Sejarah pertama! Indonesia memenangkan medali emas SEA Games 2019 • Malang Post News
Connect with us

Olahraga

Sejarah pertama! Indonesia memenangkan medali emas SEA Games 2019

Avatar

Published

on

The Jakarta Post

SEA Games 2019 sudah berlangsung, meskipun upacara pembukaan dijadwalkan untuk dilangsungkan pada tanggal 30 November. Beberapa cabang olahraga dan kualifikasi tim sedang berlangsung, dengan medali yang tersisa untuk pertandingan selanjutnya. Namun, Indonesia telah berhasil mengantongi medali. Ini menjadi yang pertama dalam edisi pertandingan ini.

Tim Water Polo Pria Indonesia telah mengantongi medali emas pertama dari SEA Games 2019. Meskipun mereka tidak akan menerima medali mereka sampai waktu yang telah ditentukan, tim telah mengumpulkan cukup poin untuk membangun keunggulan yang tidak dapat disangkal. Saat ini, peraih medali perak dan perunggu belum diputuskan.

Kemenangan Indonesia semakin mengesankan mengingat fakta bahwa Singapura telah memenangkan setiap medali emas tunggal dalam acara ini dalam sejarah SEA Games. Sementara dominasi mereka dapat dipatahkan, Singapura memiliki peluang untuk memenangkan medali perak, karena acara tersebut masih berlangsung.

Tim mengamankan medali emas mereka setelah mereka mengalahkan Malaysia 14-7 dalam pertandingan round-robin. Kemenangan iu memberi mereka tujuh poin, dengan demikian merebut posisi teratas mereka.

Meskipun Indonesia meraih medali, SEA Games 2019 baru secara resmi dimulai pada 30 November. Upacara pembukaan akan dimulai selama sepuluh hari ke depan, dengan sebelas negara Asia Tenggara berpartisipasi dalam lima puluh enam jenis olahraga.

SUMBER: Fox Sports Asia

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Lifter Indonesia hadapi jadwal padat jelang Olimpiade 2020 Tokyo

Avatar

Published

on

Pixabay

Para Lifter Indonesia di pelatihan nasional angkat besi sedang dihadapi dengan jadwal padat jelang Olimpiade Tokyo 2020, mereka pun akan menghadap di kejuaraan kualifikasi perdana tahun ini yang akan diselenggarakan awal Februari ini.

Setelah libur yang panjang selama dua minggu, pelatih dari olahraga angkat besi, Muhammad Rusli, mengungkap bahwa para lifter Indonesia akan mengikuti lima kejuaraan kualifikasi dari Olimpiade 2020 Tokyo yang akan diselenggarakan pada bulan April depan.

“Ada tiga orang yang tanggal 30 Januari berangkat ke Iran. Lalu, di tanggal 6 Februari ada dua orang, yaitu Nurul Akmal dan Muhammad Yasir. Jadi memang padat dan mepet sekali,” ucap Rusli saat ditemui di sela latihan mereka di Mess Kwini, Jakarta, hari Rabu.

Kejuaraan pertama akan digelar di Rasht, Iran tanggal 1 sampai dengan 5 februari. Dari Indonesia, akan ada tiga atlet senior putra yang akan mengikuti kejuaraan kategori silver ini, antara lain Triyanto, Deni, dan Eko Yuli Irawan.

Setelah kejuaraan di Iran, sejumlah lifter akan pergi ke Uzbekistan untuk ikut dua kejuaraan yang berbeda. Pertama, kejuaraan 6th International Solidarity Championships (8-12/2), dilanjut Asian Youth and Junior Championships (13-19/2).

Kemudian, lifter junior akan ambil aksi di IWF Junior World Championships yang berlokasi di Romania (14-21/3). Lalu di bulan April, mereka akan pergi ke Kazakhstan untuk kejuaraan Asian Championships.

Jadwal padat diatas membuat pelatihan nasional angkat besi bergegas untuk memberikan program latihan khusus ke seluruh atlet. Padahal, latihan yang dilakukan setelah libur yang panjang kemarin cukup dengan intensitas yang ringan.

“Minimal dua bulan masa persiapan umum dulu setelah libur panjang, disiapkan otot-ototnya. Tapi ini kan mau gak mau jadi sebulan. Itu untuk umum, khusus dan untuk pertandingan,” ujarnya.

