Apa yang memicu ledakan teknologi pangan? • Malang Post News
Connect with us

Teknologi

Apa yang memicu ledakan teknologi pangan?

Avatar

Published

on

Pixabay

Sementara banyak orang berduyun-duyun ke Israel untuk mencari falafel dan shakshuka yang kurang terkenal dengan teknologi makanannya.

Namun Israel — yang memiliki lebih dari 350 perusahaan teknologi pertanian dan pangan — mendapat pukulan di atas bobotnya. Pada 2018, investasi tahunan di sektor teknologi pangan Israel naik menjadi $100 juta, menurut laporan baru-baru ini oleh Start-Up Nation Central.

“Begitu banyak yang terjadi di tempat yang begitu kecil,” Kata Tamar Weiss, manajer pengembangan untuk sektor teknologi pertanian pangan dari Start-up Nation Central.

Ini menjadikannya pemain yang kuat dalam pasar yang sedang booming: BIS Research memperkirakan pasar teknologi pangan global bernilai lebih dari $ 250 miliar pada tahun 2022.

Weiss percaya ini adalah ambisi Israel untuk mengatasi tantangan lingkungan dan etika seputar pertanian. “Orang-orang menyadarinya dalam kehidupan pribadi mereka sendiri, ini benar-benar mendorong sektor ini maju,” tambahnya.

Makanan berkelanjutan

Pada tahun 2017, Didier Toubia mendirikan Aleph Farms, sebuah perusahaan makanan Israel yang merekayasa daging sapi yang ditanam di laboratorium dari sel-sel sapi.

Perusahaan ini telah mengumpulkan $14 juta hingga saat ini dan menjadi berita utama di seluruh dunia tahun lalu untuk mengembangkan steak daging sapi bebas-pembantaian pertama.

“Tujuannya adalah untuk mengembalikan keseimbangan ke alam dan untuk menggunakan sumber daya alam di bumi dengan cara yang lebih bijaksana,” Katanya kepada CNN Business.

Pada bulan Oktober, ia berhasil menanam daging di luar angkasa untuk pertama kalinya.

Eksperimen ini membuktikan bahwa daging yang dibudayakan dapat menajdi cara untuk menghasilkan protein berkualitas tinggi dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, kata Toubia.

Meskipun belum tersedia secara komersial, pasar daging yang dibudayakan juga berkembang, dengan jumlah startup di lapangan meningkat dari empat pada akhir 2016 menjadi lebih dari dua lusin tahun lalu, menurut The Good Food Institute.

Barclays memperkirakan sektor daging alternatif bisa mencapai sekitar $ 140 miliar dalam penjualan selama dekade berikutnya, dengan perusahaan-perusahaan seperti Impossible Burger dan Beyond Mear yang memimpin.

Pemandangan yang berkembang pesar di Israel sebagian berkat kewenangan inovasi pemerintahnya, yang menyediakan hibah perusahaan dan telah membiayai inkubator teknologi pangan senilai $ 28 juta.

Tapi ini juga tentang budaya, “Di Israel, ada banyak kesadaran akan kesejahteraan hewan.. Saya pikir itu disandikan ke dalam tradisi Yahudi,” kata Toubia.

Weiss menambahkan pada pernyataan ini bahwa budaya halal “membawa banyak kesadaran tentang makanan: bersih, atau dibuat dengan cara tertentu, atau menghubungkan nilai-nilai dengan makanan.”

Kesejahteraan Hewan

Yehuda Elram, CEO perusahaan telur yang berbasis di Yerusalem, eggXYt setuju bahwa agama Yahudi menghargai kasih sayang terhadap hewan. “Ini adalah konsumen yang teliti yang menuntut agar perusahaan mematuhi aturan tertentu, di antaranya adalah mengahiri kekejaman terhadap hewan,” katanya.

Setiap tahun, sekitar tujuh milair anak ayam jantan terbunuh setelah penetas, menruut perkiraan industri.

EggXYt telah mengembangkan teknologi yang dapat mendeteksi jenis kelamin anak ayam sebelum menetas, untuk mencegah praktik pemusnahan ayam jantan di peternakan unggas di mana anak ayam betina diperlukan untuk produksi telur.

