIHINGSANON, Thailand
  4. Tidak sebelum pukul 15.00 HEO Kwang Hee, Korea Selatan vs. NG Ka Long Angus, Vietnam
  5. Dilanjut pukul 15.45 QI Xuefei, Perancis vs. AN Se Young, Korea Selatan
  6. Diikuti pukul 16.30 Aya OHORI, Jepang vs. Ratchanok INTANON, Thailand
  7. Dilanjut pukul 17.15 YEUNG Ming Nok/NG Tsz Yau, Vietnam vs. GOH Soon Huat/LAI Shevon Jemie, Malaysia

Indoor Stadium Huamark – 3

  1. Mulai pukul 13.10 CHANG Tak Ching/YEUNG Ming Nok, Vietnam vs. LEE Jhe-Huei/YANG Po-Hsuan, Taiwan
  2. Diikuti pukul 13.55 ONG Yew Sin/TEO Ee Yi, Malaysia vs. Takuro HOKI/Yugo KOBAYASHI, Jepang
  3. Diikuti pukul 14.40 Adnan MAULANA/Mychelle Crhystine BANDASO, Indonesia vs. Hafiz FAIZAL/Gloria Emanuelle WIDJAJA, Indonesia
  4. Tidak sebelum pukul 15.00 KIM So Yeong/KONG Hee Yong, Korea Selatan vs. LI Wen Mei/ZHENG Yu, China
  5. Dilanjut pukul 15.45 Shesar Hiren RHUSTAVITO, Indonesia vs  SHI Yu Qi, China
  6. Diikuti pukul 16.30 CHEN Qing Chen/JIA Yi Fan, China vs. DU Yue/LI Yin Hui, China

Jadwal turnamen Thailand Masters 2020 diadakan dari tanggal 21 Januari hingga 26 Januari 2020 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok

  • Selasa, 21 Januari 2020

Babak Kualifikasi, pukul 10.00 – 16.00

Ganda Pria dan Ganda Putri, putaran pertama pukul 16.00 – 22.00

  • Rabu, 22 Januari 2020

Babak Pertama pukul 10.00 – 22.00

  • Kamis, 23 Januari 2020

Putaran ke-dua pukul 13.00 – 22.00

  • Jumat, 24 Januari 2020

Runner-up ke-dua pukul 13.00 – 21.00

  • Sabtu 25 Januari 2020

Perempat Final pukul 12.00 dan seterusnya

  • Minggu, 26 Januari 2020

Babak Final pukul 12.00 dan seterusnya

SUMBER:

The Thaiger

Continue Reading

Trending