Target PB PABBSI adalah untuk bisa meloloskan sebanyak empat lifter ke Olimpiade 2020 Tokyo. Tetapi sampai saat ini baru ada dua atlet yang posisinya sesuai, Windy Cantika Aisyah dan Eko Yuli Irawan. Mereka berdua adalah atlet yang peringkatnya masuk delapan besar di dunia, yang adalah syarat untuk bisa lolos menuju Olimpiade tersebut.

Sementara beberapa lifter lain, Rahmat Erwin Abdullah (73kg), Deni (67kg), Nurul Akmal (+87kg) dan Triyanto (73kg) masih berjuang demi mendapatkan poin.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Olahraga

Tekuk Prannoy, Jojo maju ke babak dua Indonesia Masters

Avatar

Published

on

wikipedia

Kategori Tunggal Putra, Jonatan Christie, atau akrab dengan panggilan Jojo, maju ke babak kedua turnamen Indonesia Masters 2020 setelah mengalahkan Prannoy HS dari India. Turnamen ini dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta, hari Rabu malam.

Pada pertandingan di babak pertama, yang bermain selama 38 menit tersebut, Jojo mengalahkan Prannoy dalam dua babak dengan skor Jojo-Prannoy masing-masing 21-17 dan 21-14.

Diawal permainan ke 2, Jojo mendapat perlawanan dari lawannya, Prannoy. Prannoy sempat memimpin poin di menit-menit awal. Tetapi setelah poin mereka yang imbang 9-9, Jojo berhasil menguubah keadaan lapangan dan mengganti pimpinan poin dan mempertahankannya hingga detik akhir permainan dengan skor akhir 21-14.

Melansir dari BWF, Prannoy dan Jojo sudah bertemu sebelumnya di empat turnamen. Dari semua pertemuan itu, keduanya mendapatkan skor yang imbang 2-2. Pada kali terakhir mereka bertemu kembali di turnamen Hong Kong Open 2019.

Kemudian, di babak ke dua Indonesia masters 2020 yang akan diadakan hari Kamis, 16 Januari, ia sudah ditunggu-tunggu oleh lawannya dari Taiwan, Wang Tzu Wei.

Selain Jonatan Christie, Indonesia pun telah berhasil lolos di kategori tunggal putra sebanyak tiga tim di babak ke dua turnamen ini level Super 500, Shesar Hiren, Anthony Sinisuka Ginting, dan Tommy Sugiarto.

SUMBER: Antara

Continue Reading

Olahraga

Marquez ciptakan gaya membalap yang baru di MotoGP

Avatar

Published

on

Pixabay

Tidak bisa dipungkiri bahwa Marc Marquez telah menciptakan gaya baru di era MotoGP kali ini. Marquez sudah mendapatkan 6 gelar di 7 musim MotoGP, dipastikan bahwa Marquez seperti halnya Kenny Roberts, menciptakan era baru.

Kenny Roberts memenangkan juara selama tiga musim dengan beruntun di tahun 1978, 1979, 1980. Pada waktu itu, Kenny memperkenalkan gaya balap yang baru yaitu lutut yang menyentuh tanah.

Sedangkan Marc Marquez mengenalkan gaya balap yang lebih ekstrim. Tidak hanya lutut yang menyentuh tanah, tetapi sikut juga. Dengan gaya balap ini ia bertujuan untuk mecapai limit kecepatan yang ia inginkan saat berada di sirkuit.

Sama seperti Kenny, Marquez adalah pembalap kedua yang bisa langsung meraih juara saat debut pertamanya, MotoGP 2013. Ia dinilai menjadi pembalap yang hebat karena bisa memakai dua jenis ban, Michelin atau Bridgestone.

Andrea Dovizioso pun pada tiga musim terakhir telah menjadi pesaing yang kuat dan serius untuk Marquez. Dovizioso yang jadi pengintai Marc Marquez meskipun ia kalah pada musim MotoGP tahun lalu, 2019.

Pembalap yang membawa nama Ducati, Danillo Petrucci menilai Marc Marquez yang menggantikan gaya balap di MotoGP kali ini. Gayanya yang sikut menyentuh tanah tidak bisa ditiru oleh pembalap lain sampai saat ini.

“Marquez selalu membalap hingga batas. Saya merasa bangga karena tidak saja bersaing dengan dia tapi Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Casey Stoner, dan Dani Pedrosa,” ujarnya.

“Terkadang, saya bisa mengalahkan mereka. Tapi saya merasa mereka para juara. Dengan Marquez, kami tak begitu paham dengan gaya balapnya karena dia sudah mengubah sebuah era di MotoGP,” tutur Petrucci.

SUMBER: Liputan6

Continue Reading

Trending