Menyortir jantan dari betina sebelum anak ayam menetas akan menghindari hal ini, sementara juga membantu secara finansial: pabrik tidak akan lagi menyia-nyiakan ruang dan energi menginkubasi telur jantan, dan telur itu dapat digunakan kembali untuk industri makanan atau kosmetik.

eggXYt adalah salah satu dari sejumlah startup yang menangani masalah ini, tetapi unik dalam metode pra-inkubasinya yang non invasif. Menggunakan CRISPR, alat pengeditan gen, mereka memasukkan biomarker yang dapat dideteksi ke dalam DNA ayam petelur yang menandai jenis kelamin telur tanpa efek samping. Telur yang diletakkan kemudian dikirim melalui pemindai yang mengidentifikasi telur jantan karena cahayanya yang berpendar.

Pendaran cahaya telur. eggXYt

“Tingkat akurasinya sangat tinggi dan tidak berpengaruh pada daya tetas telur betina. Dan itu membuat industri dengan tujuh miliar telur jantan tidak diinkubasi sebagai produk daripada limbah,” kata Elram.

Sementara eggXYt tidak mau mengungkapkan nilainya, perusahaan itu diberikan $ 4 juta dalam bentuk hibah dari Otoritas Inovasi Israel, EU Horizon 2020 dan penghargaan lainnya, kata Elram.

Teknologinya saat ini sedang menjalani persetujuan regulasi.

Kesehatan Pribadi

Tren utama lain yang mendominasi arena teknologi pangan Israel adalah kesehatan, dengan perusahaan-perusahaan seperti Amai Proteins dan DouxMatok mengembangkan alternatif gula. atau MyFavorEats, startup yang berbasis di Tel Aviv, yang telah mengembangkan algoritma yang mengubahseuaikan resep online, menyantankan alternatif ketika bahan tidak tersedia atau menyesuaikannya dengan kebutuhan diet pengguna.

“Misalnya, seorang penderita diabetes yang perlu menyimpan sejumlah karbo per hidangan, atau seorang olahragawan profesional, yang menghitung protein,” kata Orly Rapaport, CEO perusahaan.

Algoritmanya, dilatih pada 1 juta resep, telah mempelajari untuk mengenali peran setiap bahan dan parameter rasa dan teksturnya. Meskipun belum ada di pasaran, teknologinya akan tersedia melalui aplikasi kesehatan atau penerbit resep.

Ini tidak hanya memenuhi tren pertumbuhan beganisme dan begetarianisme, tetapi juga pada meningkatnya prevalensi alergi makanan. Organisasi Alergi Dunia memperkirakan bahwa antara 240 dan 550 juta orang menderita alergi makanan di seluruh dunia.

 

SUMBER: CNN

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ekonomi

iPhone harga murah diperkirakan meluncur awal Maret

Avatar

Published

on

Pixabay

Distributor Apple dikabarkan merencanakan untuk memulai rakit iPhone terbaru yang murah di bulan Februari, kira-kira akan rilis di awal bulan Maret.

Tugas perakitan perangkat baru ini akan dibagi ke Pegatron Corp, Hon Hai Precision Industry, juga Winstron Corp, Bloomberg, hari Rabu (22/1).

Perangkat ini akan menjadi model pertama dari iPhone dengan harga yang murah sejak dirilisnya iPhone SE. Smartphone ini dikabarkan akan mirip dengan iPhone 8, di mana ia rilis tahun 2017, berlayar 4,7 inci.

iPhone 8 masih di pasaran, sekarang dibanderol harga USD 449, sementara itu disributor Apple Indonesia, iBox memberikan harga untuk iPhone 8 sebesar Rp8.499 juta. iPhone SE dijual Apple dengan harga USD 399 (setara Rp4,6 juta) saat ponsel mulai diluncurkan di 2016.

Ponsel terbaru ini diharapkan mempunyai Touch ID yang ada di home button, tetap khas teknologi Apple dibanding sensor sidik jari yang ada di dalam layar Android.

Ponsel ini dikabarkan tidak memiliki Face ID, tapi akan menggunakan prosesor yang sama dengan iPhone 11, ponsel andalan Apple.

iPhone ini terbukti menjadi ponsel populer pada konsumen karena harganya yang terjangkau, seperti iPhone 11 yang dijual lebih murah USD 50 dibanding harga Apple biasa patok.

Permintaan yang kuat untuk ponsel ini mendorong Apple untuk meminta pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Co agar lebih banyak buat chip di kuartal ini.

Apple telah merencanakan untuk meluncurkan iPhone jenis high-end yang akan dirilis pada tahun ini, dengan spesifikasi fitur 5G, kamera belakang dengan kemampuan 3D, dan prosesor yang lebih cepat.

Penawaran harga yang murah ini bisa membantu Apple untuk bersaing lebih baik di pasar paling kompetitif dan berkembang cepat, terkhusus India karena iPhone susah dijual karena Android di negara tersebut lebih laku dengan harga jual di bawah dari USD 200.

Perusahaan teknologi berbasis di California, mengharap bahwa pengiriman handset akan tumbuh kembali di tahun ini, setelah menargetkan pengiriman sebanyak 200 juta unit lebih di tahun 2020 ini. Juga, pengganti dari iPhone SE akan memerankan peran penting dalam target tersebut.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Berita

Alugoro, kapal selam pertama buatan Indonesia lolos uji coba

Avatar

Published

on

Pixabay

Kapal Selam yang dibuat oleh PT PAL Indonesia (persero) yang dijuluki ‘Alugoro’ ini berhasil melewati tahap uji coba Nominal Diving Depth di laut utara Bali, pada hari Selasa 21 Januari. Kapal selam tersebut adalah yang pertama yang berhasil terakit di Indonesia.

Alugoro sukses menyelam sampai kedalaman 250m pada tahap uji NDD. NDD adalah salah satu bagian dari 53 item SAT (Sea Acceptance Test).

Keberhasilan dari pembangunan Alugoro menjadikan negara Indonesia adalah negara di kawasan Asia Tenggara satu-satunya yang bisa bangun kapal selam.

Asal usul nama Alugoro ini adalah dari cerita wayang di mana Alugoro adalah senjata yang berbentuk gada, dan pemiliknya adalah Prabu Baladewa. Prabu Baladewa adalah tokoh wayang dengan karakter yang adil, jujur, dan tegas.

“Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (persero). Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect,” dikutip dari keterangan resmi oleh PT PAL, hari Rabu 22 Januari.

Alugoro ini adalah kapal selam ke-3 yang telah berhasil PT PAL buat dengan kerja sama Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering dari Korea Selatan.

Kedua perusahaan sebelumnya sempat merakit kapal selam KRI Nagabanda di 2017 & KRI Ardadedali, 2018. Ketiga kapal selam adalah kapal batch pertama dari kerja sama kedua perusahaan. Tetapi, dua kapal tersebut belum dirakit di sini.

Tahap NDD Alugoro diawasi oleh Laksamana Rachmad Hartoyo (Kadislakmatal), Laksma Listiyanti (Project Officer Kemhan), SU Joon Yoo (Executive Vice President DSME), dan Budiman Saleh (Dirut PT PAL).

Satriyo Bintoro sebagai Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL bertutur atas keberhasilan dari tahapan NDD yang jadi acuan proses pembangunan Alugoro telah mencapai 90%.

PT PAL menyampaikan peresmian dan peluncuran nama dari Kapal Selam Alugoro yang diselenggarakan di Dermaga Kapal Selam PT PAL, di Surabaya, 11 April. Kemudian Alugoro mengikuti proses uji coba seperti SAT dan Harbour Acceptance Test.

PT PAL akan bersedia untuk menyerahkan Alugoro pada Kemenhan supaya digunakan TNI AL Desember 2020.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Teknologi

Isi ulang OVO tidak lagi gratis mulai Maret 2020

Avatar

Published

on

marketeers.com

Aplikasi OVO, layanan uang elektronik akan mematok biaya untuk isi ulang sebesar Rp1.000/transaksi mulai tanggal 2 Maret tahun ini. Informasi tersebut disebar pada pengguna melalui aplikasi, hari Selasa 21 Januari.

“Mulai 2 Maret 2020 akan dilakukan penyesuaian tarif top up OVO,” tulis dari manajemen OVO lewat notifikasi, hari Selasa.

Pada notifikasi yang berlaku sampai tanggal 31 Januari 2020 ini, manajemen OVO telah merinci biaya isi ulang sebesar Rp1.000 akan diberlakukan untuk mengisi ulang melalui OVO, Tokopedia, OV Booth, mobile banking, dan ATM.

Selain itu, dalam mengisi ulang lewat kartu debit melalui aplikasi tersebut akan kena biaya sebesar Rp2 persen.

“Tapi jangan khawatir, top up melalui Abang Grab tetap gratis,” kata manajemen.

Manajemen mengungkapkan bahwa OVO memiliki hak untuk mengubah ketentuan dan syarat yang berlaku tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Maka itu, pengguna diharuskan untuk memeriksa panel notifikasi yang ada pada aplikasi OVO.

SUMBER: CNN

Continue Reading

Trending